Pertanyaan

Korosi

Korosi adalah proses alamiah yang dapat terjadi pada hampir semua material, yaitu menurunnya atau degradasi sifat material yang disebabkan oleh terjadinya interaksi dengan sekeliling. Proses degradasi sifat material umumnya terjadi karena adanya perpindahan elektron dari satu materi ke materi lain akibat pengaruh lingkungannya.

Proses ini dikenal sebagai reaksi reduksi-oksidasi (redoks). Contoh korosi yang umum terjadi di kehidupan kita sehari-hari adalah korosi yang terjadi pada logam, seperti terjadinya karat pada besi. Penyebab utama terjadinya korosi pada logam adalah konsekuensi alamiah dari kecenderungan unsur logam (kecuali logam mulia, perak, dan tembaga jarang sekali) untuk bergabung dengan unsur non logam, di mana unsur logam tersebut telah memberikan atau memakai bersama elektron dengan unsur lain. Proses korosi, yang dikenal dengan istilah karatan, adalah proses elektrokimia, yaitu reaksi logam dengan air dan oksigen sehingga menghasilkan produk yang melemahkan kekuatan material logam. Kerusakan yang memengaruhi sifat material unsur logam khususnya adalah pembentukan oksida dan/atau garam. Selain korosi pada logam, proses korosi juga terjadi pada pengikisan batu karang oleh ombak dan terbentuknya lubang pada gigi, larutnya material keramik, dan juga hilangnya warna serta melemahnya polimer oleh sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari.

Sebagian besar struktur aliase (alloys) juga dapat mengalami korosi terutama karena paparan terhadap kelembapan udara, dalam larutan asam, netral dan alkalis, korosi mikrobial, serta korosi dalam sistem lainnya .

Berdasarkan artikel tersebut, korosi besi dapat terjadi bila besi itu berada adalam lingkungan yang ...

Berdasarkan artikel tersebut, korosi besi dapat terjadi bila besi itu berada adalam lingkungan yang ...

  1. tanpa air dan udara

  2. dalam air tanpa udara

  3. dalam udara kering (kelembapan = 0)

  4. dalam udara basah (lembap)

  5. dalam minyak dan udara

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

korosi besi dapat terjai bila besi berada dalam udara yang basah (mengandung air dan oksigen).

korosi besi dapat terjai bila besi berada dalam udara yang basah (mengandung air dan oksigen).

Pembahasan

Pilihan jawaban yang tepat adalah D. Berdasarkan teks, korosi adalah proses alamiah yang dapat terjadi pada hampir semua material, yaitu menurunnya atau degradasi sifat material yang disebabkan oleh terjadinya interaksi dengan sekeliling. Penyebab utama terjadinya korosi pada logam adalah konsekuensi alamiah dari kecenderungan unsur logam (kecuali logam mulia, perak, dan tembaga jarang sekali) untuk bergabung dengan unsur non logam, di mana unsur logam tersebut telah memberikan atau memakai bersama elektron dengan unsur lain. Proses degradasi sifat material umumnya terjadi karena adanya perpindahan elektron dari satu materi ke materi lain akibat pengaruh lingkungannya. Proses korosi adalah proses elektrokimia, yaitu reaksi logam dengan air dan oksigen sehingga menghasilkan produk yang melemahkan kekuatan material logam. Jadi, korosi besi dapat terjai bila besi berada dalam udara yang basah (mengandung air dan oksigen).

Pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Berdasarkan teks, korosi adalah proses alamiah yang dapat terjadi pada hampir semua material, yaitu menurunnya atau degradasi sifat material yang disebabkan oleh terjadinya interaksi dengan sekeliling. Penyebab utama terjadinya korosi pada logam adalah konsekuensi alamiah dari kecenderungan unsur logam (kecuali logam mulia, perak, dan tembaga jarang sekali) untuk bergabung dengan unsur non logam, di mana unsur logam tersebut telah memberikan atau memakai bersama elektron dengan unsur lain. Proses degradasi sifat material umumnya terjadi karena adanya perpindahan elektron dari satu materi ke materi lain akibat pengaruh lingkungannya. Proses korosi adalah proses elektrokimia, yaitu reaksi logam dengan air dan oksigen sehingga menghasilkan produk yang melemahkan kekuatan material logam.

Jadi, korosi besi dapat terjai bila besi berada dalam udara yang basah (mengandung air dan oksigen).

15

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar percobaan korosi besi dengan berbagai kondisi berikut ini! Paku besi yang paling cepat mengalami proses korosi adalah gambar nomor ….

73

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia