Iklan

Iklan

Pertanyaan

Beragam karya sastar Sitor Situmorang yang sudah diterbitkan, antara lain Surat Kertas Hijau (1953), Dalam Sajak (1955), Wajah Tak Bernama (1955), drama Jalan Mutiara (1954), cerpen Pertempuran dan Salju di Paris (1956), dan terjemahan karya John Wyndham, E Du Perron RS Maenocol , M Nujhof. Karya sastra lain, yang sudah diterbitkan, antara lain puisi Zaman Baru (1962), cerpen Pangeran (1963), dan esai Sastra Revolusioner (1965). Esai Sastra Revolusioner inilah yang mengakibatkan Sitor Situmorang harus mendekap di penjara Gang Tengah Salemba (1967-1975), Jakarta, tanpa melalui proses pengadilan. Ia dimasukkan begitu saja ke dalam tanahan dengan tuduhan terlibat pemberontakan. Keistimewaan tokoh Sitor Situmorang dalam kutipan biografi tersebut adalah...

Beragam karya sastar Sitor Situmorang yang sudah diterbitkan, antara lain Surat Kertas Hijau (1953), Dalam Sajak (1955), Wajah Tak Bernama (1955), drama Jalan Mutiara (1954), cerpen Pertempuran dan Salju di Paris (1956), dan terjemahan karya John Wyndham, E Du Perron RS Maenocol, M Nujhof. Karya sastra lain, yang sudah diterbitkan, antara lain puisi Zaman Baru (1962), cerpen Pangeran (1963), dan esai Sastra Revolusioner (1965). Esai Sastra Revolusioner inilah yang mengakibatkan Sitor Situmorang harus mendekap di penjara Gang Tengah Salemba (1967-1975), Jakarta, tanpa melalui proses pengadilan. Ia dimasukkan begitu saja ke dalam tanahan dengan tuduhan terlibat pemberontakan.

Keistimewaan tokoh Sitor Situmorang dalam kutipan biografi tersebut adalah...

  1. Sitor Situmorang telah menulis beragam karya sastra yang telah diterbitkan.

  2. Cerpen Sitor Situmorang sangat menarik untuk di baca.

  3. Sitor Situmorang telah diterjemahkan ke dalam bahasa lain.

  4. Sitor Situmorang menerjemahkan cerpen dan esai Sastra Revolusioner.

  5. Sitor Situmorang dipenjara tanpa proses pengadilan.

Iklan

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Keistimewaan yang dimiliki tokoh dalam biografi adalah dah yang hanya dimiliki oleh sang tokoh dan tidak dimiliki oleh tokoh lain atau sulit untuk ditiru. Pernyataan yang merupakan keistimewaan dari tokoh Sitor Situmorang adalah dia menerjemahkan cerpen dan esai Sastra Revolusioner . Karya terjemahannya tersebut membuat dia dimasukkan ke dalam tahanan karena dituduh memberontak. Keberaniannya ini merupakan keistimewaan Sitor yang tidak dapat ditiru oleh orang lain.

Keistimewaan yang dimiliki tokoh dalam biografi adalah dah yang hanya dimiliki oleh sang tokoh dan tidak dimiliki oleh tokoh lain atau sulit untuk ditiru. Pernyataan yang merupakan keistimewaan dari tokoh Sitor Situmorang adalah dia menerjemahkan cerpen dan esai Sastra Revolusioner. Karya terjemahannya tersebut membuat dia dimasukkan ke dalam tahanan karena dituduh memberontak. Keberaniannya ini merupakan keistimewaan Sitor yang tidak dapat ditiru oleh orang lain.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

47

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan biografi berikut! Abid Ghofar bin Aboe Dja’far atau Ebit G. Ade lahir di Wanadadi Banjarnegara 21 April 1954, merupakan anak termuda dari 6 bersaudara. Ayahnya seorang PNS dan ib...

26

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia