Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikut bentuk kalimat perintah yang sesuaidengan kalimat Besi yang dipanaskan bisadibengkokkan dengan memukul-mukul besi saatmasih panas adalah ...

Berikut bentuk kalimat perintah yang sesuai dengan kalimat Besi yang dipanaskan bisa dibengkokkan dengan memukul-mukul besi saat masih panas adalah ...space 

  1. Pukullah besi tersebut agar bengkok lalu panaskan dengan api membara.space

  2. Panaskan besi dengan api membara lalu pukullah sampai bengkok.space

  3. Pukullah besi saat dibakar di perapian yang masih membara berkali-kali.space 

  4. Bakarlah besi dengan api lalu pukullah sampai membara.space 

  5. Besi yang telah dibakar dapat dipukul-pukul di atas api yang membara.space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan B.

jawaban yang benar adalah pilihan B.space 

Iklan

Pembahasan

Teks prosedur adalah langkah-langkah suatu aktivitas atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks prosedur ini dibutuhkan sebagai panduan bagi seseorang dalam membuat atau menyusun sesuatu. Kalimat perintah adalah kalimat yang berisi permintaan/menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu yang kita kehendaki. Sebab itu perintah meliputi suruhan yang keras hingga ke permintaan yang sangat halus. Kalimat perintah biasanya ditandai dengan penggunaan tanda seru atau penggunaan kata yang mengandung unsur untuk melakukan sesuatu. Berdasarkan kutipan: Besi yang dipanaskan bisa dibengkokkan dengan memukul-mukul besi saat masih panas Kalimat etrsebut merupakan sebuah kalimat berita atau kalimat yang hanya memberikan sebuah informasi kepada orang lain. Sehingga dibutuhkan sebuah pengubahan terhadap kalimat tersebut sekaligus ditambahkan sebuah kata yang mengandung unsur untuk meminta atau menyuruh orang lain melakukan sesuatu. Dengan beberapa penjelasan tersebut, maka kalimat berita tersebut dapat diubah menjadi kalimat perintah melalui kalimat panaskan besi dengan api membara lalu pukullah sampai bengkok. Berdasarkan penjelasan di atas,bentuk kalimat perintah yang sesuai dengan kalimat Besi yang dipanaskan bisa dibengkokkan dengan memukul-mukul besi saat masih panas adalahpanaskan besi dengan api membara lalu pukullah sampai bengkok. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.

Teks prosedur adalah langkah-langkah suatu aktivitas atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks prosedur ini dibutuhkan sebagai panduan bagi seseorang dalam membuat atau menyusun sesuatu.

Kalimat perintah adalah kalimat yang berisi permintaan/menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu yang kita kehendaki. Sebab itu perintah meliputi suruhan yang keras hingga ke permintaan yang sangat halus. Kalimat perintah biasanya ditandai dengan penggunaan tanda seru atau penggunaan kata yang mengandung unsur untuk melakukan sesuatu. 

Berdasarkan kutipan:
Besi yang dipanaskan bisa dibengkokkan dengan memukul-mukul besi saat masih panas 

Kalimat etrsebut merupakan sebuah kalimat berita atau kalimat yang hanya memberikan sebuah informasi kepada orang lain. Sehingga dibutuhkan sebuah pengubahan terhadap kalimat tersebut sekaligus ditambahkan sebuah kata yang mengandung unsur untuk meminta atau menyuruh orang lain melakukan sesuatu. Dengan beberapa penjelasan tersebut, maka kalimat berita tersebut dapat diubah menjadi kalimat perintah melalui kalimat panaskan besi dengan api membara lalu pukullah sampai bengkok.

Berdasarkan penjelasan di atas, bentuk kalimat perintah yang sesuai dengan kalimat Besi yang dipanaskan bisa dibengkokkan dengan memukul-mukul besi saat masih panas adalah panaskan besi dengan api membara lalu pukullah sampai bengkok.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Prosedur

Ciri dan Struktur Teks Prosedur

Kebahasaan Teks Prosedur

Membuat Teks Prosedur

516

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut adalah contoh kalimat imperatif, kecuali ….

43rb+

3.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia