Roboguru

Berdasarkan cerita di atas sebutkan 2 jenis buku fiksi dan buku non fiksi !

Pertanyaan

Berdasarkan cerita di atas sebutkan 2 jenis buku fiksi dan buku non fiksi !

Pembahasan Soal:

Buku Fiksi
    Merupakan buku yang berisi cerita, sifatnya imajinatif. Tidak membutuhkan pengamatan dalam pembuatannya dan tidak tidak perlu dipertanggungjawabkan, karena ide ceritanya berasal dari khayalan atau imajinasi penulis. Bahasa yang digunakan biasanya bahasa kiasan atau konotatif. Jadi, pembaca diajak untuk masuk ke dalam cerita itu dengan bahasa yang tidak biasa. Buku yang terdiri dari fiksi adalah novel, roman, antologi cerpen, dongeng.

Buku Non-fiksi
    Merupakan buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif. Dalam buku nonfiksi, membutuhan pengamatan dan data dalam pembuatannya, sehingga dapat dipertanggungjawabkan isinya. Bahasa yang digunakan biasanya bahasa denotatif atau bahasa sebenarnya, jadi pembaca dapat langsung memahami maksud dari isi buku. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan pengamatan dan data maka isi dari buku tersebut harus memiliki fakta-fakta. Oleh karena itu, buku nonfiksi sering dijadikan sumber informasi oleh para pembaca. buku non fiksi artinya adalah buku yang berdasarkan hal nyata, tidak rekaan dan khayalan. Seperti buku ajar, buku pelajaran, biografi, buku ajar.

Dengan demikian, contoh buku fiksi adalah cerpen dan dongeng, sedangkan jenis buku nonfiksi adalah buku pelajaran dan biografi.space

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 26 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved