Roboguru

Berikan juga beberapa contoh operative institutions!

Pertanyaan

Berikan juga beberapa contoh operative institutions!space space 

Pembahasan Soal:

Materi yang dibahas pada soal ini berkaitan dengan lembaga sosial. Lembaga sosial merupakan suatu sistem nilai dan sistem norma yang secara khusus menata serangkaian pola perilaku untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam kehidupan bersama.

Operative institutions merupakan salah satu tipe lembaga sosial yang dikemukakan oleh J.L. Gillin dan J.P. Gillin. Operative institutions adalah lembaga sosial yang berfungsi menghimpun pola-pola atau tata cara yang diperlukan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Contohnya adalah perindustrian, perseroan, perusahaan, klub-klub olahraga.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Hadi

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Indonesia

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bank perkreditan rakyat memberikan pelayanan kepada masyarakat beripapinjaman lunak dengan memprioritaskan pelaku usaha kecil menengah dibandingkan pinjaman kepadan perusahaan besar. Upaya tersebut me...

Pembahasan Soal:

Bank Perkreditan Rakyat memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa pinjaman lunak dengan memperioritaskan pelaku usah kecil menengah , upaya yang dilakukan oleh bank sebagai lembaga memiliki fungsi untuk Mengatur sistem distribusi keuangan karena bank tersebut memberikan prioritas kepada masyarakat kecil sehingga distribusi keuangan akan merata dalam masyarakat untuk melakukan aktivitas produksi.

0

Roboguru

Pelaku tindak kejahatan sindikat penculikan bayi yang sudah beroperasi selama dua tahun ditangkap dan diberi hukuman berat. Lembaga yang berwenang menjatuhkan hukuman kepada terdakwa tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Lembaga yang berhak menjatuhkan hukuman kepada pelanggar norma hukum adalah pengadilan (B). Sedangkan, dalam sistem peradilan, kejaksaan berfungsi untuk menuntut. Sementara itu kepolisian berwenang untuk menyidik atau memeriksa kasus kejahatan.

0

Roboguru

Satpam merupakan bagian dari aparatur lembaga yang bertugas memeriksa pengunjung pusat perbelanjaan dari kemungkinan membawa benda-benda yang bisa membahayakan keselamatan orang lain. Tujuan dari akti...

Pembahasan Soal:

Satpam adalah bagian dari lembaga keamanan. Seperti diilustrasikan pada soal ini, satpam bertugas untuk memeriksa barang bawaan pengunjung pusat perbelanjaan. Sebab, fungsi utama lembaga keamanan adalah untuk memenuhi kebutuhan adanya rasa aman di masyarakat.

0

Roboguru

Sekarang ini, penjahat semakin berani melakukan aksi penodongan dan perampokan di tempat-tempat ramai pada waktu siang hari. Lembaga sosial formal yang tepat untuk menangani kasus di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Soerjono Soekanto dan Soelaeman Soemardi mendefinisikan lembaga sosial sebagai kumpulan berbagai tata perilaku yang diakui oleh anggota masyarakat sebagai sarana untuk mengatur relasi sosial.

Dalam konteks soal ini, yang paling tepat menangani kasus perampokan adalah lembaga kepolisian sehingga jawaban yang tepat adalah opsi A. Sebab secara yurisprudensi yang berhak untuk menangani segala tindak kriminal adalah kepolisian sementara pengadilan bertugas untuk memutuskan bersalah atau tidaknya seseorang.

Sementara itu, pengadilan adalah lembaga sosial formal yang bertugas untuk mengadili seseorang yang telah menjadi terdakwa.

0

Roboguru

Menurut fungsinya, suatu institusi dibedakan menjadi dua yaitu ....

Pembahasan Soal:

Materi yang dibahas pada soal adalah lembaga sosial.

Lembaga sosial merupakan wadah dari sekumpulan norma atau kaidah yang mengatur pendukungnya dalam rangka mewujudkan kebutuhan masyarakat yang bersifat khusus. Suatu lembaga sosial memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan sistem norma yang bukan lembaga sosial, yaitu memiliki simbol sendiri, tata tertib dan tradisi, usia yang lebih lama dari usia manusia, memiliki alat kelengkapan, memiliki ideologi, dan memiliki tingkat kekebalan dan daya tahan.

Tipe lembaga sosial berdasarkan fungsinya terbagi kepada:

  1. Operative institution yaitu institusi yang berfungsi menghimpun pola-pola atau cara-cara yang diperlukan dari masyarakat yang bersangkutan. Contoh: institusi ekonomi.
  2. Regulative institution yaitu institusi yang bertujuan mengawasi adat istiadat atau tata kelakuan dalam masyarakat. Contoh: institusi hukum dan politik seperti pengadilan dan kejaksaan.

 Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved