Roboguru

Benzena memiliki titik didih =  dan titik leleh = , ramalkan wujud benzena pada suhu ruangan.

Pertanyaan

Benzena memiliki titik didih = 80 space degree C dan titik leleh = 5 comma 5 space degree C, ramalkan wujud benzena pada suhu ruangan.space 

Pembahasan Soal:

    Suatu zat yang berada pada suhu di bawah titik lelehnya (pada tekanan tetap) akan berwujud padat. Jika berada pada suhu di antara titik leleh dan titik didihnya, zat tersebut ajan berwujud cair. Adapun pada suhu du atas titik didihnya, zat tersebut akan berada dalam bentuk gas.

    Berdasarkan keterangan di atas serta data titik didih dan titik leleh benzena, pada suhu ruangan benzena berwujud cair.

Jadi, pada suhu ruangan benzena berwujud cair.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Doni dan Tia sedang melakukan percobaan di laboratorium. Doni dan Tia menyiapkan dua buah tabung reaksi. Doni menambahkan 1 mL larutan etena ke dalam salah satu tabung reaksi, sedangkan Tia menambahka...

Pembahasan Soal:

    Benzena adalah senyawa kimia yang biasa ditemukan sebagai hasil samping dari proses penyulingan minyak bumi. Senyawa ini biasanya berwujud cairan tak berwarna yang mudah menguap (volatile) dan terbakar (higly flammable). Selain itu, terpapar benzena seperti terhirup, tertelan, terpercik dapat menyebabkan gangguan bahkan menyebabkan kanker (karsinogenik). Oleh karena itu, penyimpanan benzena harus ditempatkan dalam wadah tertutup, rapat, dan di dalam lemari asam yang memiliki blower (kipas udara) yang bertujuan untuk memberikan keamanan pada penggunanya/praktikan terhadap gas dari benzena itu sendiri.

Jadi, kenapa Tia menambahkan larutan benzena di dalam lemari asam adalah agar tidak terpapar (terhirup) gas benzena yang berbahaya bagi kesehatan.

Roboguru

Doni dan Tia sedang melakukan percobaan di laboratorium. Doni dan Tia menyiapkan dua buah tabung reaksi. Doni menambahkan 1 mL larutan etena ke dalam salah satu tabung reaksi, sedangkan Tia menambahka...

Pembahasan Soal:

Reaksi yang dilakukan oleh Doni dan Tia adalah sebagai berikut :

Ciri-ciri terjadinya reaksi kimia :

  1. Terjadi perubahan warna
  2. Terjadi perubahan suhu
  3. Terbentuknya endapan
  4. Terbentuknya gas

Berdasarkan percobaan yang dilakukan, percobaan Doni menghasilkan senyawa 2-bromoetana sedangkan Tia tidak menghasilkan produk baru.

Hal ini ditunjukan dengan hasil percobaan Doni, warna larutan bromin menghilang, mengindikasikan terjadinya perubahan warna, sehingga dapat disimpulkan terjadi reaksi kimia. Sedangkan Tia, tidak terjadi perubahan warna dan tidak terjadi reaksi kimia, dibuktikan dengan warna larutan bromin yang tetap.

Roboguru

Titik didih senyawa hidroksibenzena pada posisi orto-, meta–, para-, berturut-turut adalah 191°C, 203°C, dan 202°C. Mengapa pada posisi orto- titik didih senyawa hidroksibenzena lebih rendah dibanding...

Pembahasan Soal:

Untuk menentukan titik didih masing-masing pengarah dapat kita tinjau dari posisi OH yang dapat membentuk ikatan hidrogen. Kalau pada posisi orto (-o) hidroksibenzena ada dua gugus OH berdekatan. Diantara kedua gugus OH tersebut dapat membentuk ikatan hidrogen secara intramolekul. Sedangkan untuk posisi meta dan para, ikatan hidrogen terjadi secara antarmolekul. Semakin kuat gaya antarmolekulnya maka titik didih akan semakin besar.  Jadi kalau dibandingkan gaya antarmolekul pengarah orto lebih lemah dari posisi meta dan para. 

Jadi, jawaban sesuai pernyataan diatas.

Roboguru

Suatu senyawa larut dalam air, mengubah lakmus biru menjadi merah, mengandung ikatan rangkap dan tidak mudah mengalami adisi. Kemungkinan senyawa itu adalah ....

Pembahasan Soal:

Benzena merupakan senyawa hidrokarbon rantai aromatik dengan ikatan rangkap dua begin mathsize 14px style C double bond C end style. Meskipun benzena memiliki ikatan rangkap dua, benzena cenderung mengalami reaksi substitusi, bukan reaksi adisi seperti alkena pada umumnya, hal tersebut membuat benzena stabil (tidak reaktif) kecuali dengan bantuan katalis.

Kestabilan benzena dipengaruhi oleh adanya delokalisasi elektron dalam cincin benzena, sehingga ikatan rangkap dua dalam benzena bisa berpindah pindah (struktur resonansi). 


 


Antara fenol dan toluena, fenol lebih bersifat asam, karena lebih mudah melepaskan ion undefined dari gugus hidroksil membentuk ion fenoksida. Muatan negatif pada ion fenoksida disebar pada cincin aromatik akibat adanya delokalisasi.


Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined

Roboguru

Dari benzena sampai etil benzena terjadi kenaikan titik didih seiring dengan meningkatnya Mr senyawa. Mengapa terjadi demikian? Jelaskan.

Pembahasan Soal:

    Tinggi-rendahnya nilai titik didih suatu senyawa dipengaruhi oleh gaya tarik menarik antar molekul, semakin kuat tarikannya maka semakin tinggi titik didihnya. Gaya tarik menarik ini biasa disebut dengan gaya antar molekul.

    Gaya antar molekul akan semakin kuat seiring dengan meningkatnya luas bidang sentuh saat terjadi tumbukan. Hal ini berarti bahwa semakin besar bentuk molekul maka semakin besar pula nilai Mr molekul tersebut sehingga titik didih akan bertambah seiring dengan meningkatnya Mr.

Jadi, nilai titik didih dipengatuhi oleh gaya antar molekul dimana gaya antar molekul bertambah seiring meningkatnya nilai Mr.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved