Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan wacana berikut,

   Lahan pertanian di sebagian besar sentra produksi bawang merah sudah rusak "Ada sekitar 50% sawah yang nrusak akibat terpengaruh pestisida", Beberapa indikator kerusakan lahan adalah kemampuan menyerap air yang masih rendah dan kadar keasaman (pH) tanah cukup rendah yakni 4-5, kata Edy Kusmartono, Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Brebes (Tempo.CO, Rabu, 10 Agustus 2016).

   Kemasaman tanah merupakan salah satu masalah utama bagi pertumbuhan tanaman karena pada tanah dengan pH lebih rendah dari 4,5 dalam sistem tanah akan terjadi perubahan kimia sebagai berikut : (a) Aluminium menjadi lebih larut dan beracun untuk tanaman; (b) Sebagian besar hara tanaman menjadi kurang tersedia bagi tanaman, sedangkan beberapa hara mikro menjadi lebih larut dan beracun; (c) penurunan hasil tanaman; (d) mempengaruhi fungsi penting biota tanah yang bersimbiosis dengan tanaman. Kondisi ini sangat merugikan bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Berdasarkan wacana tersebut untuk mengembalikan kesuburan tanah (pH berkisar antara 6.5- 7,5), tanah pertanian dapat dicampur dengan senyawa...

Berdasarkan wacana tersebut untuk mengembalikan kesuburan tanah (pH berkisar antara 6.5- 7,5), tanah pertanian dapat dicampur dengan senyawa...

  1. Cao (kapur)

  2. NH3

  3. CO(NH2)2

  4. NH4(SO4)2

  5. NaOH

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Tanah yang baik memiliki tingkat keasaman yang seimbang. Untuk diketahui, pH normal tanah berada di kisaran 6-8 atau kondisi terbaik memiliki pH 6,5 sampai 7,5. Tanah dengan tingkat pH yang netral memungkinkan untuk tersedianya berbagai unsur kimiawi tanah yang seimbang. Untuk tanah yang terlalu asam diperlukan proses pengapuran yang tujuannya untuk mengembalikan pH tanah ke kondisi netral. Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah A.

Tanah yang baik memiliki tingkat keasaman yang seimbang. Untuk diketahui, pH normal tanah berada di kisaran 6-8 atau kondisi terbaik memiliki pH 6,5 sampai 7,5. Tanah dengan tingkat pH yang netral memungkinkan untuk tersedianya berbagai unsur kimiawi tanah yang seimbang. Untuk tanah yang terlalu asam diperlukan proses pengapuran yang tujuannya untuk mengembalikan pH tanah ke kondisi netral.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah A.

 

Latihan Bab

Konsep pH dan pOH

Kekuatan dan pH Asam Kuat dan Asam Lemah

Kekuatan dan pH Basa Kuat dan Basa Lemah

Indikator Asam-Basa

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Senyawa asam-basa yang menggantikan DDT sebagai insektisida yaitu ….

29

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia