Roboguru

Berikan contoh kejadian yang menunjukkan bahwa komponen biotik dapat mempengaruhi komponen abiotik!

Pertanyaan

Berikan contoh kejadian yang menunjukkan bahwa komponen biotik dapat mempengaruhi komponen abiotik!space 

Pembahasan Soal:

Contoh kejadian yang menunjukkan bahwa komponen biotik dapat mempengaruhi komponen abiotik adalah pada peristiwa fotosintesis. Kadar oksigen dan karbondioksida di udara salah satunya dipengaruhi oleh keberadaan tumbuhan hijau. Saat berfotosintesis, tumbuhan akan menggunakan karbondioksida di udara dan akan menghasilkan oksigen yang akan dilepaskan ke lingkungan.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana peranan produsen dalam ekosistem?

Pembahasan Soal:

Ekosistem merupakan suatu kesatuan dinamis yang terdiri dari berbagai spesies makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya, baik lingkungan biotik maupun abiotik. Produsen merupakan salah satu komponen biotik dalam ekosistem. Biotik merupakan salah satu komponen atau faktor dalam lingkungan yang meliputi semua faktor hidup. Produsen merupakan makluk hidup yang dapat membuat makanananya sendiri. Produsen juga dapat dikatakan sebagai makluk hidup yang mampu mengubah zat anorganik menjadi zat organik. Semua tumbuhan hijau adalah produsen karena proses perubahan zat anorganik menjadi zat organik disebabkan adanya klorofil pada tumbuhan hijau melalui proses fotosintesis. Di dalam ekosistem, produsen berperan dalam menyediakan makanan sehingga dapat mendukung kelangsungan hidup organisme lain. Keberadaan produsen sangat penting dalam ekosistem, jika tidak ada produsen, maka konsumen primer tidak mendapat suplai energi. Hal ini akan mengganggu rantai makanan dalam sebuah ekosistem. 

0

Roboguru

Berikan penjelasan bahwa ekosistem bisa dikatakan suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi!

Pembahasan Soal:

Ekosistem dikatakan sebagai suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi dikarenakan suatu ekosistem terbentuk dari adanya suatu interaksi atau hubungan antar komponen penyusun ekosistem yaitu komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (benda tak hidup/lingkungan). Interaksi yang terbentuk dapat terjadi diantara sesama komponen biotik yaitu antara sesama makhluk hidup, ataupun interaksi antara komponen biotik dan abiotik yaitu antara makhluk hidup dan lingkungan. Contoh interaksi antara sesama makhluk hidup antara lain adalah simbiosis, kompetisi, dan predasi. Sedangkan interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan antara lain tumbuhan yang memerlukan cahaya untuk fotosintesis.

Dengan demikian, ekosistem dikatakan sebagai suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi dikarenakan suatu ekosistem terbentuk dari adanya suatu interaksi atau hubungan antar komponen penyusun ekosistem yaitu komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (benda tak hidup/lingkungan).undefined 

0

Roboguru

Sebutkan komponen dalam ekosistem!

Pembahasan Soal:

Komponen di dalam ekosistem dibagi menjadi dua yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik adalah komponen yang terdiri dari makhluk hidup. Sedangkan, komponen abiotik adalah komponen yang terdiri dari benda mati.space

0

Roboguru

Di dalam suatu ekosistem, jamur, bakteri, dan mikroba lainnya berperan sebagai ....

Pembahasan Soal:

Dekomposer atau pengurai adalah organisme yang memakan organisme mati dan produk-produk limbah dari organisme lain. Pengurai membantu siklus nutrisi kembali ke ekosistem lainnya. Dekomposer membuat tanah kaya dengan menambahkan senyawa organik dengan itu. Contoh pengurai adalah jamur, bakteri, hewan kecil ulat atau belatung. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Perhatikan diagram ekosistem darat berikut! Tuliskan dua komponen biotik dan dua komponen abiotik berdasarkan gambar di atas!

Pembahasan Soal:

Komponen biotik meliputi makhluk hidup yang ada pada eksositem. Komponen abiotik meliputi benda-benda tidak hidup pada ekosistem. Berdasarkan gambar, berikut komponen biotik dan abiotiknya sebagai berikut:

Komponen Biotik Komponen Abiotik
Pohon
Rumput
Bunga teratai
Jamur
Capung
Katak
Rusa
Cahaya
Udara
Air
Tanah

space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved