Roboguru

Berikan contoh sederhana bagaimana penerapan manajeman dalam kegiatan sekolah:

Pertanyaan

Berikan contoh sederhana bagaimana penerapan manajeman dalam kegiatan sekolah:undefined 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Pembahasan Soal:

Manajemen dalam kegiatan sekolah sangatlah penting, sesuai dengan pendapat James A.F. Stoner bahwa manajemen adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang-orang. Tanpa adanya manajemen, kegiatan di sekolah takkan berjalan lancar. Tujuan dari kegiatan manajemen dimaksud adalah meningkatkan mutu pendidikan di sekolah pada khususnya dan mutu pendidikan bangsa pada umumnya.

Contoh penerapan fungsi manajemen sekolah adalah adanya keberadaan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang berfungsi untuk mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas dan memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif yang bertentangan dengan tujuan pendidikan.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Makhrisza

Mahasiswa/Alumni Universitas Pertahanan

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan pengorganisasian manajemen di bidang kurikulum!

Pembahasan Soal:

Organizing (Pengorganisasian): mengelompokkan berbagai kegiatan dan memberikan kekuasaan untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Terdapat empat bentuk pengorganisasian kurikulum yang bisa diterapkan dalam lembaga pendidikan. 

  1. Separated Subject Curriculum. 
    Kurikulum ini menyajikan segala bahan pelajaran dalam berbagai macam mata pelajaran (subject) yang terpisah-pisah satu sama lain.
  2. Correlated Curriculum.
    Bentuk ini menghendaki agar mata pelajaran satu sama lain ada hubungan, bersangkut paut (correlated) walaupun mungkin batas-batas yang satu dengan yang lain masih dipertahankan.
  3. Integrated Curriculum.
    Integrated Curriculum 
    meniadakan batas-batas antara berbagai mata pelajaran dan menyajikan bahan pelajaran dalam bentuk unit atau keseluruhan. 
  4. Core Curriculum.
    Pada prinsipnya core curriculum memberikan pelajaran yang umum.undefined 

0

Roboguru

Pernyataan berikut ini yang benar tentang penerapan manajemen dalam sekolah, yaitu….

Pembahasan Soal:

Pelaksanaan manajemen sekolah sesuai dengan Sistem Pendidikan Nasional bahwa kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pembelajaran sebagai kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah dibuat. Penerapan manajemen disekolah harus diselaraskan dengan UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space  

1

Roboguru

Pernyataan berikut ini yang benar tentang penerapan manajemen dalam sekolah yaitu ...

Pembahasan Soal:

Contoh penerapan manajemen di sekolah yaitu manajemen sekolah bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

0

Roboguru

bagaimana penerapan manajemen dalam kegiatan di desa

Pembahasan Soal:

Penerapan manajemen di lingkungan masyarakat seperti yang ada di desa, sama seperti penerapan manajemen di sebuah organisasi. Dalam sebuah desa sudah dipastikan memiliki perangkat desa dari lapisan tertinggi seperti kepala desa hingga ke lapisan terendah. Dalam menjalankan kegiatannya, kepala desa akan menggunakan fungsi manajemen yang ada supaya tujuan yang telah ditetapkan berjalan dengan baik, seperti:

  • Setiap awal tahun, pemerintah desa melakukan perencanaan anggaran dan biaya yang akan dilakukan selama satu tahun ke depan
  • Setiap tahunnya, pemerintah desa membagi-bagi tugas yang ada kepada para anggota di dalamnya.
  • Pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan di awal tahun guna untuk kepentingan masyarakat umum.
  • Pemerintah desa dapat melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan yang telah dilakukan dan dapat memberikan solusi terkait kendala yang dialaminya. space 

0

Roboguru

Sebutkan penerapan fungsi manajemen di dalam sekolah!

Pembahasan Soal:

Merujuk pada fungsi manajemen menurut Geroge Terry, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan berikut ini contoh penerapan fungsi manajemen di lingkungan sekolah:

  1. Perencanaan
    Dalam rangka merayakan hari kemerdekaan di sekolah, OSIS SMA Putra Putri Bangsa mengadakan serangkaian acara lomba. Ketua OSIS bersama semua anggota OSIS mengadakan rapat. Dalam rapat tersebut mereka mulai menetapkan tujuan atau tema hari kemerdekaan, menghimpun konsep dan ide dari peserta rapat. Setelah mengadakan rapat, ketua OSIS dan beberapa perwakilan panitia mengkomunikasikannya ke pihak Pembina OSIS dan Kepala Sekolah. Tujuannya, agar antara pihak OSIS dan sekolah memiliki kesamaan tujuan, setelah mengkomunikasikan pada pembina dan kepala sekolah menyetujui.
  2. Pengorganisasian
    Ketua OSIS kemudian menempatkan orang sesuai kemampuan dan keahlian dalam bidangnya. Setiap orang memiliki tanggung jawab masing-masing agar tetap fokus dengan tugasnya karena harus mengerjakan tugas-tugas lainnya. Struktur organisasi dan kepanitiaan yang disusun pun harus disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti ketua panitia acara, bendahara, sekretaris dan seksi acara, seksi konsumsi dan lainnya sesuai dengan kebutuhan.
  3. Penggerakan
    Setelah struktur kepanitiaan sudah dibentuk dan pembagian kerja ditetapkan, ketua panitia acara mulai mengarahkan anggotanya, memanfaatkan waktu secara efektif, serta mengatur dana secara efisien. Tidak hanya menggerakan, ia juga menghargai dan mampu memberikan motivasi, sehingga seluruh panitia bertugas dengan ikhlas dan maksimal. 
  4. Pengawasan
    Selama acara berlangsung, ketia panitia beserta seluruh panitia atau seksi bidang melaksanakan fungsi pengawasan berupa evaluasi kerja dari setiap panitia. Dalam evaluasi juga akan dinilai apakah pelaksanaan acara lomba 17 Agustus sudah sesuai standar atau mencapai tujuan.space space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved