Roboguru

Berikut adalah beberapa penulis sastra di masa kerajaan Kediri: Mpu Panaluh Mpu Darmaja Mpu Triguna Mpu Monaguna Penulis Kitab Gatotkaca Sraya dan Sirmaradhana adalah...

Pertanyaan

Berikut adalah beberapa penulis sastra di masa kerajaan Kediri:

  1. Mpu Panaluh
  2. Mpu Darmaja
  3. Mpu Triguna
  4. Mpu Monaguna

Penulis Kitab Gatotkaca Sraya dan Sirmaradhana adalah...

  1. 1 dan 2

  2. 2 dan 4

  3. 1 dan 4

  4. 1 dan 3

  5. 2 dan 3

Pembahasan Video:

Pembahasan:

Kesenian, terutama sastra di Kerajaan Kediri berkembang pesat pada masa Raja Kameswhara (1182). Ia merupakan raja yang cukup terkenal karena pada masa pemerintahannya karya sastra Jawa berkembang pesat, seperti kitab-kitab dalam bentuk kakawin dan cerita Panji atau kisah kepahlawanan lainnya. Bahkan, kisah pernikahan Kameswhara sendiri dengan seorang putri dari Jenggala bernama Kirana alias putri Chandrakirana di kisahkan dalam kakawin Smaradhahana oleh Mpu Dharmaja. Kameswhara dikisahkan sebagai titisan Dewa Kamajaya, seorang dewa cinta yang sangat tampan. Adapun contoh-contoh karya sastra lainnya yang terkenal dari kerajaan ini ialah.

  1. Bharatayudha karya Mpu Sedah dan Mpu Panuluh yang berisi mengenai perang saudara 18 hari antara keluarga Pandhawa dan Kurawa. Kitab ini menurut banyak ahli sejarah sebenarnya gambaran Kediri semasa perang saudara Panjalu dan Kahuripan yang rebutan kekuasaan antara kakak-adik yang terdapat pada prasasti Ngantang.
  2. Arjuna Wiwaha karya Mpu Kanwa yang berisi mengenai Arjuna yang ketika ia bertapa di gunung Mahameru lalu ia diuji oleh para Dewa, dengan dikirim tujuh bidadari. Bidadari ini diperintahkan untuk menggodanya. Nama bidadari yang terkenal adalah Dewi Supraba dan Tilottama. Para bidadari tidak berhasil menggoda Arjuna, maka Batara Indra datang sendiri menyamar menjadi seorang brahmana tua. 
  3. Hariwangsa karya Mpu Panuluh yang berisi mengenai sang Kresna yang sedang berjalan-jalan di taman, mendapat kunjungan batara Narada yang berkata kepadanya bahwa calon istrinya, seseorang yang merupakan titisan Dewi Sri, telah turun ke dunia di negeri Kundina. Sedangkan Kresna yang merupakan titisan batara Wisnu harus menikah dengannya. Titisan Dewa Sri bernama Dewi Rukmini dan merupakan putri prabu Bismaka. Tetapi prabu Jarasanda sudah berkehendak untuk mengkawinkannya dengan raja Cedi yang bernama prabu Cedya.
  4. Sirmaradhana karya Mpu Dharmadja adalah sebuah karya sastra Jawa Kuno dalam bentuk kakawin yang menyampaikan kisah terbakarnya Batara Kamajaya.
  5. Gatotkaca Sraya karya karya Mpu Panuluh yang berisi mengenai Perkawinan Abimanyu, putra Arjuna dengan Siti Sundhari atas bantuan Gatotkaca, putra Bima. Ditulis pada zaman Raja Jayabaya.

 
Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah A.
 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 27 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Bahasa sehari-hari yang digunakan penduduk Sriwijaya adalah ...

0

Roboguru

Masuknya unsur budaya India ke Indonesia menyebabkan….

2

Roboguru

Apakah perubahan besar yang ditimbulkan oleh masuknya agama Hindu di Indonesia?

0

Roboguru

Berikut ini yang tidak termasuk bidang-bidang yang dipelajari masyarakat Indonesia pada masa kerajaan bercorak Hindu-Buddha adalah ....

0

Roboguru

Berikan bukti sumber-sumber sejarah hubungan masyarakat Nusantara dengan kebudayaan India, dan apa dampaknya bagi masyarakat di Nusantara?

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved