Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


Jakarta Monorel: Buka Jalan Efisiensi Energi

    Kemacetan lalu lintas tak hanya identik dengan Jakarta. Di Surabaya, Bandung, Medan, dan beberapa kota besar lain di Indonesia, kemacetan juga acap menyergap di jam-jam sibuk. Intinya, kemacetan sudah menjadi menu utama di kota-kota besar.

    Sayangnya, kondisi itu dapat memburuk. Pemborosan energi triliunan rupiah terus terjadi sepanjang tahun. Lihat saja, setiap tahun, sekitar satu juta mobil dan enam juta sepeda motor baru dikemudikan dan semakin menyesaki jalanan. Jakarta sendiri diproyeksi akan mengalami kemacetan parah pada tahun 2016 atau 2017. Kota-kota lain diproyeksi mengalami nasib serupa dalam waktu yang tidak lama.

    Proyeksi tersebut tentu saja akan menjadi kenyataan jika kota-kota besar di Indonesia tidak segera mengembangkan sarana transportasi publik yang memadai sehingga bisa mendorong masyarakat untuk beralih dari mobil dan sepeda motor pribadi ke transportasi massal. Ortus Holding, induk usaha yang sebelumnya membawahkan sejumlah perusahaan bidang energi dan logistik, kini juga menyasar infrastruktur transportasi massal. Melalui PT Jakarta Monorail, Ortus digandeng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun jaringan transportasi monorel di ibu kota.

    Kami ingin memastikan bahwa proyeksi macet total yang menjadi bencana lalu lintas itu dapat dihindari. Jakarta sudah seharusnya dan telah tepat melakukan pembangunan transportasi monorel. Ke depannya, monorel akan menjadi pilot project (proyek percontohan) di Indonesia. Ini mematahkan anggapan bahwa monorel itu hanya urban myth (mitos perkotaan) karena selama bertahun-tahun gagal dibangun. Jika hal ini berhasil direalisasikan di Jakarta, kota-kota besar lainnya pasti akan segera menyusul. 

Sumber: Kompasspace  

Berdasarkan teks tersebut, anjuran yang tepat untuk mengatasi kemacetan adalah ...space 

  1. Masyarakat harus sadar diri dan mulai menggunakan angkutan massal.space 

  2. Kota besar membangun monorel sebagai angkutan massal.space 

  3. Saat bepergian, gunakanlah sepeda motor, bukan mobil.space 

  4. Bepergian sebaiknya jangan pada saat jam sibuk.space 

  5. Hindari bepergian menggunakan mobil pribadi.space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.space 

Pembahasan

Teks eksposisi berisi uraian yang mengemukakan maksud dan tujuan tertentu berdasarkan terjadinya suatu masalah disertai argumen dan bukti yang mendukung. Anjuran merupakan solusi atau saran untuk menyelesaikan masalah berdasarkan pembahasan yang didukung fakta-fakta.

Berdasarkan teks tersebut, anjuran yang tepat untuk mengatasi kemacetan yaitu dengan cara tidak bepergian pada saat jam sibuk. Pembuktian pernyataan tersebut mengarah pada paragraf pertama "Di Surabaya, Bandung, Medan, dan beberapa kota besar lain di Indonesia, kemacetan juga acap menyergap di jam-jam sibuk." Kalimat tersebut merupakan solusi, saran, atau anjuran agar tidak terjadi kemacetan. Dengan demikian, anjuran yang tepat untuk mengatasi kemacetan adalah "Bepergian sebaiknya jangan pada saat jam sibuk."

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space 

648

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

(1) Hasil perhitungan sementara menunjukkan bahwa Rp 3-4 triliun dapat digunakan untuk menutupi kebutuhan operasional di PTN. (2) Angka sebesar itu dapat menutupi biaya di luar SPP, di antaranya uang ...

48

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia