Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikan contoh kalimat sanggahan dalam debat!

Berikan contoh kalimat sanggahan dalam debat! 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Iklan

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kalimat sanggahan ialah merupakan kalimat yang digunakan untuk menolak sebuah ide, gagasan, maupun pendapat namun disusun menggunakan kesan persetujuan. Penyusunan kalimat penolakan dengan kesan persetujuan ini ditujukan untuk menimbulkan kesan sopan atau menghilangkan konotasi kasar dari penolakan. Ungkapan sanggahan tidak lain berisi penolakan terhadap gagasan yang diutarakan disertai dengan argumen yang di dukung penolakan tersebut. Argumen atau alasan yang disertakan juga memungkinkan penerimaan penolakan. Ciri khas dari kalimat sanggahan adalah adanya kata-kata “tetapi”, “akan tetapi”, “namun”, dan kata sambung pertentangan yang lainnya. Berikut ini merupakan beberapa contoh kalimat sanggahan: Kami pada dasarnya setuju dengan ide walikota. Namun yang lebih penting adalah memasukkan nilai-nilai agama dalam setiap aktivitas. Menurut kami, alasan yang diberikan oleh Frater Zainal sangat mengesankan. Namun ada beberapa aspek evaluasi yang tidak dimasukkan. Saya sejalan dengan pemikiran mengenai berpendapat adalah hak setiap orang, akan tetapi kita tetap harus memperhatikan batasan-batasan yang berlaku. Menurut kami, alasan yang dikemukakan saudara Bagus sangat memukau. Namun ada beberapa aspek penilaian yang tidak diikutsertakan di dalamnya. Sebenarnya kami tidak setuju dengan rencana Kepala Desa mencalonkan kembali pada pemilihan Kades tahun ini, akan tetapi itu juga merupakan hak setiap orang untuk berkontribusi dalam pemilihan ini, baik sebagai pemilih atau orang yang dipilih.

Kalimat sanggahan ialah merupakan kalimat yang digunakan untuk menolak sebuah ide, gagasan, maupun pendapat namun disusun menggunakan kesan persetujuan. Penyusunan kalimat penolakan dengan kesan persetujuan ini ditujukan untuk menimbulkan kesan sopan atau menghilangkan konotasi kasar dari penolakan. Ungkapan sanggahan tidak lain berisi penolakan terhadap gagasan yang diutarakan disertai dengan argumen yang di dukung penolakan tersebut. Argumen atau alasan yang disertakan juga memungkinkan penerimaan penolakan. Ciri khas dari kalimat sanggahan adalah adanya kata-kata “tetapi”, “akan tetapi”, “namun”, dan kata sambung pertentangan yang lainnya. Berikut ini merupakan beberapa contoh kalimat sanggahan:

  • Kami pada dasarnya setuju dengan ide walikota. Namun yang lebih penting adalah memasukkan nilai-nilai agama dalam setiap aktivitas.
  • Menurut kami, alasan yang diberikan oleh Frater Zainal sangat mengesankan. Namun ada beberapa aspek evaluasi yang tidak dimasukkan.
  • Saya sejalan dengan pemikiran mengenai berpendapat adalah hak setiap orang, akan tetapi kita tetap harus memperhatikan batasan-batasan yang berlaku.
  • Menurut kami, alasan yang dikemukakan saudara Bagus sangat memukau. Namun ada beberapa aspek penilaian yang tidak diikutsertakan di dalamnya.
  • Sebenarnya kami tidak setuju dengan rencana Kepala Desa mencalonkan kembali pada pemilihan Kades tahun ini, akan tetapi itu juga merupakan hak setiap orang untuk berkontribusi dalam pemilihan ini, baik sebagai pemilih atau orang yang dipilih.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Teks Debat

Unsur-Unsur Debat

Kebahasaan Teks Debat

Menganalisis Teks Debat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

11rb+

Septia Putri

Bantu banget

Kirana

Bantu banget

Wudell bodongg

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tahapan terakhir yang harus dilakukan oleh pihak yang berdebat adalah ....

421

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia