Roboguru

Berdasarkan prinsip terjadinya ikatan kimia saat di kelas X, prediksikan jenis ikatan kimia (ikatan ion kovalen/ logam) yang dapat dibentuk oleh atom karbon dengan nomor atom 6 dan Atom H dengan nomor atom 1! (Petunjuk: Tulis konfigurasi elektronnya teriebih dahulu, lalu tentukan elektron valensinya. Hubungkan dengan prinsip oktet)

Pertanyaan

Berdasarkan prinsip terjadinya ikatan kimia saat di kelas X, prediksikan jenis ikatan kimia (ikatan ion kovalen/ logam) yang dapat dibentuk oleh atom karbon dengan nomor atom 6 dan Atom begin mathsize 14px style H end style dengan nomor atom 1!
(Petunjuk: Tulis konfigurasi elektronnya teriebih dahulu, lalu tentukan elektron valensinya. Hubungkan dengan prinsip oktet)

Pembahasan:

struktur lewis merupakan penggambaran distribusi elektron dalam suatu struktur molekul dengan menggunakan tanda elektron. Tanda elektron yang biasa digunakan biasanya berupa tanda titik(.) dan tanda silang (x). 

suatu atom agar stabil maka ia cenderung untuk membentuk konfigurasi elektron yang sama dengan gas mulia. Hal ini dilakukan dengan cara melepas atau menerima elektron dari atom lain agar dapat memenuhi aturan oktet atau duplet sehingga membentuk sebuah ikatan kimia.

ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karena pemakaian bersama pasangan elektron ikatan.

Konfigurasi elektron

begin mathsize 14px style C presubscript 6 presuperscript blank equals 2 right parenthesis space 4 H presubscript 1 presuperscript blank equals 1 end style 

Elektron valensi atom karbon adalah 4, agar stabil memenuhi aturan oktet, maka atom C butuh 4 elektron lagi, sedangkan elektron valensi atom hidrogen adalah 1, agar stabil memenuhi aturan duplet, maka atom H butuh 1 elektron lagi. Oleh karena itu atom C memakai bersama sepasang elektron ikatan dengan 4 atom H, sehingga terbentuk ikatan kovalen. struktur lewisnya sebagai berikut :


  

Jadi, ikatan yang terbentuk antara atom C dengan atom H adalah ikatan kovalen. space 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 25 November 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar struktur lewis beberapa senyawa berikut!   Berdarsarkan gambar tersebut senyawa yang tidak mengikuti kaidah oktet adalah ....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved