RoboguruRoboguru
SD

Berdasarkan teks tersebut, tentukan kalimat utama paragraf ketiga!

Pertanyaan

Cermatilah teks berikut dengan saksama.
 

lklim Makin Panas, Ucapkan Selamat Tinggal pada Hewan Berbulu Putih

    Hewan-hewan berbulu putih yang tinggal di antara salju mungkin sebentar lagi hanya tinggal dongeng saja. National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menandai April 2018 lalu sebagai bulan ke-400 yang mana suhu Bumi berada di atas rata-rata. Hal ini sangat berdampak bagi makhluk hidup di Bumi. Seiring suhu yang terus meningkat, semakin banyak pula salju yang akan mencair. Semakin sedikit salju berarti hewan berbulu putih yang berkamuflase pada salju tidak lagi memiliki tempat bersembunyi. Dengan kata lain, mereka akan lebih mudah ditemukan dan diburu oleh para predator.

    Dalam sebuah penelitian yang dirilis pada hari Kamis (24/5/2018) di Scientific Reports, tim peneliti dari Akademi llmu Pengetahuan Polandia menunjukkan studi mereka terhadap musang putih yang tinggal di hutan Bialowieza, Polandia. Peneliti mencatat, musang yang dikenal dengan nama Mustela nivalis ini jumlahnya makin menurun seiring dengan berkurangnya salju. Temuan tersebut berdasarkan perbandingan data cuaca Hutan Bialowieza yang dilakukan dari tahun 1967.

    Berdasarkan data tersebut, secara historis lapisan salju selalu menghilang sekitar tanggal 16 Maret. Namun, sekarang Iapisan salju menghilang tiga minggu lebih awal dibandingkan dengan biasanya. Selain itu, hutan biasanya ditutupi dengan salju permanen sekitar 80 hari, sekarang hanya sekitar 30 hari. Tak mengherankan jika musang putih yang dulu banyak ditemui, kini dapat dengan mudahnya terlihat di antara lingkungan hutan.

    Musang putih bukan satu-satunya hewan yang bermasalah. Tingkat kelangsungan hidup kelinci snowshoe putih, contohnya, menurun sebanyak 9,8--6,5 persen ketika mereka berada di lanskap tanpa salju. Rubah arktik putih pun makin sering terlihat berkeliaran di lanskap cokelat dan hijau. Hal ini membuat kelangsungan hidup mereka juga terancam. Dalam beberapa dekade terakhir, jumlah penelitian mengenai adaptasi mamalia terhadap perubahan kondisi lingkungan meningkat tajam. Hal ini disebabkan perubahan iklim yang memengaruhi kematian beberapa jenis spesies akibat kesulitan berkamuflase. Berkurangnya spesies tentu juga secara langsung akan memengaruhi kelimpahan, serta distribusi dari hewan-hewan tersebut di berbagai wilayah.

(Sumber: sains.kompas.com)space

Berdasarkan teks tersebut, tentukan kalimat utama paragraf ketiga!space 

F. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kalimat utama dalam paragraf di atas ialah “Berdasarkan data tersebut, secara historis lapisan salju selalu menghilang sekitar tanggal 16 Maret.” space 

Pembahasan

    Teks eksposisi adalah suatu paragraf atau tulisan berisi informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat, dan disertai dengan pendapat (argumen) penulis.. Selain itu, teks eksposisi juga dapat diartikan sebagai teks yang memiliki fungsi menyampaikan gagasan atau pemikiran tentang suatu topik tertentu. Infomasi yang disampaikan dalam teks eksposisi diperoleh berdasarkan fakta atau kejadian yang benar-benar terjadi.

    Kalimat utama adalah kalimat yang berisi pokok pikiran utama atau ide pokok utama dan menjadi dasar untuk mengembangkan paragraf. Umumnya, kalimat utama berada di awal paragraf. Meskipun demikian, ada juga kalimat utama yang terletak di akhir paragraf atau pun di awal dan akhir paragraf.

    Kalimat utama memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
 

  1. Kalimat utama mengandung topik permasalahan yang dapat dijelaskan lebih lanjut dalam kalimat setelahnya.
  2. Kalimat utama biasanya berupa kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri.
  3. Kalimat utama memiliki arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain.
     

    Gagasan pokok disebut juga gagasan umum, ide pokok, gagasan utama, pikiran utama, pokok pembiacaraan, tema, atau topik. Gagasan pokok berperan menjadi pengendali suatu paragraf dan menjadi dasar dalam mengembangkan paragraf. Dalam hal ini, gagasan pokok merupakan pokok permasalahan yang dibahas dalam suatu paragraf. Oleh karena itu, gagasan pokok biasanya dapat merupakan suatu simpulan dalam paragraf.

    Gagasan pokok dapat ditemukan dalam kalimat utama. Biasanya, gagasan pokok dinyatakan secara eksplisit (tersurat dengan gamblang) dalam kalimat utama. Gagasan pokok dapat ditemukan dengan menghilangkan atau membuang kata-kata tidak penting dalam kalimat utama.

    Kalimat utama dalam paragraf di atas ialah “Berdasarkan data tersebut, secara historis lapisan salju selalu menghilang sekitar tanggal 16 Maret.”

    Dengan demikian, kalimat utama dalam paragraf di atas ialah “Berdasarkan data tersebut, secara historis lapisan salju selalu menghilang sekitar tanggal 16 Maret.” space 

3

1.0 (1 rating)

Heni Panesa

Jawaban tidak sesuai

Pertanyaan serupa

Ketidakpaduan paragraf di atas ditunjukkan oleh kalimat nomor ....

78

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia