Roboguru

Berikan alasanmu mengapa organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan nasional?

Pertanyaan

Berikan alasanmu mengapa organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan nasional?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pendirian organisasi Boedi Oetomo dilatarbelakangi kondisi ekonomi buruk di Jawa. Dr. Wahidin berkeliling Pulau Jawa untuk menggalang dana pendidikan. Usahanya tidak mendapatkan respon positif dari Belanda, namun usahanya mendorong pelajar STOVIA di Jakarta untuk mendirikan organisasi. Boedi Oetomo merupakan organisasi modern pertama yang memiliki AD/ART dan bersifat nasional, berdiri pada 20 Mei 1908, dan memiliki unsur organisasi lengkap. Organisasi ini dipelopori Dr. Wahidin Sudirahusodo dan mahasiswa STOVIA yang bertujuan mencapai kemajuan Jawa dan Madura melalui pendidikan. Boedi Oetomo menggabungkan diri ke dalam Partai Indonesia Raya pada tahun 1935. Meski demikian, organisasi ini menjadi inspirasi lahirnya organisasi nasional lainnya.

Dengan demikian, alasan organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan nasional karena merupakan organisasi modern pertama yang memiliki AD/ART dan memberikan inspirasi kepada kaum nasionalis lainnya untuk berjuang dengan basis organisasi modern.Budi Oetomo menjadi organisasi kebangsaan modern pertama yang memiliki AD/ART. Hal tersebut menunjukan munculnya kalangan berpendidikan yang mendorong perubahan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tanggal kelahiran Budi Utomo 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional karena Budi Utomo merupakan....

Pembahasan Soal:

Sejak masuknya masa Pergerakan Nasional, Indonesia memasuki babak baru dalam sejarah. Perlawanan bangsa Indonesia sudah tidak lagi bersifat kedaerahan dan masih menggunakan perlawanan fisik seperti perang. Pada masa Pergerakan Nasional banyak organisasi yang lahir untuk melawan penjajahan Belanda melalui tulisan atau organisasi. Budi Utomo adalah organisasi bangsa Indonesia pertama yang akhirnya memberikan inspirasi lahirnya organisasi-organisasi nasional lainnya. Itulah mengapa tanggal lahirnya Budi Utomo (20 Mei) diperingati menjadi Hari Kebangkitan Nasional.

0

Roboguru

Jelaskan peran pergerakan organisasi berikut dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia! No Pergerakan/Organisasi Peranan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia ...

Pembahasan Soal:

Kebangkitan nasional adalah bangkitnya semangat atau spirit nasionalisme, patriotisme, rasa persatuan dan kesatuan, diikat dengan kesadaran berbangsa untuk memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia. Peran dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia melalui kebangkitan nasional ini adalah dibentuknya organisasi-organisasi pergerakan nasional sebagai sebuah bentuk kesadaran politik untuk melakukan perjuangan menuju kemerdekaan. Momen kebangkitan nasional diawali dengan dibentuknya organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 oleh mahasiswa STOVIA di Jakarta. Jadi, kebangkitan nasional adalah kesadaran nasional, persatuan dan kesatuan.

0

Roboguru

Organisasi modern pertama yang ada di Indonesia adalah….

Pembahasan Soal:

Organisasi modern pertama yang ada di Indonesia adalah Budi Utomo. Organisasi ini didirikan pada tanggal 20 Mei 1908. Tokoh-tokoh yang mempeloporinya adalah dr. Wahidin Sudirahusodo, dan mahasiswa STOVIA yaitu dr. Sutomo, serta Gunawan Mangunkusumo. Organisasi Budi Utomo memiliki tujuan mencapai kemajuan bangsa Jawa dan Madura. Tujuan Budi Utomo tersebut membuat lingkup keanggotaan organisasi terbatas hanya bagi orang Jawa dan Madura. Demi mencapai tujuan organisasi, Budi Utomo bergerak pada bidang pendidikan melalui program penggalangan dana pendidikan serta bidang kebudayaan melalui pengembangan kebudayaan Jawa.

0

Roboguru

Sebutkan isi atau hasil dari kongres Sarekat Islam keempat....

Pembahasan Soal:

Kongres Nasional Sarekat Islam Keempat dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 26 Oktober sampai 2 Nopember 1919. Keputusan kongres meliputi :
1. Memutuskan semua Sarekat Sakerja dalam suatu ikatan federasi Revolusioner Sosialistische Vakcentrale.
2. Mengadakan beberapa komite penyelidik untuk mempelajari soal-soal yang penting bagi pergerakan rakyat

Dengan demikian, isi atau hasil dari kongres Sarekat Islam keempat adalah Sarekat Islam adalah semua Sarekat Sakerja dalam suatu ikatan federasi Revolusioner Sosialistische Vakcentrale. 

0

Roboguru

Di bawah ini adalah nama-nama pendiri Budi Utomo, kecuali....

Pembahasan Soal:

Budi Utomo menjadi sebuah organisasi awal dari pergerakan nasional di Indonesia. Budi Utomo berdiri pada tanggal 20 Mei 1908 dan menjadi organisasi modern pertama di Indonesia. Budi Utomo diambil dari bahasa Sansekerta bodhi atau budhi yang berarti keterbukaan jiwa, pikiran, akal, atau pengadilan. Beberapa pendiri Budi Utomo merupakan pelajar dari School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA). Berikut tokoh pendiri Budi Utomo: Dokter Wahidin Sudirohusodo, Dokter Sutomo, Soeradji, Gunawan Mangunkusumo, Goembrek.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved