Roboguru

Berdasarkan kedua teks di atas mana sajakah informasi yang sesuai dengan teks tersebut?

Pertanyaan

Berdasarkan kedua teks di atas mana sajakah informasi yang sesuai dengan teks tersebut?

space space

Pembahasan Soal:

Teks 1 dan Teks 2 merupakan cerita binatang yang disebut fabel. Pembaca dapat menemukan informasi dalam cerita fabel, yang kemudian dapat digunakan untuk diceritakan kembali. Mencari informasi dapat dilakukan dengan menentukan pernyataan yang sesuai isi teks. Untuk menentukan benar tidaknya pernyataan, maka kita harus memahami isi teks secara keseluruhan.

Teks 1 Cerita Burung Gagak dan Siput berisi tentang Gagak yang mengajak Siput untuk lomba lari. Namun, Siput merasa tidak memiliki kekuatan seperti Gagak yang berjalan dan bisa terbang. Gagak menyombongkan dirinya ketika Siput telah memuji Gagak yang bisa berjalan dan terbang. Gagak berkata bahwa kemampuan laki-laki dapat dibuktikan dengan lomba berlari itu. Emosi Siput tersulut dengan merasa tersinggung dan sakit hati atas perkataan Gagak itu. Siput berusaha memenuhi permintaan Gagak yaitu menyetujui ajakan lomba lari.

Teks 2 Cerita Kuda dan Lintah berisi tentang Kuda yang menyapa Lintah dengan sombong. Kuda berkata bahwa Lintah tidak berguna mendekatinya karena Lintah tidak berkaki. Dari perkataan Kuda, emosi Lintah tersulut dengan merasa tersinggung. Akhirnya, Lintah menawarkan lomba lari kepada Kuda. Dengan tekad yang tinggi, keduanya menentukan tempat mulai dan garis finis untuk perlombaan lari itu.

Setelah mengetahui isi cerita tersebut, untuk pernyataan Kuda dan Gagak berusaha memberi motivasi kepada Lintah dan Siput merupakan informasi yang tidak sesuai. Kuda tidak memberi motivasi kepada lintah, tapi mencela lintah karena tidak berkaki. Gagak juga tidak memberi motivasi, melainkan mengejek dan mencela siput. Pernyataan Emosi Siput dan Lintah mudah tersulut merupakan informasi yang ada di dalam teks. Siput mudah tersinggung dan sakit hati atas perkataan Gagak sehingga Siput menyanggupi lomba lari dengan Gagak. Selain itu, Lintah juga tersulut emosinya atas perkataan Kuda sehingga Lintah menawarkan lomba lari dengan Kuda. Pernyataan Kuda dan Gagak sama-sama bersifat sombong merupakan informasi yang ada dalam teks tersebut. Berdasarkan perkataan Kuda bahwa Lintah tidak berguna mendekati dia karena tidak berkaki, artinya Kuda memiliki sifat sombong karena hewan tersebut berkaki. Selain itu, Gagak menyombongkan dirinya ketika Siput telah memuji Gagak yang bisa berjalan dan terbang. Gagak berkata bahwa kemampuan laki-laki dapat dibuktikan dengan lomba berlari itu. Pernyataan Siput dan Lintah merupakan hewan yang bertekad tinggi merupakan informasi yang ada dalam teks tersebut. Siput berusaha memenuhi permintaan Gagak yaitu ajakan untuk lomba lari. Sama halnya dengan Lintah, Lintah memiliki tekad yang tinggi dengan menawarkan lomba lari dengan Kuda.

Dengan demikian, informasi yang sesuai dengan teks tersebut adalah:

space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 01 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved