Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati penggalan teks sastra berikut!


Teks 1
Di area pesawahan seorang petani tampak berdiri sambil memandangi tanaman jagung. Sudah sebulan lebih tanaman jagung tersebut ia tanam. Kini tanaman jagung itu sudah mulai tampak menghijau. Setelah berkeliling di antara petak-petak sawahnya, matanya terhenti pada rumput-rumput liar di antara tanaman jagung. Tanpa menunggu lama, Pak Saleh menyingsingkan lengan bajunya. Ia turun ke sawah dan menyiangi rerumputan di sela tanaman jagung.

Teks 2
Dita dan keluarga tinggal di lereng Gunung Arjuna, Kabupaten Malang. Ayah Dita seorang petani sayur. Potensi tanah subur dan berhumus membuat Ayah Dita dan penduduk lain di daerah tersebut memanfaatkan lahan secara optimal. Jadi, sebagian besar masyarakat di lereng Gunung Arjuna memiliki pekerjaan sebagai petani sayuran.space 

Sumber: Buku Siswa Tema 8 Kelas 4

Berdasarkan teks sastra di atas, jelaskan persamaan dan perbedaan dari kedua cerita tersebut!

Berdasarkan teks sastra di atas, jelaskan persamaan dan perbedaan dari kedua cerita tersebut!space 

Iklan

N. Novitasari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

persamaan kedua teks di atas adalah kedua teks tersebut bertemakan lingkungan, sedangkan perbedaan teks di atas adalah teks pertama menceritakan tentang petani jagung dan teks kedua menceritakan tentang petani sayur.

persamaan kedua teks di atas adalah kedua teks tersebut bertemakan lingkungan, sedangkan perbedaan teks di atas adalah teks pertama menceritakan tentang petani jagung dan teks kedua menceritakan tentang petani sayur.space 

Iklan

Pembahasan

Persamaan kedua teks di atas adalah kedua teks tersebut bertemakan lingkungan, sedangkan perbedaan teks di atas adalah teks pertama menceritakan tentang petani jagung dan teks kedua menceritakan tentang petani sayur. Hal tersebut dapat dilihat pada kalimatIa turun ke sawah dan menyiangi rerumputan di sela tanaman jagung (Teks I) danAyah Dita seorang petani sayur (Teks 2). Dengan demikian, persamaan kedua teks di atas adalah kedua teks tersebut bertemakan lingkungan, sedangkan perbedaan teks di atas adalah teks pertama menceritakan tentang petani jagung dan teks kedua menceritakan tentang petani sayur.

Persamaan kedua teks di atas adalah kedua teks tersebut bertemakan lingkungan, sedangkan perbedaan teks di atas adalah teks pertama menceritakan tentang petani jagung dan teks kedua menceritakan tentang petani sayur. Hal tersebut dapat dilihat pada kalimat Ia turun ke sawah dan menyiangi rerumputan di sela tanaman jagung (Teks I) dan Ayah Dita seorang petani sayur (Teks 2).

Dengan demikian, persamaan kedua teks di atas adalah kedua teks tersebut bertemakan lingkungan, sedangkan perbedaan teks di atas adalah teks pertama menceritakan tentang petani jagung dan teks kedua menceritakan tentang petani sayur.space 

Latihan Bab

Tema 8 Subtema 1: Lingkungan Tempat Tinggalku

Tema 8 Subtema 2: Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Tema 8 Subtema 3: Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

118

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita berjudul Kisah Putri Tangguk 1. Apa jenis cerita fiksi berjudul Kisah Putri Tangguk?

163

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia