Roboguru

Berikut ini adalah contoh organisasi daerah yang kemudian memiliki andil besar dalam pergerakan nasional .…

Pertanyaan

Berikut ini adalah contoh organisasi daerah yang kemudian memiliki andil besar dalam pergerakan nasional .…

  1. Jong Papua

  2. Jong Madura

  3. Jong Celebes

  4. Paguyuban Kalimantan

Pembahasan Soal:

Peran organisasi pemuda daerah sangat penting dalam menampung pendapat masyarakat di daerah dan menyuarakannya lewat berbagai macam kegiatan ataupun surat kabar. Beberapa Organisasi Kedaerahan antara lain Paguyuban Pasundan, Jong Java, Jong Minahasa, Jong Batak, Jong Ambon, Jong Celebes dan Jong Sumatranen Bond. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 04 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut bukan termasuk organisasi kepemudaan selama Masa Pergerakan Nasional, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Pada asa pergerakan nasional, timbul banyak organisasi modern sebagai salah satu perlawanan terhadap penjajahan Belanda. Hal ini tentu tidak bisa dilepaskan dari munculnya para kaum terpelajar sebagai salah satu akibat dari praktik penerapan Politik Etis.  Kemunculan berbagai organisasi modern yang cenderung elitis, dan disi oleh para orang tua, pada perkembangan kemudian juga membuat para pemuda tertarik untuk mendirikan sebuah organisasi pergerakan, beberapa diantaranya adalah Jong Java yang berdiri pada 7 Maret 1915. Jong Sumatranen Bond berdiri pada 1917 dan memiliki fokus untuk mendidik para pelajar dari Sumatera. Dalam perkembangan kemudian, muncul juga Jong Indonesiayang didirikan pada 1927 dari para pemuda Bandung dengan membawa semangat dan memperluas persatuan kesatuan bangsa. 
Pada beberapa kasus, organisasi kepemudaan pada Masa Pergerakan Nasional tidak menggunakan istilah kesukuannya sebagaimana Suku Sunda dan Suku Borneo (Kalimantan), tetapi justru menggunakan istilah lain tetapi dengan membawa semangat identitas kesukuannya di samping semangat nasional yang terus dipupuk. Contohnya adalah Sekar Rukun yang didirikan pada 1919 oleh para pemuda Bandung dengan tujuan memajukan orang Sunda, mempersatukan para pelajar Sunda, memperbaiki Bahasa Sunda. Selain itu, penyebutan Jong Borneo digunakan bukan merujuk sebagai sebuah organisasi kepemudaan, melainkan terhadap individu yang berasal dari Borneo (Kalimantan). 

Dengan demikian, opsi jawaban yang benar adalah B dan E.

0

Roboguru

Tahun 1918-1919 berdiri organisasi pemuda Sulawesi yaitu ....

Pembahasan Soal:

Jong Celebes merupakan nama organisasi pemuda yang didirikan antara tahun 1919. Seperti Organisasi pemuda daerah lain, Jong Celebes pun beranggotakan tokoh-tokoh muda dan pelajar dari Sulawesi. Salah satunya tokoh Jong Celebes yang terkenal adalah Arnold Mononutu.undefined

Dengan demikian, tahun 1918-1919 berdiri organisasi pemuda Sulawesi yang bernama Jong Celebes.

0

Roboguru

Perhatikan gambar dibawah ini ! Organisasi pemuda yang berasal dari pulau pada gambar adalah...

Pembahasan Soal:

Pada abad ke-20, pemerintah kolonial Belanda mulai menerapkan Politik Etis yang salah satu kebijakannya adalah memberikan pendidikan kepada kaum pribumi Hindia Belanda. Akibatnya, lahirlah kaum pribumi terpelajar yang kemudian mendirikan berbagai organisasi. Mereka membawa cara baru melawan penjajah dengan tidak mengandalkan perlawanan fisik, melainkan kemampuan intelektual yang dimiliki. Pergerakan Nasional ini ditandai oleh lahirnya Budi Utomo pada 1908. Setelah Budi Utomo, organisasi-organisasi lain segera tumbuh, termasuk organisasi kepemudaan yang berdasarkan semangat kedaerahan.

Salah satu organisasi kedaerahan yang lahir pada masa pergerakan nasional adalah Jong Celebes. Jong Celebes lahir pada tahun 1919. Jong berasal dari bahasa Belanda yang berarti pemuda, dan Celebes merupakan sebutan lain untuk Pulau Sulawesi. Seperti namanya, organisasi ini menghimpun para pemuda pelajar yang berasal dari Sulawesi dengan tujuan mempererat rasa persatuan dan tali persaudaraan. Jong Celebes beranggotakan tokoh-tokoh muda dan pelajar dari Sulawesi. Salah satu tokoh Jong Celebes yang terkenal adalah Arnold Mononutu.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Sebutkan organisasi pemuda yang kamu ketahui dan sebutkan masing-masing tujuannya!

Pembahasan Soal:

Pemuda memiliki peran penting pada masa pergerakan nasional. Hal tersebut dibuktikan dengan berdirinya sejumlah organisasi pemuda yang mempunyai tujuan yang beragam. Beberapa organisasi pemuda tersebut yakni, Trikoro Dharmo yang bertujuan mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi Bumi Putra pada sekolah menengah dan kejuruan, Jong Sumateranen Bond yang bertujuan mempererat persaudaraan pemuda Sumatera, Jong Ambon yang bertujuan untuk mempererat persaudaraan pemuda Ambon, Jong Celebes yang bertujuan mempererat persaudaraan pemuda Sulawesi, dan Jong Betawi yang bertujuan mempererat persaudaraan pemuda Betawi. Keseluruhan organisasi pemuda tersebut berperan dalam mendorong lahirnya Kongres Pemuda hingga Sumpah Pemuda. 

Dengan demikian, beberapa organisasi pemuda pada masa pergerakan memiliki peran terutama dalam melahirkan Sumpah Pemuda.

0

Roboguru

Organisasi pemuda berbasis di Sulawesi yang lahir pada masa pergerakan nasional adalah ….

Pembahasan Soal:

Semangat dan gelora pemuda pada masa pergerakan nasional sampai juga di Sulawesi. Sejarah mencatat pemuda-pemuda Sulawesi membentuk sebuah organisasi pemuda daerah bernama Jong Celebes yang didirikan pada tahun 1919. Seperti Organisasi pemuda daerah lain, Jong Celebes pun beranggotakan tokoh-tokoh muda dan pelajar dari Sulawesi. Salah satunya tokoh Jong Celebes yang terkenal adalah Arnold Mononutu.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved