Roboguru

Berikut adalah proses-proses pada anabolisme : (1) fiksasi CO2 (2) fotolisis H2O (3) sintesis asam laktat (4) pemakaian H+ untuk reduksi (5) melibatkan fotosistem Proses-proses yang terjadi pad

Berikut adalah proses-proses pada anabolisme :

(1) fiksasi CO2

(2) fotolisis H2O

(3) sintesis asam laktat

(4) pemakaian H+ untuk reduksi

(5) melibatkan fotosistem

Proses-proses yang terjadi pada reaksi terang ditunjukkan oleh ....

  1. (1) dan (3)

  2. (2) dan (3)

  3. (2) dan (5)

  4. (3) dan (4)

  5. (4) dan (5)

Jawaban:

Fotosintesis adalah proses pembentukan karbohidrat (glukosa) dari materi anorganik dengan bantuan cahaya matahari. Fotosintesis terjadi di kloroplas, dan terjadi dalam 2 tahap reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Tahapan pertama fotosintesis disebut reaksi terang karena memerlukan cahaya matahari sebagai energi penggeraknya. Berikut adalah tahapan (aliran energi) dari reaksi terang:

  • Cahaya matahari akan ditangkap oleh klorofil dalam fotosistem II sehingga elektron di pusat fotosistem naik ke tingkat energi yang lebih tinggi dan ditangkap oleh akseptor primer.
  • Elektron yang telah naik menyebabkan pusat fotosistem II kekurangan elektron, untuk mengisi kekosongan tersebut suatu enzim akan memecah H2O (fotolisis) menjadi 2 molekul H+ dan 1 molekul O- dan mendonorkan elektronnya pada pusat fotosistem II. Dua molekul O-  akan bersatu dan akhirnya berubah menjadi O2 yang akan dilepaskan tumbuhan.
  • Elektron dari fotosistem II yang naik dan ditangkap akseptor primer tadi akan dialirkan menuju sederetan protein yang yang akan mengantarkan elektron tersebut kembali ke tingkat energi semula.
  • Disamping itu, elektron pada fotosistem I juga telah tereksitasi ke tingkat energi yang lebih tinggi karena menangkap energi cahaya matahari.
  • Sedangkan elektron dari fotosistem I yang naik akan ditangkap oleh akseptor primer kemudian diteruskan menuju Fd (feredoksin), yang menjadi perantara sebelum elektron tersebut menuju enzim NADP+ reduktase. Enzim tersebut akan menggunakan elektron untuk reaksi reduksi membentuk NADPH.

Dengan demikian, pernyataan yang benar adalah 2 dan 5.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved