Roboguru

Berdasarkan fiksasi  pada siklus Calvin, tanaman dibedakan menjadi 3 macam yaitu tanaman C3,C4, dan CAM. Pada suatu jenis tanaman, yang difiksasi akan tergabung dengan PEP dan menghasilkan asam malat di sel-sel mesofilnya. Selanjutnya, asam malat ini akan dibawa ke berkas pengangkut untuk dijadikan RuBP kembali. Jenis tanaman yang dimaksud adalah . . . .

Pertanyaan

Berdasarkan fiksasi undefined pada siklus Calvin, tanaman dibedakan menjadi 3 macam yaitu tanaman C3,C4, dan CAM. Pada suatu jenis tanaman, undefined yang difiksasi akan tergabung dengan PEP dan menghasilkan asam malat di sel-sel mesofilnya. Selanjutnya, asam malat ini akan dibawa ke berkas pengangkut untuk dijadikan RuBP kembali. Jenis tanaman yang dimaksud adalah . . . .undefined 

  1. kangkung

  2. mangga

  3. jagung

  4. kaktus

  5. padi

Pembahasan Soal:

Jenis tanaman yang dimaksud adalah C4. Hal yang membedakan dari tanaman C4 yakni daun dari tanaman C4 berupa Anatomi Kranz. Anatomi daun tersebut memiliki dua macam kloroplas (dimorfik) di dua tempat yakni sel mesofil dan seludang pembuluh (bundle-sheath). Perbedaan kedua tempat tersebut membuat tumbuhan C4 terjadi dua proses reaksi.

  1. Senyawa pertama yang melakukan fiksasi karbon dioksida adalah oksaloasetat (molekul berkarbon 4) dengan bantuan enzim PEP karboksilase yang dilakukan di dalam sel mesofil. Selanjutnya, oksaloasetat dikonversi menjadi malat dan kemudian masuk ke dalam seludang pembuluh. Malat dipecah dan menghasilkan piruvat dan CO2.
  2. Piruvat akan menuju ke sel mesofil lagi untuk dikonversi menjadi PEP sedangkan karbon dioksida akan di fiksasi oleh PGA dengan bantuan enzim rubisco.

Contoh tanaman C4 adalah jagung, tebu, shorgum, dll.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved