Roboguru

Berikan contoh perilaku pelajar di sekolah sesuai dengan semangat kebangkitan nasional...

Pertanyaan

Berikan contoh perilaku pelajar di sekolah sesuai dengan semangat kebangkitan nasional...

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Kebangkitan Nasional ditandai dengan kemunculan golongan-golongan intelektual pribumi. Kebangkitan Nasional juga muncul dengan berdirinya organisasi Budi Utomo. Latar belakang kebangkitan nasional adalah adanya penerapan politik etis. Salah satu bidang politik etis adalah edukasi. Sejak penerapan politik etis, banyak berdiri sekolah yang melahirkan kaum terpelajar. Kaum elit terpelajar memimpin pergerakan nasional menggunakan organisasi moderen. Lewat perlawanan menggunakan organisasi moderen, membangkitkan semangat kebangkitan nasional. Kebangkitan Nasional merupakan momentum nasional munculnya persatuan, kesatuan, dan kesadaran bangsa untuk memperjuangkan kemerdekaan. contoh perilaku pelajar di sekolah sesuai dengan semangat kebangkitan nasional adalah belajar dengan giat, mengembangkan kemampuan dengan sungguh-sungguh, serta membanggakan negara dalam bidang apapun yang kita geluti.

Dengan demikian, contoh perilaku pelajar di sekolah sesuai dengan semangat kebangkitan nasional adalah belajar dengan giat, mengembangkan kemampuan dengan sungguh-sungguh, serta membanggakan negara dalam bidang apapun yang kita geluti.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 22 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikan contoh sikap anak di rumah sesuai dengan nilai-nilai kebangkitan...

Pembahasan Soal:

Kebangkitan Nasional merupakan momentum kemunculan semangat persatuan dan kesatuan untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kebangkitan Nasional. Adapun perilaku anak yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan dalam memperjuangkan kemerdekaan adalah:

  •  Membantu orangtua dalam mengerjakan pekerjaan rumah
  •  Taat kepada kedua orangtua
  •  Bertutur kata yang baik dan berprilaku sopan santun

Dengan demikian, contoh sikap anak yang sesuai nilai-nilai kebangkitan nasional diantaranya meliputi membantu orangtua, taat, bertutur kata baik dan berprilaku sopan santun.

0

Roboguru

Sebut dan jelaskan arti penting kebangkitan nasional...

Pembahasan Soal:

Kebangkitan Nasional ditandai dengan kemunculan golongan-golongan intelektual pribumi. Kebangkitan Nasional juga muncul dengan berdirinya organisasi Budi Utomo. Latar belakang kebangkitan nasional adalah adanya penerapan politik etis. Salah satu bidang politik etis adalah edukasi. Sejak penerapan politik etis, banyak berdiri sekolah yang melahirkan kaum terpelajar. Kaum elit terpelajar memimpin pergerakan nasional menggunakan organisasi moderen. Lewat perlawanan menggunakan organisasi moderen, membangkitkan semangat kebangkitan nasional. Kebangkitan Nasional merupakan momentum nasional munculnya persatuan, kesatuan, dan kesadaran bangsa untuk memperjuangkan kemerdekaan. Bangkitnya perjuangan bersifat kedaerahan menjadi kesadaran nasional yang menyatukan seluruh kekuatan untuk meraih kemerdekaan.

Dengan demikian, arti penting kebangkitan nasional merupakan momentum munculnya persatuan, kesatuan, dan kesadaran bangsa untuk memperjuangkan kemerdekaan. Bangkitnya perjuangan bersifat kedaerahan menjadi kesadaran nasional yang menyatukan seluruh kekuatan untuk meraih kemerdekaan.

0

Roboguru

Sebutkan isi atau hasil dari kongres Sarekat Islam pertama....

Pembahasan Soal:

Salah  satu bentuk  gerakan politik  yang dilakukan  oleh Sarekat  Islam yaitu dilaksanakannya sebuah kongres  nasional yang  pertama di  Bandung. Kongres  tersebut  diselenggarakan  pada  tanggal  17-24  Juni 1916  dengan dihadiri oleh sekitar 800.000 anggota SI. 

Adapun  permasalahan-permasalahan  yang  dibahas  dalam  kongres nasional  pertama  ini  diantaranya yaitu  usaha  pemisahan  Central  Sarekat Islam  yang  dilakukan  oleh  Gunawan  yang  juga  didukung oleh  Haji Samanhudi,  rencana  pembentukan  kweekschool,  pembentukan  Dewan Kolonial (Koloniale Raad), particuliere landerijen (tanah pribadi), masalah pertahanan Hindia Belanda (Indie Weerbaar).

Dengan demikian, isi atau hasil dari kongres Sarekat Islam pertama adalah usaha pemisahan Central Sarekat Islam. 

0

Roboguru

Sebutkan isi atau hasil dari kongres Sarekat Islam kedua....

Pembahasan Soal:

Kongres nasional kedua ini diselenggarakan pada tanggal 20-27 Oktober 1917 di Batavia (Jakarta). Adapun beberapa permasalahan yang dibicarakan diantaranya  yaitu  permasalahan  perkebunan  tebu,  tanah partikelir (particuliere  landerijen),  nasib  buruh,  dan  masalah  mengenai  Volksraad (Dewan Rakyat).

Dengan demikian, isi atau hasil dari kongres Sarekat Islam kedua adalah masalah mengenai Volksraad (Dewan Rakyat). 

0

Roboguru

Pendiri dari indische partij adalah....

Pembahasan Soal:

Indische Partij (Partai Hindia) adalah partai politik pertama di Hindia Belanda, berdiri tanggal 25 Desember 1912. Didirikan oleh tiga serangkai, yaitu E.F.E Douwes Dekker, Tjipto Mangoenkoesoemo dan Suwardi Suryaningrat yang merupakan organisasi orang-orang Indonesia dan Eropa di Indonesia. Hal ini disebabkan adanya keganjilan-keganjilan yang terjadi (diskriminasi) khususnya antara keturunan Belanda dengan orang Indonesia. Indische Partij sebagai organisasi campuran menginginkan adanya kerja sama orang Indonesia dan bumi putera. Hal ini disadari benar karena jumlah orang Indonesia sangat sedikit, maka diperlukan kerja sama dengan orang bumi putera agar kedudukan organisasinya makin bertambah kuat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved