Roboguru

Berbeda dengan agama Hindu, agama Buddha disebarluaskan oleh para biksu atau biksuni. Hal ini terjadi karena ...

Pertanyaan

Berbeda dengan agama Hindu, agama Buddha disebarluaskan oleh para biksu atau biksuni. Hal ini terjadi karena ...

  1. para biksu atau biksuni memiliki misi membantu sesama

  2. para biksu atau biksuni merupakan pelaut yang tangguh

  3. selain sebagai biksu atau biksuni, mereka berprofesi sebagai pedagang antarpulau

  4. para biksu atau biksuni te lah membebaskan dirinya dari keinginan untuk berkuasa

  5. para biksu atau biksuni memiliki kewajiban menyebarluaskan agama Buddha ke seluruh dunia

Pembahasan Soal:

Dalam konteks penyebaran agama Buddha di Nusantara, pendekatan yang terjadi adalah campuran antara pasif dan aktif. Pada masa penyebarannya, pernah terdapat sebuah bangunan tempat yang digunakan sebagai perkumpulan umat Buddha bernama sangga. Tempat ini didirikan dengan tujuan mengajarkan agama Buddha dan mendidik para calon biksu Buddha. Sangga memiliki peranan penting dalam penyebaran Buddha di Nusantara sebab didirikan oleh para biksu dari India, tempat lahirnya ajaran Buddha, sehingga ajaran yang dibawa adalah ajaran yang khas dan murni. Peran biksu menjadi penting bagi penyebaran agama budha hal ini dikarenakan para biksu dan biksuni memiliki tugas atau misi membantu sesama untuk mencapai moksa dan lepas dari penderitaan dunia.

Dengan demikian, maka jawaban yang benar adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Agama Hindu muncul di Indonesia pada tahun …. SM.

Pembahasan Soal:

Agama Hindu-Budha masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang yang berasal dari India. Berdasarkan catatan sejarah, masuknya agama Hindu ke Indonesia diperkirakan terjadi sekitar awal abad ke-4 dan diketahui berasal dari India. Hal itu ditandai dengan berdirinya kerajaraan Kutai dan Tarumanegara yang bercorak Hindu. Masuknya agama HIndu dibuktikan dari beberapa prasasti yang ditemukan yang berasal dari Kerajaan Kutai, yaitu Prasasti Yupa yang menggunakan tulisan Pallawa, tulisan asli India. Dengan adanya bukti tersebut menandakan bahwa agama Hindu sudah mulai berkembang di Indonesia sekitar abad ke-4 atau kurang lebih tahun 1500 SM.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Terangkan bukti masuknya agama Hindu di Indonesia...

Pembahasan Soal:

Hubungan dagang antara Indonesia dengan India berpengaruh terhadap masuknya budaya Hindu dan Buddha ke Indonesia. Agama Buddha disebarluaskan ke Indonesia oleh para biksu, sedangkan mengenai penyebaran agama Hindu ke Indonesia dikenal dengan empat teori, seperti :
Berikut ini merupakan beberapa teori terkait proses masuknya Hindu ke Indonesia, seperti :

  • Teori Brahmana
    menurut teori yang dikemukakan oleh J. C. van Leur, Hindu di Indonesia datang dibawa oleh para golongan Brahmana atas undangan pemimpin suku dalam rangka melegitimasi kekuasan mereka,
  • Teori Ksatria
    menurut teori yang dikemukakan oleh F. D. K. Bosch, Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh raja dan bangsawan yang pergi meninggalkan India karena kalah dalam peperangan,
  • Teori Waisya
    menurut teori yang dikemukakan oleh N. J. Krom, Hindu di Indonesia masuk atas dasar karena wilayah Indonesia sudah lama terlibat aktif dalam perdagangan Internasional, sehingga dari interaksi ini tidak menutup kemungkinan bahwa Hindu sendiri dibawa oleh para pedagang,
  • Teori Arus Balik
    menurut teori yang dikemukakan oleh G. Coedes, bahwa perkembangan Hindu di Indonesia tidak terlepas dari masyarakat Indonesia sendiri. Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya pergi ke India untuk memperdalam agam Hindu. Setelah itu, mereka akan kembali ke Indonesia untuk menyebarkannya.

Adapun bukti tertua adanya pengaruh Buddha di Indonesia adalah ditemukannya Arca Buddha dari perunggu di Sempaga, Sulawesi Selatan. Sedangkan bukti adanya pengaruh Hindu yaitu ditemukannya tujuh buah Yupa di sekitar Sungai Muara Kaman, Kutai, Kalimantan Timur.

Dengan demikian, bukti masuknya agama Hindu di Indonesia ditunjukkan dengan ditemukannya tujuh buah Yupa di Kalimantan Timur.

Roboguru

Masuknya agama Hindu ke Indonesia terjadi pada abad ke…. Masehi

Pembahasan Soal:

Perkembangan agama Hindu ke Indonesia tidak terlepas dari peranan para pedagang asing yang masuk dan melakukan aktivitas perdagangan di Nusantara. Asal mula masuknya agama Hindu di Indonesia diperkirakan berawal pada abad ke-4 M. Peralihan pra-sejarah menjadi zaman sejarah di Indonesia terjadi pada saat masuknya agama Hindu yang berasal dari India. Ciri khas zaman pra-sejarah ialah belum dikenalnya tulisan. Namun, pada saat Hindu hadir, masyarakat Indonesia telah mengenal tulisan dan inilah yang menjadi bukti bahwa masyarakat Indonesia telah masuk ke zaman sejarah. Kerajaan Hindu yang pertama kali berdiri adalah Kerajaan Kutai dengan peninggalannya berupa prasasti Yupa. Prasasti Yupa diperkirakan dibuat sekitar abad ke-4 Masehi yang berisi mengenai Raja Mulawarman memberikan sedekah sebanyak 20.000 ekor sapi kepada kaum brahmana.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini! Letak Indonesia strategis, yaitu berada di jalur pelayaran yang menghubungkan negara Barat dan Timur. Pola angin musim yang berubah setiap enam bulan...

Pembahasan Soal:

Faktor geografis yang memudahkan masuknya agama Hindu-Budda ke Indonesia antara lain:

  1. Posisi atau letak Indonesia yang strategis. Dikatakan strategis karena berada pada jalur perdagangan laut antara China dan India
  2. Kesuburan tanah Indonesia. Kesuburan tanah menghasilkan hasil bumi yang melimpah yang selanjutnya menjadi bahan dagangan bagi para pedagang yang singgah di Indonesia.
  3. Memiliki dua musim yaitu angin musim yang melewati kepulauan Indonesia dimanfaatkan untuk pelayaran.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Jalur penyebaran agama Hindu-Buddha dilakukan para pedagang dan pendeta India melalui jalur darat yang disebut jalur sutra. Jelaskan pembagian rute jalur tersebut !

Pembahasan Soal:

Penyebaran Hindu-Budha di Indonesia melalui jalur darat mengikuti para pedagang melalui jalur sutra. Rute Jalur Sutra terbagi menjadi dua bagian, yakni sebagai berikut.

  1. Rute jalur sutra Utara yang membentang dari India Utara ke Tibet terus ke Utara sampai Cina, Korea dan Jepang.
  2. Rute jalur sutra Selatan membentang dari India Utara menuju Bangladesh, Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaya, kemudian berlayar menuju wilayah Indonesia.

Dengan demikian, Jalur Sutra dibagi menjadi dua jalur yakni jalur Utara dimulai dari Tibet hingga ke Jepang dan jalur Selatan dimulai dari India Utara menuju Indonesia.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved