Roboguru

Berikut adalah lembaga kebudayaan yang pernah didirikan Jepang dalam rangka melancarkan aksi propaganda di Indonesia ….

Pertanyaan

Berikut adalah lembaga kebudayaan yang pernah didirikan Jepang dalam rangka melancarkan aksi propaganda di Indonesia ….space space 

  1. Kaigunspace space 

  2. Shogunspace space 

  3. Sendenbuspace space 

  4. Restorasi Meijispace space 

  5. Keimin Bunka Shidosospace space 

Pembahasan Soal:

Salah satu sasaran propaganda Jepang adalah bidang kebudayaan. Karena itu, pada tanggal 1 April 1943, Jepang mendirikan lembaga kebudayaan di Jakarta yang bernama Keimin Bunka Shidoso. Meskipun sudah dibentuk sejak tanggal 1 April, tapi peresmian Keimin Bunka Shidoso ternyata baru dilakukan pada tanggal 18 April 1943. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. FL

Mahasiswa/Alumni Universitas Palangka Raya

Terakhir diupdate 04 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Keimin Bunka Shidoso didirikan dengan tujuan ….

Pembahasan Soal:

Keimin Bunka Shidoso atau lembaga kebudayaan didirikan sebagai wadah pengembangan kesenian bangsa Indonesia. Namun, di luar dugaan, ternyata pemerintah militer Jepang memiliki motif tersembunyi di balik pendirian Keimin Bunka Shidoso tersebut. Oleh pemerintah Jepang, Keimin Bunka Shidoso digunakan untuk mengawasi dan mengarahkan kegiatan para seniman agar karya-karya yang dihasilkan tidak menyimpang dari kepentingan Jepang. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Pemerintah Jepang berusaha menarik simpati umat Islam di Indonesia dengan cara ....

Pembahasan Soal:

Selain mendirikan Gerakan 3A sebagai media propaganda untuk mendapat dukungan dan simpati bangsa Indonesia. Jepang juga berusaha mendapatkan simpati dari umat Islam melalui pendirian subseksi Persiapan Persatuan Umat Islam di dalam struktur Gerakan 3A. Subseksi tersebut kemudian dipimpin oleh Abikoesno Tjokrosoejoso. Setelah berjalan selama beberapa waktu, pada bulan Desember 1942, Jepang melakukan evaluasi terhadap Gerakan 3A dan hasilnya Gerakan 3A dianggap gagal. Hingga tidak lama kemudian Gerakan 3A akhirnya dibubarkan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space space 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan catatan Hatta dalam Buku ”Tentara PETA pada jaman pendudukan Jepang di Indonesia” berikut ini!     Berdasarkan wacana di atas, makna yang ingin disampaikan oleh Hatta adalah ….

Pembahasan Soal:

Hatta pergi ke Jepang dalam perjalanan bisnis pamannya, Ayub Rais, yang mengajaknya pada awal tahun 1933.  Kehadiran Hatta di Jepang meskipun tidak dalam kaitan perjalanan resmi, telah dimanfaatkan Jepang untuk mengambil simpati dirinya. Rasa simpatik tersebut seperti yang tertulis dalam kutipan Catatan Hatta dalam Buku ”Tentara PETA pada jaman pendudukan Jepang di Indonesia” karya Nugroho Notosusanto, dalam catatan tersebut menggambarkan kemajuan Jepang sebagai negara industri. Dalam pandangan Hatta yang lain, orang Jepang mendorong rakyat untuk yakin bahwa orang Indonesia mampu memerintah dirinya sendiri, atau dalam kata lain memerdekakan diri dari belenggu penjajahan bangsa Asing.undefined 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Langkah yang dilakukan Jepang untuk menarik dukungan bangsa Indonesia dalam Perang Asia Raya adalah dengan ....

Pembahasan Soal:

Selama masa pendudukan di Indonesia, Jepang tengah terlibat dalam Perang Asia Timur Raya. Dalam perang tersebut, Jepang sangat membutuhkan bantuan dari negara-negara jajahan di wilayah Asia untuk mendukung mereka dalam peperangan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan dukungan dan simpati rakyat Indonesia, Jepang kemudian melancarkan segenap aksi-aksi propaganda. Propaganda-propaganda tersebut dikoordinasi oleh lembaga propaganda Jepang yang bernama Sendenbu. Propaganda-propaganda Jepang kemudian dilakukan melalui bidang kebudayaan.undefined

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

PETA sudah mengenal adanya jenjang kepangkatan dalam struktur organisasinya. Jenjang kepangkatan terendah dalam organisasi PETA adalah ….

Pembahasan Soal:

PETA merupakan organisasi militer bumiputra yang didirikan oleh Jepang. Secara organisasi PETA merupakan sebuah kesatuan militer yang berdiri sendiri, berbeda dengan Heiho yang tergabung di bawah lembaga militer Jepang. Oleh karena itu, dalam PETA, seorang anggota dapat menjadi perwira militer di kesatuan masing-masing, sedangkan di Heiho tidak. PETA juga sudah mengenal adanya jenjang kepangkatan dalam organisasi, misalnya daidanco (komandan batalion), cudanco (komandan kompi), shodanco (komandan peleton), bundanco (komandan regu), dan giyuhei (prajurit sukarela).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved