Roboguru

Berikut adalah letak geologis Indonesia, kecuali ...

Pertanyaan

Berikut adalah letak geologis Indonesia, kecuali ...space space 

  1. Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng besar bumi yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan lempeng Pasifik

  2. Indonesia terletak pada posisi silang antara dua benua dan dua samudera

  3. Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan besar dunia yaitu sirkum pasifik dan sirkum mediterania

  4. Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan yaitu dangkalan sunda, dangkalan sahul, dan daerah laut pertengahan Australia Asiatis

Pembahasan Soal:

Letak geologis didefinisikan sebagai letak suatu daerah berdasarkan struktur dan komposisi bantuan yang membentuk muka bumi. Dengan kata lain, komponen di dalam pembentukan muka bumi. Adapun kondisi letak geologis Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Indonesia terletak pada 3 pertemuan lempeng utama dunia, yaitu Lempeng Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik. Lempeng Eurasia dan Lempeng Australia bertubrukan di lepas pantai barat Pulau Sumatera, lepas pantai selatan Pulau Jawa, lepas pantai selatan Pulau Nusa Tenggara, dan berbelok ke arah utara memasuki perairan Maluku sebelah selatan. Lempeng Australia dan Lempeng Pasifik bertumbukan di sekitar Pulau Papua. Sedangkan untuk ketiganya bertubrukan di sekitar Sulawesi.
  • Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan, yaitu sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Sirkum Pasifik dimulai dari Pegunungan Andes (Amerika Selatan), pegunungan di Amerika Tengah, Pegunungan Rocky (Amerika Serikat), pegunungan di Kanada, Alaska, Kepulauan Aleut, Kepulauan Kuril, Jepang, Filipina, Irian, dan Selandia Baru. Sirkum Mediterania dimulai dari Pegunungan Mediterania, menuju ke Pegunungan – Pegunungan Kauskasus, Himalaya, Burma, Andaman, Nikobar, Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, hingga Kepulauan Banda.
  • Indonesia terletak tiga dangkalan yaitu dangkalan sunda, dangkalan sahul, dan dangkalan laut pertambahan Australia Asiatis. Dangkalan Sunda menghubungkan wilayah Indonesia bagian barat dengan Benua Asia. Daerah Laut Pertengahan Australia Asiatis menghubungkan Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul. Dangkalan Sahul menghubungkan wilayah Indonesia bagian timur dengan Benua Australia

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved