Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati teks berikut.


....

Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti jaman sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus.space 

Berdasarkan teks di atas, temukan tiga kosakata tidak baku.Kemudian, ubahlah menjadi kosakata baku!

Berdasarkan teks di atas, temukan tiga kosakata tidak baku. Kemudian, ubahlah menjadi kosakata baku!space 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tiga kosakata tidak baku (dari tujuh) antara lain jaman (zaman), moderen (modern), dan dipake (dipakai).

tiga kosakata tidak baku (dari tujuh) antara lain jaman (zaman), moderen (modern), dan dipake (dipakai).space 

Iklan

Pembahasan

Kosakata tidak baku adalahkosakata yang tidak sesuai dengan kaidah yang dibakukan (berupa pedoman ejaan, tata bahasa baku, maupunkamus umum/KBBI). Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia , kosakata yang tidak baku pada teks di atas adalah sebagai berikut. "Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti jaman sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus." Terdapat tujuh penulisan kosakata tidak baku pada teks itu. Jika direvisi, teksnya akan menjadi seperti di bawah ini. "Pernahkah terbayang olehmu bagaimana manusia membuat tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti zaman sekarang dengan proses pembuatan yang lebih modern? Zaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipakai untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus." Pada akhir kalimat ke-2 seharusnya juga dibubuhkan spasi setelah tanda tanya. Dengan demikian, tiga kosakata tidak baku (dari tujuh) antara lain jaman (zaman), moderen (modern), dan dipake (dipakai).

Kosakata tidak baku adalah kosakata yang tidak sesuai dengan kaidah yang dibakukan (berupa pedoman ejaan, tata bahasa baku, maupun kamus umum/KBBI). Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, kosakata yang tidak baku pada teks di atas adalah sebagai berikut.

"Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti jaman sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus."

Terdapat tujuh penulisan kosakata tidak baku pada teks itu. Jika direvisi, teksnya akan menjadi seperti di bawah ini.

"Pernahkah terbayang olehmu bagaimana manusia membuat tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti zaman sekarang dengan proses pembuatan yang lebih modern? Zaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipakai untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus."

Pada akhir kalimat ke-2 seharusnya juga dibubuhkan spasi setelah tanda tanya.

Dengan demikian, tiga kosakata tidak baku (dari tujuh) antara lain jaman (zaman), moderen (modern), dan dipake (dipakai).space 

Latihan Bab

Tema 3 Subtema 1: Penemu yang Mengubah Dunia

Tema 3 Subtema 3: Ayo, Menjadi Penemu

Tema 3 Subtema 2: Penemuan dan Manfaatnya

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

323

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ejaan yang tepat untuk kata yang bergaris bawah adalah ....

387

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia