Roboguru

Berikan penjelasan mengapa plastik termoplastik dapat melihat panas sedangkan termoseting tidak !

Pertanyaan

Berikan penjelasan mengapa plastik termoplastik dapat melihat panas sedangkan termoseting tidak ! 

Pembahasan Soal:

Berdasarkan sifat terhadap pemanasan, polimer terdiri dari :

  • Termoplastik yaitu polimer yang melunak bila dipanaskan dan dapat dibentuk ulang. Polimer termoplastik mempunyai struktur linier bertekstur keras, sedangkan jika bercabang akan lunak. Pada saat dipanaskan, termoplasik akan menjadi lembut, dan kembali mengeras saat didinginkan. Proses melembur saat pemanasan dan pendinginan dapat diulangi beberapa kali sesuai keinginan tanpa mengubah komposisi kimia polimer. Contoh : PE, PP, polivinil klorida (PVC), teflon, dan polistirena.
  • Termosetting, yaitu Polimer yang tidak melunak bila dipanaskan, sehingga tidak dapat dibentuk ulang. Tidak seperti termoplastik, termoset dapat mengalami perubahan komposisi kimia saat mengalami pemanasan. Jika dipanaskan, termoset akan mengeras dan tidak bisa lembut seperti sedia kala. Pengerasan saat pemanasan adalah karena ikatan silang yang membentuk jaringan polimer tiga dimensi dan maka dari itu hanya bisa dipanaskan sekali. Sebagai contoh termoset adalah kantung plastik kemasan, Bakelit, resin urea-formaldehida.

Maka, plastik termoplastik dapat melihat panas sedangkan termoseting tidak karena ikatan silang yang membentuk jaringan polimer tiga dimensi

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Lubis

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Polimer jenis plastik dibedakan menjadi termoseting dan termoplas. Pembagian tersebut didasarkan pada ….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan daya tahannya terhadap panas, polimer terbagi menjadi polimer termoseting dan termoplas. 

  • Polimer termoseting merupakan polimer yang tetap mengeras dan kaku jika dipanaskan sehingga tidak mudah dicetak ulang.
  • Polimer termoplas merupakan polimer yang jika dipanaskan akan melunak atau meleleh dan kembali mengeras ketika didinginkan sehingga mudah dicetak ulang.


Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Jelaskan penggolongan polimer berdasarkan bentuk susunan rantai dan berikan contohnya!

Pembahasan Soal:

Berdasarkan bentuk susunan rantainya polimer digolongkan menjadi polimer rantai lurus, polimer rantai bercabang, dan polimer jaringan tiga dimensi.

  • Polimer rantai lurus
    Bentuk polimer rantai lurus adalah memiliki ikatan karbon-karbon yang memanjang. Akibat pertumbuhan rantai, polimer dapat berlipat secara acak.
           
    Polimer ini biasanya dapat larut dalam beberapa pelarut dan dalam keadaan padat pada temperatur normal. Polimer ini terdapat sebagai elastomer, bahan yang fleksibel (lentur) atau termoplastik seperti gelas). Polimer linier (rantai lurus) mempunyai titik leleh, kuat tarik, dan densitas yang tinggi. Contoh: polietilena, polivinil klorida (PVC), polimetil metaklirat (PMMA), poliakrilonitril (orlon atau creslan), nylon 66, dll.
  • Polimer rantai bercabang
    Polimer bercabang dapat divisualisasi sebagai polimer linier (rantai lurus) dengan percabangan pada struktur dasar yang sama sebagai rantai utama. Karena terdapat percabangan pada rantai utama, polimer jenis ini mempunyai titik leleh, kuat tarik, dan densitas yang rendah. Contoh: glikogen.
  • Polimer jaringan tiga dimensi
    Merupakan polimer linier yang bergabung bersama membentuk jaringan tiga dimensi. Karena adanya rantai silang polimer ini disebut juga polimer rantai silang. Sifatnya sangat keras, kaku, dan rapuh. Contoh: bekelite dan resin urea formaldehida.
     

Bentuk polimer rantai lurus dan bercabang digolongkan sebagai polimer termoplastik. Polimer ini meleleh jika dipanaskan dan dapat dimodelkan ke dalam berbagai bentuk, dan bentuknya dapat dipertahankan jika didinginkan. Sedangkan polimer jaringan tiga dimensi (polimer rantai silang) digolongkan sebagai polimer termoset. Sekali ikatan silang dibentuk, polimer ini akan mengambil bentuk yang tidak dapat diubah lagi jika sifat plastisnya tidak dirombak secara kimia.

0

Roboguru

Plastik berikut yang tahan panas, tahan bahan kimia, dan antilengket adalah ....

Pembahasan Soal:

Plastik berikut yang tahan panas, tahan bahan kimia, dan antilengket adalah teflon. Teflon merupakan polimer dengan monomer berupa senyawa tetrafloro etilen. Oleh karena itu, teflon digunakan sebagai bahan pelapis wajan, karena sifatnya yang tahan panas, tahan bahan kimia, dan antilengket.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space 

0

Roboguru

Jelaskan mengapa plastik termoplastik dapat meliat karena panas, sedangkan plastik termoseting tidak dapat!

Pembahasan Soal:

Sifat termoplastik yang meliat jika diberikan panas dikrenakan rantai-rantai panjang pada polimer memiliki gaya antar molekul yang lemah, hal ini menyebabkan jika diberikan panas berlebih, masing-masing rantai polimer hanya bergerak tanpa merusak strukturnya, berbeda dengan termoset yang rusak karena ikatan-ikatan kovalen antar rantai polimer yang membuat termoset menjadi rusak ketika dipanaskan.space 

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan plastik termoseting dan plastik termoplastik!

Pembahasan Soal:

Berdasarkan ketahanan panas, polimer dapat diklasifikasikan menjadi polimer termoseting dan polimer termoplastik. Perbedaan plastik termoseting dan plastik termoplastik berdasarkan:

  • Ketahanan terhadap panas = polimer termoseting tahan terhadap panas, sedangkan polimer termoplastik tidak tahan panas.
  • Sifat kelarutan = polimer termoseting tidak mudah larut dalam pelarut apapun, sedangkan polimer termoplastik mudah larut dalam pelarut yang sesuai.
  • Pembentukan ulang = polimer termoseting tidak dapat dibentuk ulang, sedangkan polimer termoplastik dapat dibentuk ulang.

Jadi, jawaban yang benar sesuai penjelasan diatas.undefined  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved