Roboguru

Berikut di bawah ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi potensi desa, kecuali....

Pertanyaan

Berikut di bawah ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi potensi desa, kecuali....

  1. keadaan lingkungan geografis

  2. jumlah penduduk

  3. pola desa

  4. jenis dan tingkat kesuburan tanah

  5. luas tanah

Pembahasan Soal:

Desa merupakan suatu kesatuan hukum tempat tinggal suatu masyarakat yang berkuasa mengadakan pemerintahan sendiri. Desa-desa di berbagai wilayah memiliki karakteristik yang khas sehingga potensinya berbeda. Potensi desa merupakan segenap sumber daya alam serta sumber daya manusia yang dimiliki desa. Pola desa bukan merupakan potensi desa namun merupakan struktur ruang desa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang menjadi kendala bagi Indonesia sebagai sebuah negara dalam merealisasikan pemerataan pembangunan adalah ….

Pembahasan Soal:

Indonesia adalah negara dengan jumlah pulau yang banyak, sumber daya alam melimpah dan iklim tropis yang relatif bersahabat. Namun, disisi lain terdapat tantangan yang harus dihadapi oleh penduduk yang tinggal di dalamnya, tantangan tersebut salah satunya merupakan pemerataan pembangunan kota-kota yang terdapat di Indonesia. 
Dengan kondisi geografis negara kepulauan maka akan sulit merealisasikan pemerataan pembangunan, karena distribusi barang, jasa dan manusia harus melewati bentangan selat-selat yang memisahkan. Dengan terputus-putusnya jalur darat tersebut, maka untuk mempermudah pembangunan harus ditempuh dengan sarana transportasi lain seperti kapal maupun pesawat yang memerlukan sarana dan prasarana yang tidak murah untuk dibangun. Pembangunan infrastruktur seperti jembatan juga memerlukan dana dan waktu yang tidak sebentar. Oleh karenanya, bentuk Negara kepulauan memang merupakan suatu tantangan bagi Indonesia untuk merealisasikan pemerataan pembangunan di seluruh wilayahnya tanpa terkecuali. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.
 

Roboguru

Pernyataan berikut ini yang bukan termasuk usaha pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah urbanisasi adalah ....

Pembahasan Soal:

Pemerintah melakukan upaya-upaya yang dapat menekan angka laju urbanisasi penduduk. Beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna mengatasi masalah-masalah urbanisasi adalah dengan melakukan pembangunan di desa, desentralisasi industri, menanam investasi di desa, dan meningkatkan transportasi. Sehingga, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Pola pikir masyarakat pada setiap desa akan berbeda-beda. Desa yang sepakat untuk membuka diri seluas-luasnya terhadap akses dari luar tentu akan mengalami berbagai kemajuan. Namun, hal ini juga memil...

Pembahasan Soal:

Faktor ketimpangan dapat pula muncul akibat pola pikir dari tiap-tiap masyarakat desa yang berbeda-beda, misalnya: 

  • Desa yang memilih menutup diri dari perkembangan teknologi dan tetap memilih hidup dengan tradisional untuk menjaga kelestarian alam, adat dan budayanya seperti desa adat Baduy Dalam.
  • Desa yang membuka diri seluas-luasnya untuk menerima perubahan bahkan menerapkan teknologi terbaru pada setiap kegiatan dan pelayanan masyarakat di desa tersebut, seperti smart desa yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur. space 

Tentunya kondisi-kondisi seperti ini akan menimbulkan dampak pada masing-masing desa. Desa yang memilih mempertahankan tradisionalitas tentunya akan dapat melestarikan alam sekitar, tradisi, dan budayanya, namun akan ketinggalan oleh zaman dalam hal teknologi. Sebaliknya, desa yang terbuka akan keterbaruan maka akan lebih modern aktivitasnya, namun akan tergerus budaya aslinya karena masuknya budaya asing ke desa tersebut yang kerap berpotensi mendegradasi moral pemudanya karena semakin jauh dari nilai dan norma yang berlaku. space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Upaya pemerataan pembangunan desa dan kota dilakukan dalam bidang kesehatan. Pentingnya kesehatan dalam upaya pembangunan wilayah adalah....

Pembahasan Soal:

Pembangunan desa dan kota sering mengalami kesenjangan. Kota cenderung lebih cepat berkembang daripada desa. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk pemerataan pembangunan. Upaya pemerataan pembangunan di desa dan kota di antaranya meningkatkan kesehatan masyarakat dengan jangkauan fasilitas kesehatan lebih luas dan kualitas pelayanan kesehatan lebih baik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Bacalah wacana berikut! Desa Hulu dan Desa Hilir termasuk satu wilayah kecamatan. Desa Hilir terletak di daerah perbukitan kapur. Desa Hilir mengalami kekeringan saat musim kemarau. Untuk memenuhi ke...

Pembahasan Soal:

Perbukitan kabur adalah morfologi perbukitan yang tersusun atas batuan kapur. Batuan kapur disebut juga batu gamping, batuan yang memiliki kandungan karbonat (CaCO3).

Karena Desa Hulu dan Desa Hilir berada dalam satu kecamatan maka hal yang harus dilakukan adalah dengan menghubungi pihak pemerintah kecamatan untuk mau memfasilitasi adanya kegiatan pertemuan yang membicarakan kerjasama kedua desa itu. Masalah yang akan dibahas antara kedua desa itu adalah bagaimana mendapatkan fasilitas untuk bisa memenuhi kebutuhan air secara adil. Pertama-tama harus diputuskan dulu lokasi sumber air yang paling bagus kemudian dibuatlah sebuah bak penampungan air dimana lokasinya lebih tinggi diantara kedua desa tersebut. Kemudian dibuatlah saluran-saluran air yang menghubungkan ke penampungan untuk masing-masing desa. Masing-masing desa harus mempunyai penampungan ini. Dengan seperti ini maka distribusi air bisa merata dan kedua desa menjadi berkecukupan kebutuhan airnya.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved