Roboguru

Berdasarkan pengalaman masa lampau perlawanan bersenjata terhadap Belanda selalu mengalami kegagalan, maka kaum terpelajar ingin dengan cara yang lebih modern yaitu menggunakan kekuatan organisasi. Berubahnya perjuangan mengusir penjajah dengan cara lebih modern dengan kekuatan organisasi disebut...

Pertanyaan

Berdasarkan pengalaman masa lampau perlawanan bersenjata terhadap Belanda selalu mengalami kegagalan, maka kaum terpelajar ingin dengan cara yang lebih modern yaitu menggunakan kekuatan organisasi. Berubahnya perjuangan mengusir penjajah dengan cara lebih modern dengan kekuatan organisasi disebut...

  1. masa kebangkitan nasional
     

  2. masa pergerakan nasional
     

  3. masa kesadaran nasional
     

  4. masa kemunduran nasional
     

Pembahasan Soal:

Masa pergerakan nasional di Indonesia ditandai dengan berdirinya organisasi-organisasi pergerakan. Masa pergerakan nasional (1908 - 1942), dibagi dalam tiga tahap berikut. Masa pembentukan (1908 - 1920) berdiri organisasi seperti Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Indische Partij.Masa radikal/nonkooperasi (1920 - 1930), berdiri organisasi seperti Partai Komunis Indonesia (PKI), Perhimpunan Indonesia (PI), dan Partai Nasional Indonesia (PNI).Masa moderat/kooperasi (1930 - 1942), berdiri organisasi seperti Parindra, Partindo, dan Gapi. Di samping itu juga berdiri organisasi keagamaan, organisasi pemuda, dan organisasi perempuan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut! Bagaimana peran beliau dalam Pergerakan Nasional?

Pembahasan Soal:

Dokter Wahidin Soedirohoesodo terkenal sebagai pelopor semangat kebangsaan. Beliau adalah tokoh yang mengilhami lahirnya organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Hari lahir organisasi Budi Utomo itu kemudian kita peringati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Di Jakarta, Dokter Wahidin Sudirohusodo mencoba mengunjungi para pelajar STOVIA dan menjelaskan detail gagasannya. Saat itu, beliau menganjurkan agar para pelajar itu mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Ternyata gagasan Sudirohusodo ini mendapat sambutan baik dari para pelajar STOVIA itu. Mereka juga sependapat dan menyadari bagaimana buruknya nasib rakyat Indonesia pada waktu itu. Pada tanggal 20 Mei 1908, Sutomo dan kawan-kawannya mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama Budi Utomo.

Dengan demikian, gambar pada soal adalah gambar tokoh yang bernama Dokter Wahidin Soedirohoesodo, peran beliau dalam Pergerakan Nasional adalah menganjurkan agar para pelajar STOVIA mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa dan ikut memikirkan bagaimana buruknya nasib rakyat Indonesia pada waktu itu dan menjadi pelopor semangat kebangsaan yang pada akhirnya bersama teman-temannya ikut mendirikan organisasi Budi Utomo.

0

Roboguru

Abad 20 Masehi menjadi titik balik perjuangan nasional bangsa Indonesia karena .…

Pembahasan Soal:

Abad 20 yang secara hitungan dimulai pada tahun 1901-2000 menandai era penting perjalanan Indonesia sebagai bangsa yang sedang berjuang menuju kemerdekaan. Pada abad ini lahir banyak tokoh, aktivis, orang-orang terpelajar yang kemudian menginisiasi pendirian organisasi-organisasi pergerakan nasional. Berdirinya organisasi-organisasi pergerakan nasional seperti Budi Utomo, Sarekat Islam, Perhimpunan Indonesia, Partai Nasional Indonesia kemudian menjadi media ampuh pemersatu bangsa. Bersatunya para tokoh dan aktivis pergerakan pada masa itu berdampak dahsyat dalam menyokong perjuangan besar memerdekakan bangsa Indonesia dari belenggu penjajah. Perjuangan mereka semakin terkoordinasi, mengedepankan kepentingan nasional yang lebih besar, tidak lagi sendiri-sendiri dan bersifat kedaerahan sebagaimana jamak terjadi pada abad-abad sebelumnya. Perjuangan nasional Indonesia di abad ke-20 mencapai puncaknya pada 17 Agustus 1945 ketika Soekarno dan Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Bagaimana cara anda menghargai dan menghormati tokoh-tokoh Kebangkitan Nasional?

Pembahasan Soal:

Kebangkitan Nasional adalah masa dimana mulai munculnya kesadaran untuk melawan penjajah secara bersama-sama. Dimasa sekarang ini kesadaran akan pentingnya kebersamaan harus kita pupuk terus dan pertahankan meskipun musuh bersama sudah tidak ada. Dengan demikian, bentuk penghargaan terhadap tokoh kebangkitan nasional adalah dengan hidup dengan rasa kebersamaan dan toleransi satu sama lain.

1

Roboguru

Periode I: Masa sebelum Pergerakan Nasional Periode II: Masa Pergerakan Nasional Periode III: Masa Proklamasi dan Perang Kemerdekaan Periode IV: Masa Perjuangan Mengisi Kemerdekaan Pada masa ini ...

Pembahasan Soal:

Masa pergerakan nasional  (1908-1945) adalah sebuah masa dimana masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang mendapatkan pendidikan khas Barat, memulai suatu perlawanan baru untuk mendapatkan kemerdekaan yang bersifat nasional. Masyarakat Indonesia mulai tersadar akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa. Pada masa pergerakan nasional terdapat semangat yang berapi-api dalam melawan penjajahan dan merebut kemerdekaan. Masa ini diawali dengan berdirinya Budi Utomo pada tahun 1908.

Jadi, pernyataan di atas merupakan bentuk semangat dan komitmen kebangsaan yang ditunjukkan pendiri negara pada periode masa (2) Periode II: Masa Pergerakan Nasional. space

1

Roboguru

Salah satu faktor internal yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Faktor internal yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nesional Indonesia antara lain

  1. Adanya penderitaan rakyat yang berkepanjangan akibat penjajahan.
  2. Adanya kenangan kejayaan masa lalu seperti zaman Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.
  3. Lahirnya kaum-kaum intelektual atau terpelajar yang menjadi pemimpin pergerakan.
  4. Adanya diskriminasi rasial.

Dengan demikian, salah satu faktor internal melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional Indonesia adalah seperti: kejayaan bangsa Indonesia dimasa lalu seperti Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya, penderitaan rakyat akibat penjajahan Belanda seperti adanya sistem tanam paksa dan munculnya golongan terpelajar sebagai dampak dari politik etis, seperti kebijakan edukasi dengan dibukanya sekolah untuk  pribumi.

 

 

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved