Roboguru

Berikan setiap contoh konflik dan kekerasan yang kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari!

Pertanyaan

Berikan setiap contoh konflik dan kekerasan yang kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari! 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas tentang konflik dan kekerasan yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Soal ini berkaitan dengan contoh konflik dan kekerasan yang kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh yang sering terjadi adalah KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), yang biasanya berawal dari konflik dalam rumah tangga baik karena faktor ekonomi, sosial atau lainnya. Hal tersebut memberikan dampak yang cukup luas bagi pihak yang terlibat, seperti berakhirnya pernikahan dengan perceraian dan sebagainya. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Konflik yang terjadi di Sambas, Kalimantan Barat. Antara etnis melayu asli sambas dengan etnis pendatang dari Madura termasuk dalam konflik ...

Pembahasan Soal:

Konflik horizontal adalah konflik yang terjadi di dalam unsur masyarakat yang setara, dan sejajar. Contohnya adalah konflik kebudayaan, konflik Agama, konflik ras. Dalam soal, contoh konflik yang terjadi di Sambas, adalah salah satu contoh konflik horizontal.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

Seorang siswa mengalami kesulitan ketika harus menentukan satu pilihan di antara dua atau lebih pilihan seperti harus memutuskan untuk masuk sekolah atau tidak. Padahal semua pilihan ternyata mengandu...

Pembahasan Soal:

Poin penting pada soal terkait dengan jenis-jenis konflik sosial. 

Konflik sosial adalah pertentangan antaranggota atau masyarakat yang bersifat menyeluruh di kehidupan. Konflik pada kehidupan masyarakat tidak dapat dipisahkan karena konflik berasal dari interaksi yang dilakukan oleh masyarakat dengan masyarakat lain yang memiliki sifat disosiatif yang memicu pertentangan dan perpecahan dalam masyarakat karena adanya perbedaan individu dan kelompok. Dalam konflik sosial dilingkungan masyarakat memiliki jenis-jenisnya, menurut tokoh sosiologi James A.F Stoner dan Charles Wankel  yaitu :

1. Konflik intrapersonal yaitu konflik seseorang dengan dirinya sendiri. Konflik ini terjadi pada satu waktu yang sama memiliki dua keinginan. 

2. Konflik interpersonal yaitu konflik ini terjadi antara seseorang dengan orang lain yang dipicu dengan adanya perbedaan keinginan dan kepentingan. 

3. Konflik antar individu dengan kelompok yaitu konflik ini berhubungan dnegan dengan cara individu untuk menghadapi tekanan-tekanan untuk mencapai konformitas, yang di tekankan oleh mereka dari kelompok sosial masyarakat. 

Penjabaran pada soal menjelaskan konflik yang dialami oleh seorang siswa dalam menentukan sebuah pilihan dianatara dua pilihan yaitu antara masuk sekolah atau tidak masuk sekolah karena keadaan badan yang kurang sehat. Konflik ini timbul karena dari diri siswa tersebut dan dapat diselesaikan sendiri oleh siswa tersebut sehingga konflik ini merupakan konflik intrapersonal atau internal. 

Jadi, jawabannya adalah A internalspace  

Roboguru

Jelaskan mengapa konflik konvensional dibutuhkan dalam sebuah organisasi!

Pembahasan Soal:

Munculnya  konflik  dalam  sebuah  organisasi  tidak selalu bersifat negatif. Konflik bisa dijadikan alasan untuk   mengadakan   perubahan   dalam   keorganisasian.

Roboguru

Konflik horizontal ditunjukkan pada nomor....

Pembahasan Soal:

Konflik horizontal merupakan  konflik yang terjadi antar individu atau kelompok organisasi yang memiliki kedudukan yang sama atau setara, contoh antarwarga, antarsiswa atau antarkelompok.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka jawaban yang tepat adalah Espace space

Roboguru

Konflik yang dialami bangsa Indonesia pada era reformasi di segala bidang merupakan contoh konflik ....

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas bentuk konflik sosial.

Soal menanyakan tentang konflik pada era reformasi di Indonesia. Konflik era reformasi berasal dari adanya masalah politik, yang mana masalah politik sering kali menyulut ketidaknyamanan di masyarakat, sehingga menimbulkan konflik yang kemudian disebut sebagai konflik politik. Konflik politik adalah konflik yang meyangkut golongan-golongan dalam masyarakat maupun diantara negara-negara yang berdaulat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved