Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikut adalah senyawa haloalkana yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau industri dengan nama dagangnya. Halotan, CF 3 ​ CHClBr (anestetik) Tuliskan nama sistematis (IUPAC) senyawa tersebut.

Berikut adalah senyawa haloalkana yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau industri dengan nama dagangnya.

Halotan, (anestetik)

Tuliskan nama sistematis (IUPAC) senyawa tersebut.

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

nama IUPAC senyawa tersebut adalah 2-bromo-1,1,1-triflouro-2-kloroetana.

nama IUPAC senyawa tersebut adalah 2-bromo-1,1,1-triflouro-2-kloroetana.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Senyawa halotan dengan struktur merupakan senyawa haloalkana. Senyawa haloalkana adalah senyawa turunan alkana dengan gugus fungsi halogen. Nama senyawa haloalkanadidasarkan pada nama senyawa alkana dengan gugus halogen sebagai cabang. Sehingga nama IUPAC senyawa halotan tersebut dapat dicari sebagai berikut. gambar struktur senyawa halotan berdasarkan struktur tersebut rantai utamanya memiliki 2 atom C dan penomoran dimulai dari atom C yang mengikat gugus − F . sehingga, 3 atom Fluoro (F) yang terikat pada atom C nomor 1, atom Bromo (Br) dan Kloro (Cl) yang terikat pada atom C nomor 2, danRantai utama yaitu etana. Maka, nama senyawa tersebut adalah 2-bromo-1,1,1-triflouro-2-kloroetana. Jadi, nama IUPAC senyawa tersebut adalah 2-bromo-1,1,1-triflouro-2-kloroetana.

Senyawa halotan dengan struktur begin mathsize 14px style C F subscript 3 C H Cl Br end style merupakan senyawa haloalkana. Senyawa haloalkana adalah senyawa turunan alkana dengan gugus fungsi halogen. Nama senyawa haloalkana didasarkan pada nama senyawa alkana dengan gugus halogen sebagai cabang. Sehingga nama IUPAC senyawa halotan tersebut dapat dicari sebagai berikut.

gambar struktur senyawa halotan 

space space space space space space F space space space space space space vertical line F bond C bond C H bond Cl space space space space space space vertical line space space space space space vertical line space space space space space space F space space space space Br

berdasarkan struktur tersebut rantai utamanya memiliki 2 atom C dan penomoran dimulai dari atom C yang mengikat gugus . sehingga, 3 atom Fluoro (F) yang terikat pada atom C nomor 1, atom Bromo (Br) dan Kloro (Cl) yang terikat pada atom C nomor 2, dan Rantai utama yaitu etana. Maka, nama senyawa tersebut adalah  2-bromo-1,1,1-triflouro-2-kloroetana.

Jadi, nama IUPAC senyawa tersebut adalah 2-bromo-1,1,1-triflouro-2-kloroetana.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

38

Mochamad Akbar

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan nama senyawa berikut!

5

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia