Roboguru

Bentuk perpaduan kebudayaan Hindu-Buddha dengan budaya Indonesia terdapat pada bangunan Candi Borobudur. Bentuk/ unsur asli Indonesia pada bangunan tersebut adalah ....

Pertanyaan

Bentuk perpaduan kebudayaan Hindu-Buddha dengan budaya Indonesia terdapat pada bangunan Candi Borobudur. Bentuk/ unsur asli Indonesia pada bangunan tersebut adalah ....

  1. Arca

  2. Lukisan

  3. Punden Berundak

  4. Roda

  5. Stupa

Pembahasan Soal:

Akulturasi kebudayaan adalah suatu proses percampuran diantara unsur-unsur kebudayaan yang satu dengan kebudayaan lainnya, sehingga membentuk kebudayaan baru. Candi borobudur merupakan salah satu contoh bentuk akulturasi antara unsur budaya hindu budha dan unsur budaya indonesia asli. Salah satu perpaduan tersebut adalah punden berundak-undak yang memiliki pola bangunan yang sama dengan Borobudur. Dasar bangunan candi itu merupakan hasil pembangunan bangsa Indonesia dari zaman Megalitikum, yaitu bangunan punden berundak-undak. Punden berundak-undak ini mendapat pengaruh Hindu-Budha, sehingga menjadi wujud sebuah candi.

Dengan demikian , jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Ifdlol

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 09 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gambar di atas menjadi petunjuk tentang budaya kemaritiman nenek moyang Nusantara pada masa Hindu-Buddha. Relief tersebut terdapat pada Candi...

Pembahasan Soal:

Relief-relief yang tergambar atau yang di pahat di setiap dinding candi ada yang menggambarkan tentang urutan sebuah cerita dan ada pula relief yang hanya berfungsi sebagai hiasan. Begitupun relief yang berada di Candi Borobudur yang menggambarkan sebuah cerita dan peristiwa yang di bagi menurut agendanya menjadi panil atau pigura. Pada abad 8 dan 9, para Arkeolog berlomba-lomba mencermati setiap ukiran relief candi guna meneliti kehidupan pada masa lampau. Bentuk lumbung, perhiasan, rumah panggung, istana, candi, persenjataan, busana, aneka margasatwa, dan alat transportasi, dicermati oleh setiap peneliti. Relief yang terkenal adalah relief kapal Borobudur yang merupakan kebudayaan purbakala. Relief ini mempunyai cadik khas nusantara dan replikanya saat ini tersimpan di museum Samudera Raksa (utara candi borobudur). Dengan demikian relief yang ada pada gambar tersebut adalah relief di Candi Borobuddur.

0

Roboguru

Apa yang Anda ketahui tentang Candi Borobudur

Pembahasan Soal:

Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra sekitar abad ke-8 Masehi. Candi yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah ini merupakan candi yang bercorak agama Buddha Mahayana. Candi Borobudur diperkirakan selesai dengan menghabiskan waktu 75 – 100 tahun lebih dengan memiliki 1460 relief dan 504 stupa. Candi Buddha terbesar di dunia ini memiliki tiga tingkatan dalam bangunannya, yaitu sebagai berikut.

  • Kamadhatu adalah tingkatan terbawah dari Candi Borobudur yang menggambarkan mengenai alam dunia yang dialami oleh manusia sekarang dengan berbagai sifat dan nafsu manusia.
  • Rupadhatu merupakan tingkatan tengah dari Candi Borobudur yang menggambarkan bahwa manusia sudah mulai meninggalkan segala bentuk keinginan duniawi walaupun masih terikat dengan dunia nyata.
  • Arupadhatu adalah tingkatan teratas dari Candi Borobudur yang menggambarkan mengenai kehidupan Sang Buddha telah sampai pada puncak kesempurnaan karena telah meninggalkan kehidupan duniawi untuk mencapai pencerahan.

Pada abad ke-14, pengaruh kerajaan Hindu-Buddha di Jawa semakin melemah dengan masuknya agama Islam. Hal ini membuat Candi Borobudur ditinggalkan. Candi bersejarah ini mulai diselamatkan dan dipugar pada masa pemerintahan Sir Thomas Stamford Raffles, seorang Gubernur Jenderal Inggris di Jawa pada tahun 1814. Setelah beberapa kali dipugar, akhirnya Candi Borobudur dapat diakui dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991.

Dengan demikian Candi Borobudur merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Mataram Kuno masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Candi ini bercorak Buddha dan saat ini telah diakui UNESCO sebagai salah satu situs Warisan Dunia. 

1

Roboguru

Relief Candi Borobudur yang berisi kumpulan sajak tentang perbuatan Sang Buddha terdapat pada ....

Pembahasan Soal:

Relief Jatakamala-Awadana, berupa kumpulan sajak yang menceritakan tentang perbuatan sang Buddha Gautama dan para Bodhisatwa semasa hidupnya. di pahatkan pada dinding sebagai lorong kedua sampai ke empat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Gambaran kearifan lokal juga terlukis pada relief Candi Borobudur, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Relief adalah seni pahat pada dinding suatu bangunan atau candi. Relief itu biasanya melukiskan suatu cerita. Pada candi bercorak Hindu, relief tersebut biasanya melukiskan cerita atau kisah yang diambil dari kitab-kitab suci maupun sastra, misalnya Mahabharata, Ramayana, Sudamala, Kresnayana, Arjuna Wiwaha, dan juga cerita tokoh-tokoh Wayang Punakawan yang tak terdapat di India. Sedangkan dalam Candi Buddha, pada reliefnya terpahat cerita seputar kisah hidup Siddharta Sang Buddha seperti relief di Candi Borobudur. Namun gambaran kearifan lokal juga terlukis pada relief Candi Borobudur, yaitu perahu bercadik khas Nusantara peninggalan Kerajaan Sriwijaya tergambar pada dinding Borobudur.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Borobudur dibangun oleh....

Pembahasan Soal:

Raja Samaratungga adalah pewaris dari Dinasti Syailendra dari Kerajaan Mataram Kuno di abad ke-9 M. Ia dikenal sebagai pendiri dari Borobudur. Borobudur merupakan stupa Budha terbesar di Asia atau bahkan merupakan kuil budha terbesar di dunia dan juga sebagai momumen agama Buddha. Stupa Borobudur ini memerlukan waktu dalam pembangunannya. Diyakini beberapa ahli, sejarawan, filolog, epigraf, dll, konstruksi pembangunan stupa Borobudur ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Konstruksi pembangunan Stupa Borobodur ini dilaksanakan pada masa kekuasaan Rakai Panangkaran sampai ke pemerintahan Samaratungga. 

Maka, jawabannya adalah Samaratungga.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved