Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berdasarkan bentuk rantai karbon, kelompokkan golongan hidrokarbon berikut. Apakah alifatik jenuh/tak jenuh, alisiklik jenuh /tak jenuh, atau golongan aromatik.

Berdasarkan bentuk rantai karbon, kelompokkan golongan hidrokarbon berikut. Apakah alifatik jenuh/tak jenuh, alisiklik jenuh /tak jenuh, atau golongan aromatik.space 


 

Iklan

D. Zharva

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

senyawa hidrokarbon poinadalah alifatik tak jenuh, dan senyawa hidrokarbon poin b adalah alisiklik tak jenuh.

senyawa hidrokarbon poin adalah alifatik tak jenuh, dan senyawa hidrokarbon poin b adalah alisiklik tak jenuh.

Iklan

Pembahasan

Senyawa hidrokarbon alifatik adalah senyawa karbon yang rantai C terbuka dan memungkinkan rantai C itu bercabang. Senyawa alifatik ada yang jenuh maupun tak jenuh. Senyawa alifatik tak jenuh adalah senyawa alifatik yang rantai C nya terdapat ikatan rangkap 2 maupun 3 . Contohnya yaitu alkena danalkuna. Senyawa alifatik jenuh adalah senyawa alifatik yang rantai C nya tunggal. Senyawa hidrokarbon alisiklik adalah senyawa karbon alifatik yang membentuk rantai tertutup. Alisiklik tak jenuh merupakan senyawa alisiklikyang rantai C nya terdapat ikatan rangkap 2 maupun 3. Pada gambar "a" rantai C nya terbuka dan terdapat ikatan rangkap 2, sehingga disebut Alifatik Tak Jenuh . Pada gambar "b" rantai C membentuk rantai tertutup dan terdapat ikatan rangkap 2, sehingga disebut Alisiklik Tak Jenuh . Jadi, senyawa hidrokarbon poinadalah alifatik tak jenuh, dan senyawa hidrokarbon poin b adalah alisiklik tak jenuh.

Senyawa hidrokarbon alifatik adalah senyawa karbon yang rantai C terbuka dan memungkinkan rantai C itu bercabang. Senyawa alifatik ada yang jenuh maupun tak jenuh. Senyawa alifatik tak jenuh adalah senyawa alifatik yang rantai C nya terdapat ikatan rangkap 2 maupun 3. Contohnya yaitu alkena dan alkuna. Senyawa alifatik jenuh adalah senyawa alifatik yang rantai C nya tunggal.

Senyawa hidrokarbon alisiklik adalah senyawa karbon alifatik yang membentuk rantai tertutup. Alisiklik tak jenuh merupakan senyawa alisiklik yang rantai C nya terdapat ikatan rangkap 2 maupun 3.

  • Pada gambar "a" rantai C nya terbuka dan terdapat ikatan rangkap 2, sehingga disebut Alifatik Tak Jenuh.
  • Pada gambar "b" rantai C membentuk rantai tertutup dan terdapat ikatan rangkap 2, sehingga disebut Alisiklik Tak Jenuh.


Jadi, senyawa hidrokarbon poin adalah alifatik tak jenuh, dan senyawa hidrokarbon poin b adalah alisiklik tak jenuh.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

19

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berilah nama senyawa di bawah ini. a. b.

6

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia