Roboguru

Beri keterangan nama bagian yang ditunjuk!

Pertanyaan

Beri keterangan nama bagian yang ditunjuk!space 

 

Pembahasan Soal:

No

Nama Bagian

1

Glomerulus

2

Kapsula Bowman

3

Tubulus Kontortus Proksimal

4

Tubulus Lengkung Henle

5

Tubulus Kontortus Distal

6

Tubulus Kolektivus

Glomerulus dan Kapsula Bowman berfungsi dalam filtrasi. TK proksimal dan Lengkung Henle berperan dalam reabsobsi. TK distal berperan dalam augmentasi. Tubulus kolektivus mengumpulkan urin yang sudah diproduksi.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Ridho

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah nefron itu dan berapa perkiraan jumlahnya pada ginjalmu?

Pembahasan Soal:

Nefron adalah unit fungsional terkecil dari ginjal yang terdiri atas tubulus kontortus proximal, tubulus kontortus distal dan duktus koligentes. Masing-masing ginjal manusia terdiri dari kurang lebih 1 juta nefron, masing-masing mampu membentuk urin. Ginjal tidak dapat membentuk nefron baru, oleh karena itu jika ada kerusakan nefron karena trauma ginjal atau penyakit ginjal jumlah nefron akan turun bertahap. Jumlah nefron berfungsi akan menurun kira-kira 10% setiap 10 tahun. space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar nefron dibawah ini! Proses yang terjadi pada X adalah ....

Pembahasan Soal:

Bagian X adalah glomerulus tempat terjadinya proses filtrasi. Filtrasi adalah proses penyaringan darah yang mengandung zat-zat sisa metabolisme yang dapat menjadi racun bagi tubuh. Filtrasi terjadi di glomerulus dan kapsul bowman yang menghasilkan filtrat gromerulus atau urin primer. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.  

0

Roboguru

Perhatikan gambar proses pembentukan urine dibawah ini! Analisislah proses pembentukan urin pada manusia berdasarkan gambar tersebut serta hubungkan dengan kebiasaan kalian dalam melakukan pola hid...

Pembahasan Soal:

Proses pembentukan urin terjadi dalam tiga tahap yaitu:

  1. Filtrasi
    Penyaringan eritrosit pada glomerulus yang akan menghasilkan urin primer.
  2. Reabsorbsi
    Penyerapan kembali zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh pada tubulus kontortus proksimal dan menghasilkan urin sekunder.
  3. Augmentasi
    Penambahan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh seperti hasil sisa metabolisme di tubulus kontortus distal dan menghasilkan urin sesungguhnya.

Proses pembentukan urin ini memiliki beberapa faktor dalam produksinya seperti ketika kita tidak mengonsumsi air yang cukup maka akan menghasilkan urin yang lebih gelap, bau yang menyengat, dan jumlah yang lebih sedikit.

0

Roboguru

Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Dalam menjalankan fungsinya untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin, ginjal t...

Pembahasan Soal:

Bagian ginjal yang ditunjuk adalah medula. Medula merupakan jaringan halus yang terdapat di dalam ginjal. Struktur medula terdiri atas piramida ginjal yang meliputi nefron dan tubulus, serta saluran medula. Tubulus berfungsi untuk mengangkut cairan tubuh dan darah menuju ginjal.

Setelah cairan zat limbah dan racun di dalam darah disaring, maka ginjal akan mengeluarkan zat-zat tersebut melalui urine. Urine ini kemudian akan dialirkan menuju saluran ureter di bagian pelvis ginjal.

0

Roboguru

Perhatikan gambar nefron berikut! Peristiwa yang terjadi pada bagian yang ditunjuk oleh huruf x adalah

Pembahasan Soal:

Nefron adalah struktur fungsional ginjal yang berperan sebagai tempat pembentukan urine. Di dalam nefron terdapat beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing, bagian-bagian tersebut diantaranya adalah:

  • Glomerulus adalah pembuluh kapiler yang berperan sebagai tempat penyaringan darah (filtrasi) dan menghasilkan urine primer.
  • Kapsula Bowman berfungsi untuk mengumpulkan urine primer hasil penyaringan di glomerulus.
  • Tubulus kontortus proksimal menjadi tempat proses penyerapan kembali (reabsorbsi) zat-zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh.
  • Lengkung henle adalah tempat ginjal mengontrol kadar air di dalam darah dengan cara menyerap kembali air, garam, dan sodium klorida dari urin sekunder.
  • Tubulus kontortus distal tempat terjadinya augmentasi yaitu penambahan zat-zat yang sudah tidak diperlukan tubuh ke dalam urine sehingga menghasilkan Urine sesungguhnya.
  • Tubulus kolektivus adalah saluran yang mengumpulkan urine sesungguhnya dari nefron, untuk disalurkan ke pelvis menuju kandung kemih.

Pada soal tersebut, tanda panah X menunjuk pada tubulus kontortus distal, akan tetapi tidak ada opsi jawaban yang sesuai dimana seharusnya proses yang terjadi adalah augmentasi dan menghasilkan urin sesungguhnya. Namun, jawaban yang paling mungkin adalah jawaban E karena hasil dari proses augmentasi berupa urin sesungguhnya kemudian akan dialirkan ke tubulus kolektivus.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved