Pertanyaan

Bacalah teks cerpen berikut!

    Kong Jiman akan memberi makan ayam-ayamnya. Seperti biasa, setelah ayam berkumpul dia menghitung ayamnya terlebih dahulu.
    "Jali ... Jali ... Jali ..!" terikannya.
    "Ya, Kong," seru Jali muncul dari pintu belakang.
    "Ini si Bangor ke mana!" kata Kong Jiman menyebut ayam jagonya yang paling besar.
    "Sore ada. Jali yang masukin kandang," kata Jali sambil mengamati ayam-ayam yang sedang nunggu diawur makanan.
    "Kong, nggak mau tau lo cari pe ketemu," kata Kong Jiman.undefined 

Berdasarkan struktur teks tersebut merupakan bagian ....

Berdasarkan struktur teks tersebut merupakan bagian .... 

  1. Orientasiundefined 

  2. Rangkaian peristiwaundefined 

  3. Komplikasiundefined 

  4. Resolusiundefined 

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan

Cerita pendek atau yang dikenal dengan singkatan 'cerpen' merupakan sebuah teks yang biasanya menggambarkan atau menceritakan kisah fiktif dengan tema kehidupan sehari - hari. Sesuai dengan pengertian KBBI, cerpen dibuat tidak lebih dari 10.000 kata. Cerpen pada umumnya menceritakan konflik atau permasalahan pada tokoh utamanya, namun memiliki alur cerita yang pendek. Terdapat 6 unsur yang membangun struktur teks cerpen, yaitu : Abstrak Pendahuluan yang menyatakan serangkaian peristiwa yang menjadi inti pokok cerpen atau gambaran umum mengenai teks cerpen. Unsur ini bisa tidak ada dalam suatu teks cerpen (opsional) Orientasi Latar cerita pendek yang menggambarkan waktu, tempat, dan suasana berdasarkan alur ceritanya Komplikasi Titik di mana tokoh utama mulai mengalami permasalahan atau konflik yang bermunculan, biasanya peristiwa - peristiwa permasalahan tersebut ditulis menggunakan hubungan sebab - akibat Evaluasi Suatu bagian di mana sang tokoh utama sudah mencapai puncak atau klimaks dari permasalahan yang dialaminya dan sudah mulai mendapat titik terang Resolusi Pengarang mengungkapkan solusi terhadap masalah yang dialami tokoh dalam cerpen. Koda Bagian akhir atau penutup dari cerpen. Berisi tentang amanat yang dituliskan oleh pengarang kepada pembaca Berdasarkan strukturnya, teks tersebut merupakan bagian komplikasi. Komplikasi adalah titik di mana tokoh utama mulai mengalami permasalahan atau konflik yang bermunculan. Pada kutipan teks tersebut, terdapat dialog yang memperlihatkan mengenai permasalahan awal yang mulai muncul dari tokoh utama, yaitu hilangnya ayam jago milik Kong Jiman. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Cerita pendek atau yang dikenal dengan singkatan 'cerpen' merupakan sebuah teks yang biasanya menggambarkan atau menceritakan kisah fiktif dengan tema kehidupan sehari - hari. Sesuai dengan pengertian KBBI, cerpen dibuat tidak lebih dari 10.000 kata. Cerpen pada umumnya menceritakan konflik atau permasalahan pada tokoh utamanya, namun memiliki alur cerita yang pendek.

Terdapat 6 unsur yang membangun struktur teks cerpen, yaitu :

  1. Abstrak
    Pendahuluan yang menyatakan serangkaian peristiwa yang menjadi inti pokok cerpen atau gambaran umum mengenai teks cerpen. Unsur ini bisa tidak ada dalam suatu teks cerpen (opsional)
  2. Orientasi
    Latar cerita pendek yang menggambarkan waktu, tempat, dan suasana berdasarkan alur ceritanya
  3. Komplikasi
    Titik di mana tokoh utama mulai mengalami permasalahan atau konflik yang bermunculan, biasanya peristiwa - peristiwa permasalahan tersebut ditulis menggunakan hubungan sebab - akibat
  4. Evaluasi
    Suatu bagian di mana sang tokoh utama sudah mencapai puncak atau klimaks dari permasalahan yang dialaminya dan sudah mulai mendapat titik terang
  5. Resolusi
    Pengarang mengungkapkan solusi terhadap masalah yang dialami tokoh dalam cerpen.
  6. Koda
    Bagian akhir atau penutup dari cerpen. Berisi tentang amanat yang dituliskan oleh pengarang kepada pembaca

Berdasarkan strukturnya, teks tersebut merupakan bagian komplikasi. Komplikasi adalah titik di mana tokoh utama mulai mengalami permasalahan atau konflik yang bermunculan. Pada kutipan teks tersebut, terdapat dialog yang memperlihatkan mengenai permasalahan awal yang mulai muncul dari tokoh utama, yaitu hilangnya ayam jago milik Kong Jiman.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

502

5.0 (1 rating)

Samen Mbois

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan penggalan cerita berikut. Aku tertegun kenapa Hariz mengingatkanku? Kalau mau jujur, sesungguhnya sudut hatiku yang terdalam merasa amat sedih. Bermain berpasangan dalam bulu tan...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia