Pertanyaan

Berikut adalah bagian dari otak! Pons Hippocampus Korteks serebrum Medulla oblongata Hipotalamus Amigdala Bagian dari otak yang terlibat dalam pengendalian pernapasan ditunjukkan oleh nomor…

Berikut adalah bagian dari otak!

  1. Pons
  2. Hippocampus
  3. Korteks serebrum
  4. Medulla oblongata
  5. Hipotalamus
  6. Amigdala

Bagian dari otak yang terlibat dalam pengendalian pernapasan ditunjukkan oleh nomor…

  1. 1, 2 dan 3

  2. 1, 3, dan 4

  3. 1, 4, dan 6

  4. 1, 3, 4, dan 5

  5. 1, 2, 3, dan 4

N. Shoimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

bagian otak yang terlibat dalam pengendalian pernapasan ditunjukkan oleh nomor 1, 3, 4, dan 5. Jawaban yang tepat adalah D.

bagian otak yang terlibat dalam pengendalian pernapasan ditunjukkan oleh nomor 1, 3, 4, dan 5. Jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Pusat pengendali pernapasan terletak pada batang otak, tepatnya bagian medulla oblongata dan pons varoli . Keduanya bertanggung jawab untuk menstimulasi dan mengatur ritme pernapasan. Pusat pengendalian pernapasan juga menerima sinyal dari korteks serebrum dan hipotalamus . Korteks serebrum merupakan tempat pengaturan aktivitas yang sifatnya volunter. Ketika kita sengaja mengubah dan mengatur ritme pernapasan untuk kegiatan tertentu, seperti bernyanyi, berteriak, dan meniup lilin, maka stimulusnya akan dikirim dari korteks serebrum ke pusat pengendalian pernapasan. Sedangkan, hipotalamus merupakan pusat pengendali hormon. Perubahan hormonal tubuh, seperti saat stress, ketakutan, atau nervous, dapat menyebabkan ritme dan laju pernapasan berubah. Dengan demikian, bagian otak yang terlibat dalam pengendalian pernapasan ditunjukkan oleh nomor 1, 3, 4, dan 5. Jawaban yang tepat adalah D.

Pusat pengendali pernapasan terletak pada batang otak, tepatnya bagian medulla oblongata dan pons varoli. Keduanya bertanggung jawab untuk menstimulasi dan mengatur ritme pernapasan. Pusat pengendalian pernapasan juga menerima sinyal dari korteks serebrum dan hipotalamus. Korteks serebrum merupakan tempat pengaturan aktivitas yang sifatnya volunter. Ketika kita sengaja mengubah dan mengatur ritme pernapasan untuk kegiatan tertentu, seperti bernyanyi, berteriak, dan meniup lilin, maka stimulusnya akan dikirim dari korteks serebrum ke pusat pengendalian pernapasan. Sedangkan, hipotalamus merupakan pusat pengendali hormon. Perubahan hormonal tubuh, seperti saat stress, ketakutan, atau nervous, dapat menyebabkan ritme dan laju pernapasan berubah. Dengan demikian, bagian otak yang terlibat dalam pengendalian pernapasan ditunjukkan oleh nomor 1, 3, 4, dan 5. Jawaban yang tepat adalah D.

77

Iklan

Pertanyaan serupa

Pengangkutan karbon dioksida melalui pembuluh darah dapat terjadi secara terlarut di plasma maupun dibawa oleh eritrosit. Pernyataan berikut ini yang benar mengenai mekanisme pengangkutan karbon dioks...

28

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia