Iklan

Iklan

Pertanyaan

     Fenomena gunung meletus adalah fenomena alam yang terjadi karena adanya endapan magma yang ada di perut bumi yang disemburkan oleh gas dengan kekuatan besar. Selain tsunami, gunung meletus juga menjadi salah satu bencana alam yang mengerikan dan bisa menyebabkan banyak korban jiwa.

     Hampir semua gunung berapi berkaitan dengan gempa karena adanya batas lempeng bumi. Peristiwa alam gunung meletus diawali dengan perubahan tekanan batas lempeng bumi dan perubahan suhu drastis.

     Perubahan tekanan dan suhu tersebut membuat material batuan sekitarnya meleleh. Lelehan tersebut disebut magma atau cairan pijar. Magma tersebut terbentuk di kedalaman 60 - 160 km di bawah permukaan laut.

     Magma akan menginstruksikan material di sekitarnya melewati rekahan-rekahan menuju permukaan bumi. Bersamaan dengan itu, muncul gas yang akan bercampur dengan magma. Tekanan batu-batuan padat yang ada di sekitar kawah menyebabkan gas dan magma bergerak ke permukaan bumi dan meletus secara bersamaan. Oleh karena itu, terbentuklah kawah yang menyerupai mangkuk, kawah tersebut merupakan lubang utama di mana sebagian besar magma dan material vulkanik akan menyembur.undefined 

Berdasarkan jenisnya, teks di atas termasuk dalam teks ...

Berdasarkan jenisnya, teks di atas termasuk dalam teks ... 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses 'mengapa' dan 'bagaimana' kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Berdasarkan isi teks tersebut, teks di atas termasuk dalam teks eksplanasi alam.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses 'mengapa' dan 'bagaimana' kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi.

Berdasarkan isi teks tersebut, teks di atas termasuk dalam teks eksplanasi alam.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

lsi teks eksplanasi tersebut adalah .......

1

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia