Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan berikut!

Data Dinas Kabupaten Bekasi menunjukkan bahwa lahan pertanian menyusut sekitar 1.500 hektar per tahun, dari 52.000 hektar tahun 2014 menjadi 48.000 pada 2017. Lahan pertanian ini beralih menjadi kawasan perumahan atau industri. Demikian juga yang terjadi di Karawang dan Subang. Mengalihkan lahan pertanian menjadi permukiman dan industri akan lebih mendatangkan keuntungan bagi pemasukan daerah, terutama dari sektor pajak.

(www.bbc.com)space 

Berdasarkan bacaan tersebut upaya pemerintah mengantisipasi ketiadaan lahan pertanian adalah ....

Berdasarkan bacaan tersebut upaya pemerintah mengantisipasi ketiadaan lahan pertanian adalah ....space 

  1. intensifikasi dalam bidang pertanianspace 

  2. melarang pengembang membangun perumahanspace 

  3. mempersulit penerbitan izin bagi industri daerah dan perumahanspace 

  4. ekstensifikasi pertanian dengan mencetak sawah baruspace 

Iklan

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat ialah pilihan D.

jawaban yang tepat ialah pilihan D.space 

Iklan

Pembahasan

Teks eksposisi adalah teks atau tulisan yang berisi informasi dan pengetahuan. Informasi ini didapat berdasarkan fakta atau kejadian yang benar-benar terjadi. Selain itu, di dalam teks eksposisi juga terdapat pendapat (argumen) dari penulisnya. Dalam teks eksposisi, pembaca dapat menemukan informasi tersurat maupun tersirat. Informasi tersurat dapat ditemukan langsung dalam bacaan tanpa harus membaca secara berulang-ulang. Adapun informasi secara tersirat dapat ditemukan setelah membaca teks dengan teliti. Upaya pemerintah mengantisipasi ketiadaan lahan pertanian tidak dapat ditemukan secara tersurat melainkan secara tersirat. Dalam teks di atas dikatakan bahwa " Lahan pertanian ini beralih menjadi kawasan perumahan atau industri." menyebabkan lahan pertanian menyusut. Pemerintah dapat mengantisipasi ketiadaan lahan dengan mencetak sawah baru yang lahannya belum dimanfaatkan. Dengan demikian, untuk mengimbangi laju alih fungsi lahan pertanian dan mendukung swasembada pangan, pemerintah juga melakukan pencetakkan sawah baru. Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan D.

Teks eksposisi adalah teks atau tulisan yang berisi informasi dan pengetahuan. Informasi ini didapat berdasarkan fakta atau kejadian yang benar-benar terjadi. Selain itu, di dalam teks eksposisi juga terdapat pendapat (argumen) dari penulisnya. Dalam teks eksposisi, pembaca dapat menemukan informasi tersurat maupun tersirat. Informasi tersurat dapat ditemukan langsung dalam bacaan tanpa harus membaca secara berulang-ulang. Adapun informasi secara tersirat dapat ditemukan setelah membaca teks dengan teliti.

Upaya pemerintah mengantisipasi ketiadaan lahan pertanian tidak dapat ditemukan secara tersurat melainkan secara tersirat. Dalam teks di atas dikatakan bahwa "Lahan pertanian ini beralih menjadi kawasan perumahan atau industri." menyebabkan lahan pertanian menyusut. Pemerintah dapat mengantisipasi ketiadaan lahan dengan mencetak sawah baru yang lahannya belum dimanfaatkan. Dengan demikian, untuk mengimbangi laju alih fungsi lahan pertanian dan mendukung swasembada pangan, pemerintah juga melakukan pencetakkan sawah baru.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan D.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksposisi

Kebahasaan Teks Eksposisi

Menganalisis Teks Eksposisi

Menyusun Teks Eksposisi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

45

Adhi Sadewo

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Informasi penting yang terdapat pada teks tersebut adalah....

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia