Roboguru

Berikan contoh penerapan pengetahuan sosiologi dalam mengatasi pencemaran lingkungan!

Pertanyaan

Berikan contoh penerapan pengetahuan sosiologi dalam mengatasi pencemaran lingkungan!space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Soal ini merujuk pada materi masalah sosial : Lingkungan hidup

Gangguan terhadap lingkungan hidup yang sering menjadi masalah sosial adalah polusi atau pencemaran, baik pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, maupun pencemaran suara. Kehidupan sosial manusia yang tidak terlepas dari keberadaan lingkungan hidup akan sangat terpengaruh jika terjadi pencemaran di lingkungannya. Oleh karena itu, pencemaran lingkungan dianggap sebagai bagian dari masalah sosial. Setiap persoalan lingkungan hidup membutuhkan kajian sosiologis sebelum ditentukan cara terbaik untuk mengatasinya.

Contoh penerapan sosiologi dalam bidang lingkungan misalnya, penanganan korban tsunami di Aceh maupun gempa bumi di Yogyakarta dan Klaten. Penyebab kedua bencana itu murni faktor alam. Akan tetapi, kerusakan dan penderitaan yang diakibatkannya menimpa manusia. Bencana tersebut mengakibatkan berupa pemukiman penduduk, kerusakan prasarana transportasi pendidikan dan kesehatan, sarana perekonomian, dan hilangnya mata pencaharian warga masyarakat. Untuk memperbaiki itu semua diperlukan kajian sosiologis yang mendalam.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Alasan yang menyebabkan sosiologi sangat dibutuhkan dalam menyusun kebijakan adalah

Pembahasan Soal:

Salah satu kegunaan sosiologi dapat terlihat melalui peran sosiolog sebagai ahli riset. Seperti ilmuwan lainnya, para sosiolog berfokus pada pengumpulan dan penggunaan data. Oleh karena itu, para sosiolog melakukan riset ilmiah. Tujuannya adalah untuk mencari data kehidupan sosial masyarakat. Data itu kemudian diolah menjadi karya ilmiah yang berguna bagi pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah-masalah di masyarakat. Permasalahan yang menjadi fokus kajian sosiolog merupakan masalah-masalah aktual yang terjadi di masyarakat karena membutuhkan penanganan yang tepat dan cepat agar segera diselesaikan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dianalisis bahwa jawabaan yang paling relevan adalah B. bidang penelitian sosiologi adalah permasalahan-permasalahan yang sangat aktual.

Roboguru

Bagaimana cara mengatasi permasalahan pengangguran dengan mengaitkan penerapan ilmu sosiologi....

Pembahasan Soal:

Poin soal yang ditanyakan adalah  fungsi sosiologi

Fungsi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan adalah berkaitan dengan penelitian, pengolahan data dan perencana kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat. hasil dari penelitian ini dapat membantu memecahakan masalah sosial yang ada di masyarakat seperti masalah pengangguran.

Jadi penerapan ilmu sosiologi dalam mengatasi masalah pengangguran dapat dilakukan melalui penelitian sosial guna mengumpulkan data data penyebab pengangguran hingga dapat dicari solusi pemecahan masalah sosial tersebut.space space

 

Roboguru

Banyak alumni jurusan sosiologi perguruan tinggi bekerja di departemen pemerintah. Mereka dipercaya untuk menyiapkan kebijakan/strategi pemberantasan kemiskinan yang masih banyak dialami masyarakat. C...

Pembahasan Soal:

Kegunaan sosiologi dalam pemecahan masalah sosial adalah untuk menyelesaikan masalah agar tercipta kestabilan dan keharmonisan di masyarakat.

Kegunaan sosiologi untuk pemecahan masalah sosial secara garis besar adalah sebagai berikut:

  1. Menyajikan dan memberikan data-data kajian yang bersifat sosiologis kepada siapa saja yang membutuhkan.
     
  2. Ikut menanggulangi masalah-masalah sosial yang ada, dengan dua metode, yaitu:

    a. Metode preventif. Dilakukan dengan mengadakan penelitian yang mendalam terhadap gejala-gejala sosial. 

    b. Metode represif. Adalah proses penanggulangan secara langsung terhadap masalah sosial yang sedang tumbuh dan dirasakan masyarakat.undefined  
Roboguru

Dalam upaya mengatasi masalah kemiskinan, sering para pakar ilmu sosial diundang untuk seminar di hotel-hotel berbintang lima. Bagaimana pendapat Anda?

Pembahasan Soal:

Soal ini merujuk pada materi masalah sosial : kemiskinan. 

Kemiskinan dianggap sebagai kegagalan yang disebabkan oleh tidak berfungsinya lembaga-lembaga perekonomian. Kemiskinan bagi masyarakat modern juga bukan lagi diartikan sebagai kekurangan pangan, pakaian, atau perumahan, melainkan diukur dengan tuntutan hidup yang semakin tinggi. Untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan diperlukan berbagai upaya nyata, dan agar upaya yang dilakukan tidak salah arah atau salah sasaran, perlu pengetahuan yang memadai mengenai masalah kemiskinan yang dihadapi.

Sehingga, amat sangat disayangkan apabila masalah berat yang membutuhkan usaha keras pemerintah dengan semua pihak terkait justru menggunakan uang secara tidak efektif dan efisien. Membicarakan masalah kemiskinan di tempat yang mahal adalah sebuah pemborosan nyata yang dilakukan oleh para pakar ilmu sosial tersebut. 

Roboguru

Pemerintah saat ini dituntut untuk memberantas praktik korupsi. Sumbangan nyata sosiologi dalam rangka turut serta memberantas korupsi adalah ....

Pembahasan Soal:

Sebagai ilmu murni, sosiologi berusaha mencari pengetahuan tentang sebuah fenomena. Sedangkan, sebagai ilmu terapan, sosiologi dapat membantu manusia memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. Dalam pemecahan masalah korupsi sosiologi memberikan sumbangan mengenai faktor-faktor sosiologis yang menyebabkan korupsi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space  
 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved