Roboguru

Berikut adalah Ciri-ciri remaja : 1. Emosional da...

Berikut adalah Ciri-ciri remaja :

1. Emosional dan agresif

2. Rasa ingin tahunnya besar

3. Sifat ketergantungannya sangat besar

4. Suka ingin dituruti keinginannya

5. Tidak mudah tersulut emosi

Dari pemyataan di atas, ciri-ciri remaja yang benar adalah ...undefined 

  1. 1,2,4undefined 

  2. 1,3,4undefined 

  3. 2,3,4undefined 

  4. 2,4,5undefined 

Jawaban:

Poin pada soal tentang karakteristik remaja. 

Dalam soal ini termasuk dalam konsep pembahasn perkembangan diri seorang individu dalam fase remaja. Dimana perkembangan seorang individu itu bisa disebut juga sebagai proses sosialisasi yang merupakan usaha memasukkan nilai-nilai kebudayaan terhadap individu sehingga individu tersebut menjadi bagian masyarakat. Dalam sosialisasi seornag individu melakukan sebuah penyesuaian diri terhadap nilai dan norma sebelum individu masuk dalam kehidupan masyarakat secara luas. yang juga dapat diartikan sebagai proses pembentukan kepribadian individu. yang dimana dalam proses ini menurut George Herbert Mead, seorang individu melewati beberapa tahapan perkembangan yaitu :

1. Tahap persiapan (preparatory stage)
Tahap persiapan adalah tahapan pertama yang dialami sejak manusia dilahirkan, dan pada saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya.

2. Tahap meniru (play stage)
Tahap meniru ini ditandai dengan semakin sempurnanya seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan oleh orang dewasa.

3. Tahap siap bertindak (Game stage)
Pada tahap ini seseorang mampu menempatkan diri pada posisi orang lain pun meningkat, dan memungkinkan adanya kemampuan bermain secara bersama-sama. di dalam tahap siap bertindak, individu mulai berhubungan dengan teman teman sebaya di luar rumah.

4. Tahap penerimaan norma kolektif (generalizing stage)
Pada tahap penerimaan norma kolektif, seseorang dianggap telah dewasa. Artinya seorang individu sudah amsuk dalam tahap melakukan peran-peran dalam kehdiupan masyarakat. 

Jika dikaitkan dengan soal, remaja sampai tahap pekembangan ketiga yaitu siap bertindak, remaja mulai mengenall lingkungan secara luas dan mulai menyadari dengan nilai dan norma tidak hanya yang ada dalam keluarga, hal ini akan mempengaruhi perilaku-perilaku individu itu. Pada karakteristik remaja di antaranya memiliki keingintahuan besar, emosional dan ageresif, dan bahkan suka ingin dituruti keinginanya. Maka dari itu, remaja acap kali disebut sebagai tahap pencarian identitas, dan disebut sebagai tahapan yang masih labil.space space space space space space space 

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah Aundefined space space space space

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved