Roboguru

Berikut adalah tokoh-tokoh pemikir yang menentang kekuasaan absolut, kecuali ....

Pertanyaan

Berikut adalah tokoh-tokoh pemikir yang menentang kekuasaan absolut, kecuali ....

  1. John Locke

  2. Montesquieu

  3. Jean Jacques Rousseaw

  4. Voltaire

  5. Sigmund Freud

Pembahasan Soal:

Kekuasaan absolut yang berkembang di Eropa pada abad ke-17 dan 18 menyebabkan munculnya gerakan-gerakan yang menentang kedudukan raja. Gerakan ini dipelopori oleh kaum masyarakat kota antara lain, John Locke, Montesquieu, Jean Jacques Rousseaw, Voltaire.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junaedi

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan faktor khusus terjadinya Revolusi Perancis!

Pembahasan Soal:

Revolusi Prancis adalah gerakan yang menuntut dilakukannya perubahan besar-besaran di Prancis dalam kurun waktu 1789-1799. Revolusi Prancis ditandai dengan jatuhnya monarkhi absolut di Prancis yang saat itu diperintah oleh Raja Louis XVI (1754-1793). Sebab khusus terjadinya Revolusi Prancis tidak bisa dilepaskan dari kondisi ekonomi di Prancis pada masa pemerintahan Raja Louis XVI. Krisis ekonomi yang terjadi di Prancis disebabkan oleh gaya hdup mewah dan hedonis istana dari keluarga kerajaan khususnya dari permaisuri Marie Antoinnete. Kondisi keuangan negara pada saat itu sangat memprihatinkan. Kebiasaan-kebiasaan buruk keluarga istana berbanding terbalik dengan kondisi rakyat Prancis yang masih hidup miskin dan banyaknya masalah-masalah yang terjadi. Kepemimpinan dari Louis XVI yang lemah dan terlalu berganntung terhadap kaum bangsawan dan melupakan peranan rakyat biasa menjadi faktor lain terjadinya Revolusi Prancis. Dengan demikian, faktor khusus terjadiinya Revolusi Prancis adalah gaya hidup mewah dari keluarga kerajaan dan lemahnya kepemimpinan Louis XVI yang berdampak pada krisis ekonomi di masyarakat.

0

Roboguru

Semua pajak baru yang dikenakan kepada golongan kaya harus mendapat persetujuan dari ....

Pembahasan Soal:

Masalah keuangan merupakan salah satu pemicu meletusnya Revolusi Perancis. Masalah ini timbul karena pemerintah menghambur-hamburkan uang serta banyaknya hutang. Untuk mengatasi masalah keuangan, Louis XIV mencoba memungut pajak, termasuk kaum bangsawan yang semula bebas dari pajak. Golongan bangsawan menolak peraturan tersebut, sehingga timbul krisis. Golongan Bangsawan menghendaki agar pajak baru yang dikenakan harus mendapatkan persetujuan dari Etats Generoux (Dewan Legislatif). Dewan ini merupakan badan perwakilan dari golongan borjuis dan rakyat.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Salah satu bukti ketidakadilan politik yang mendorong terjadinya Revolusi Prancis adalah ....

Pembahasan Soal:

Revolusi Prancis terjadi sekitar kurun waktu 1789-1799 dengan tujuan untuk menggulingkan kekuasaan Raja Louis XVI. Hal ini dilakukan rakyat karena adanya ketidakadilan yang dialami oleh rakyat Prancis. Contohnya pada masa itu, Prancis sedang menghadapi krisis ekonomi. Pemerintah kemudian berusaha mengatasinya justru dengan membebani masyarakat kelas bawah dengan pajak yang sangat besar sehingga membebani rakyat. Berbeda dengan dua golongan lainnya seperti golongan bangsawan dan golongan klerus (rohaniawan) yang justru diberi keringanan dalam membayar pajak. Kedua golongan ini seharusnya banyak menyumbangkan uang untuk mengurangi kekurangan fiskal dalam negeri justru mendapatkan hak-hak istimewa dalam pemerintahan. Kondisi memperburuk keadaan ekonomi masyarakat yang kemudian mendorong terjadinya Revolusi Prancis. 

0

Roboguru

Faktor pemicu pecahnya Revolusi Prancis di masa Raja Louis XVI adalah ….

Pembahasan Soal:

Revolusi Prancis terjadi pada masa pemerintahan Louis XVI. Ia dikenal sebagai raja yang lalim dan suka bersenang-senang di atas penderitaan rakyat yang tercekik oleh bermacam-macam pungutan pajak dan parahnya hal tersebut digunakan untuk kepentingan pribadinya. Semboyan dalam pemerintahannya adalah L’etat c'est moi atau negara adalah saya. Hal tersebut menunjukkan bagaimana sifat arogansi seorang raja yang seharusnya melindungi rakyat justru menindas rakyatnya sendiri. Perilaku raja tersebut juga memengaruhi penguasa (bangsawan) lain untuk mengikuti jejaknya, dan melupakan betapa sulitnya masyarakat untuk bertahan hidup akibat kondisi ekonomi yang memburuk. Kondisi ini yang membuat rakyat Prancis bergerak melawan raja dan sekaligus menumbangkan sistem pemerintahan monarki absolut yang ada.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Dengan adanya Konstitusi 1791, Prancis secara resmi mengubah sistem pemerintahannya, dari monarki absolut menjadi….

Pembahasan Soal:

Pada bulan September 1791, Dewan Konstituante Nasional berhasil menghasilkan konstitusi baru yang disebut dengan Konstitusi 1791. Dengan adanya konstitusi ini, Prancis secara resmi mengubah sistem pemerintahannya, dari monarki absolut menjadi monarki konstitusional. Raja tetap memiliki kedudukan sebagai kepala negara, tapi memiliki wewenang kekuasaan yang terbatas. Dalam bidang pemerintahan, raja berbagi kekuasaan dengan dewan legislatif yang terpilih dan punya hak veto serta mempunyai kewenangan untuk memilih para menteri. Selain itu, raja juga harus tunduk pada undang-undang yang berlaku.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved