Roboguru

Berdasarkan penggalan teks drama tersebut, tuliskan 3 nama tokoh dan watak dari tokoh tersebut dengan menunjukkan kalimat yang mendukung!

Pertanyaan

Berdasarkan penggalan teks drama tersebut, tuliskan 3 nama tokoh dan watak dari tokoh tersebut dengan menunjukkan kalimat yang mendukung!space 

Pembahasan Soal:

Tokoh adalah pelaku cerita, sedangkan penokohan adalah sifat yang dilekatkan pada diri tokoh, penggambaran, atau pelukisan mengenai tokoh cerita. Tokoh dalam cerita di atas ialah Raden Daha, Candra Kirana, dan Ajeng.

Raden Daha memiliki insting yang kuat, ia dapat menebak bahwa anaknya, Candra Kirana menyukai calon suami yang dipilih oleh Raden Daha, hal ini tergambar pada kalimat "Benarkah putriku? Kalau begitu memang tidak salah, Papa memilihmu sebagai calon isteri Raden Inu."

Candra Kirana memiliki sifat periang, hal ini dapat dilihat pada kalimat "Tersenyum gembira dan memeluk Raja Daha"

Ajeng memiliki sifat iri hati, hal ini tergambar pada kalimat "Aku tidak setuju mengenai pernikahan ini! Kenapa harus Kirana yang dipilih dan bukan aku!?"

Jadi, berdasarkan penggalan teks drama tersebut tokoh Raden Daha memiliki watak berupa insting yang kuat, Candra Kirana berwatak periang, dan Ajeng berwatak iri hati.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 10 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved