Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berdasarkan 3 larutan di atas yang merupakan larutan penyangga ialah larutan 1 dan 3, sedangkan larutan 2 bukan merupakan larutan penyangga. Mengapa larutan 1 dan 3 termasuk dalam larutan penyangga? Sertakan sifat larutan tersebut apakah termasuk dalam penyangga asam/basa.

Berdasarkan 3 larutan di atas yang merupakan larutan penyangga ialah larutan 1 dan 3, sedangkan larutan 2 bukan merupakan larutan penyangga. 

Mengapa larutan 1 dan 3 termasuk dalam larutan penyangga? Sertakan sifat larutan tersebut apakah termasuk dalam  penyangga asam/basa.

Iklan

G. Suprobo

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Jawaban terverifikasi

Jawaban

larutan I adalah penyangga basa karena jumlah mol basalemah berlebihdan larutan II adalah penyangga asam karena jumlah mol asam lemah berlebih.

larutan I adalah penyangga basa karena jumlah mol basa lemah berlebih  dan larutan II adalah penyangga asam karena jumlah mol asam lemah berlebih.

Iklan

Pembahasan

Larutan I : Campuran antara asam kuatHCl dan basa lemah Berdasarkan hasil perhitungan di atas, larutan ini termasuk larutan penyangga basa karena terdapat sisa basa lemahnya sebanyak 5 mmol dan akan memiliki pH >7. Larutan III : Campuran antara basa kuat NaOH dan asam lemah HF Berdasarkan hasil perhitungan di atas, larutan ini termasuk larutan penyangga asam karena terdapat sisa asam lemahnya sebanyak 5 mmol dan akan memiliki pH <7. Jadi, larutan I adalah penyangga basa karena jumlah mol basalemah berlebihdan larutan II adalah penyangga asam karena jumlah mol asam lemah berlebih.

Larutan I : Campuran antara asam kuat HCl dan basa lemah N H subscript 3 

mol space basa space lemah equals 0 comma 2 space M space x space 50 space mL equals 10 space mmol mol space asam space kuat equals 0 comma 1 space M space x space 50 space mL space equals space 5 space mmol space

H Cl and N H subscript 3 yields N H subscript 4 Cl

 

Berdasarkan hasil perhitungan di atas, larutan ini termasuk larutan penyangga basa karena terdapat sisa basa lemahnya sebanyak 5 mmol dan akan memiliki pH > 7.

 

Larutan III : Campuran antara basa kuat NaOH dan asam lemah HF

mol space asam space lemah equals 0 comma 2 space M space x space 50 space mL equals 10 space mmol mol space basa space kuat equals 0 comma 1 space M space x space 50 space mL space equals space 5 space mmol space

Na O H and H F yields Na F and H subscript 2 O 

 

Berdasarkan hasil perhitungan di atas, larutan ini termasuk larutan penyangga asam karena terdapat sisa asam lemahnya sebanyak 5 mmol dan akan memiliki pH < 7.

 

Jadi, larutan I adalah penyangga basa karena jumlah mol basa lemah berlebih  dan larutan II adalah penyangga asam karena jumlah mol asam lemah berlebih.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tersedia beberapa campuran sebagai berikut: HNO 3 ​ dan NaNO 3 ​ CH 3 ​ COOH dan CH 3 ​ COONa CH 3 ​ COONa dan NaOH NH 3 ​ dan NH 4 ​ Cl Larutan buffer dihasilkan oleh campuran nom...

70

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia