Roboguru

Berdasarkan kebiasaan masyarakatnya, wilayah pedesaan dapat diklasifikasikan menjadi  desa ..... Agraris Nelayan Industri Perdagangan

Pertanyaan

Berdasarkan kebiasaan masyarakatnya, wilayah pedesaan dapat diklasifikasikan menjadi  desa .....

  1. Agraris
  2. Nelayan
  3. Industri
  4. Perdagangan 
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.

  4. HANYA 4 yang benar.

  5. SEMUA pilihan benar.

Pembahasan Soal:

Wilayah pedesaan dapat diklasifikasikan berdasarkan kebiasaan masyarakatnya, diantaranya yaitu :

  1. Desa Agraris, merupakan desa yang mata pencaharian utama masyarakatnya sebagai petani, pemilik, ataupun pengelola lahan pertanian dan perkebunan.
  2. Desa Nelayan, memiliki kondisi geografis di wilayah lautan, sehingga masyarakat mengandalkan pendapatan dari hasil laut dengan mata pencaharian utamanya adalah nelayan atau peternak ikan/tambak.
  3. Desa Industri, merupakan desa dengan mata pencaharian penduduknya di bidang industri dengan skala kecil hingga besar.

Dalam klasifikasi desa berdasar kebiasaan masyarakat, tidak ada Desa Perdagangan, karena kegiatan perdagangan biasanya dilakukan di wilayah kota.

Pilihan yang tepat dalam pertanyaan ini adalah nomor 1, 2, dan 3.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kampung Batik Giriloyo terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kampung Giriloyo adalah salah satu sentra batik tulis. Masyarakatnya mempunyai kemampuan membatik sejak awal abad 17. Kemampuan ini diwar...

Pembahasan Soal:

Desa adalah perwujudan atau kesatuan geografi, sosial, ekonomi, politik, serta kultural yang terdapat di suatu daerah dalam hubungan dan pengaruhnya secara timbal balik

Tipologi desa menurut aktivitasnya diantara;

1. Desa agraris: Sebuah desa yang memiliki mata pencaharian utamanya adalah sebagai petani ataupun pemilik dari pengelola lahan baik itu kebun ataupun sawah.

2. Desa industri: Desa yang penduduknya memiliki mata pencaharian yang bekerja di bidang industri, baik itu yang berukuran kecil maupun besar

3. Desa nelayan: Desa yang rata - rata penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Dan banyak yang bekerja sebagai nelayan dan peternak ikan (tambak)

Jadi, jawaban yang tepat adalah A Desa industri.space 

0

Roboguru

Sumber daya apa sajakah yang biasa dihasilkan oleh masyarakat di perdesaan pesisir pantai?

Pembahasan Soal:

Masyarakat di perdesaan pesisir pantai biasanya menghasilkan sumber daya sebagai berikut.

  • Perikanan, masyarakat pesisir biasanya bermata pencaharian sebagai nelayan untuk menangkap ikan di laut. Selain itu, masyarakat pesisir juga banyak mengembangkan pertambakan untuk budidaya perikanan.
  • Pertanian dan perkebunan, masyarakat pesisir dapat memanfaatkan lahan untuk kegiatan pertanian dan perkebunan. Kegiatan pertanian dan perkebunan tersebut harus memilih tanaman yang sesuai dengan karakteristik lahan berpasir.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa masyarakat di perdesaan pesisir pantai biasanya menghasilkan sumber daya perikanan, pertanian, dan perkebunan. 

0

Roboguru

Desa tempat tinggal Pak Joko sudah mampu mengembangkan semua potensi yang dimiliki secara optimal. Masyarakatnya juga sudah banyak yang menggunakan teknologi, seperti traktor dan sistem irigasi yang m...

Pembahasan Soal:

Tingkat perkembangan desa sendiri terbagi atas 3 tingkatan yaitu Desa Swasembada, Desa Swakarya, dan Desa Swadaya :

  1. Desa Swadaya adalah desa yang masih terikat oleh tradisi karena taraf pendidikan yang masih relatif rendah, produksi yang masih diarahkan untuk kebutuhan primer keluarga dan komunikasi keluar sangat terbatas. Desa ini bersifat sedenter, artinya sudah ada kelompok keluarga yang bermukim secara menetap di sana.
  2.  Desa Swakarya adalah desa yang setingkat lebih maju dari desa swadaya, di mana adat-istiadat masayarakat desa sedang mengalami transisi, pengaruh dari luar sudah mulai masuk ke desa, yang mengakibatkan perubahan cara berpikir dan bertambahnya lapangan pekerjaan di desa, sehingga mata pencaharian penduduk sudah mulai berkembang dari sektor primer ke sektor sekunder, produktifitas mulai meningkat dan diimbagi dengan bertambahnya prasarana desa.
  3. Desa swasembada adalah desa yang masyarakatnya telah mampu memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya alam dan potensinya sesuai dengan kegiatan pembangunan regional. Para pemukim sudah banyak berpendidikan setingkat dengan sekolah atas.

Jadi, desa yang dimaksud pada soal adalah desa swasembada.undefined

0

Roboguru

Sebuah desa menggantungkan hidupnya pada hasil pertanian kentang, maka desa tersebut termasuk ke dalam desa ....

Pembahasan Soal:

Desa berdasarkan kegiatan masyarakatnya dibagi menjadi 3 diantaranya:

  • Desa agraris
    Kegiatan masyarakatnya berdasar pada kegiatan pertanian dan terletak di daerah subur.
  • Desa industri
    Kegiatan masyarakatnya berdasar pada kegiatan industri dan terletak di dekat sumber bahan baku. 
  • Desa nelayan
    Kegiatan masyarakatnya berdasar pada kegiatan perikanan dan terletak di dekat pantai. 

Berdasarkan penjelasan diatas maka desa menggantungkan hidupnya pada hasil pertanian kentang disebut desa agraris, karena masyarakatnya menggantungkan hidupnya pada pertanian kentang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Desa wisata termasuk dalam klasifikasi desa menurut kegiatan pokok. Di Indonesia terdapat desa yang dijadikan tempat wisata karena masih menjunjung tinggi nilai budaya. Sebutkan desa wisata yang terda...

Pembahasan Soal:

Berikut adalah contoh – contoh desa wisata yang ada di Indonesia

  1. Desa Sungai Nyalo
    Desa Sungai Nyalo di Provinsi Sumatra Barat merupakan desa adat yang memiliki potensi keindahan alam berupa Pantai Carocok dan Bukit Mandeh yang menawarkan keindahan pemandangan. Banyak turis asing yang berkunjung di Desa ini sehingga dijuluki sebagai paradise of the south
  2. Desa Taman Sari
    Terletak di Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, desa ini juga menawarkan berbagai keindahan alam seperti kampung bunga, kampung susu serta integrasi terhadap wisata kawah ijen dan kebudayaan masyarakat Oseng menjadi daya tarik wisata kebudayaan bagi turis domestik dan manca negara.
  3. Desa Ubud
    Desa yang terletak di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali ini sudah tidak perlu diragukan lagi potensi keindahan alam serta budayanya. Potensi keindahan alam dan keunikan budayanya ini bahkan menarik sineas film kelas dunia untuk menjadikannya sebagai latar utama film Eat, Pray, Love. Pada akhirnya film tersebut ikut mendrongkrak popularitas Desa Ubud sehingga makin banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara di Dunia.
  4. Desa Ponggok
    Desa Ponggok secara administratif terletak di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah memiliki potensi wisata air yang sangat populer. Kejernihan air dari mata air alami ini memberikan sensasi bawah air layaknya menyelam di obyek bawah laut seperti Bunaken dan Raja Empat.
  5. Desa Kasongan
    Desa Kasongan terletak di Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta terkenal akan produk gerabah kasongan yang telah ada sejak abad ke 17. Terdapat ratusan Unit Kegiatan Mikro yang turun temurun karena sejak dahulu des aini telah terkenal sebagai tempat para gundi atau para pembuat kendi, kuali dan gerabah lainnya bermukim.

Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa desa wisata merupakan desa yang memiliki potensi dan keunikan baik dari fisik maupun nonfisik dimana potensi tersebut berhasil dikembangkan oleh pemangku kepentingan sehingga memiliki daya tarik wisatawan domestik dan manca negara.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved