Roboguru

Bentuk pemanfaatan sumber daya alam yang dapat menjaga kelestarian lingkungan adalah ... Menegakkan hukum lingkungan secara adil. Mengubah cara pandangterhadap lingkungan hidup. Menanamkan nilai dan estetika lingkungan dalam kehidupan. Meningkatkan kesadaran lingkungan pada pelaku dunia usaha.

Pertanyaan

Bentuk pemanfaatan sumber daya alam yang dapat menjaga kelestarian lingkungan adalah ...

  1. Menegakkan hukum lingkungan secara adil.
  2. Mengubah cara pandangterhadap lingkungan hidup.
  3. Menanamkan nilai dan estetika lingkungan dalam kehidupan.
  4. Meningkatkan kesadaran lingkungan pada pelaku dunia usaha.
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.

  4. HANYA 4 yang benar.

  5. SEMUA pilihan benar.

Pembahasan Soal:

Manfaat sumber daya alam untuk kesejahteraan dan kemaslahatan komponen lingkungan. Manfaat dari potensi sumber daya alam yang dapat melestarikan lingkungan adalah sebagai berikut :

  • Mengubah cara pandang terhadap arti lingkungan hidup.
  • Menegakkan hukum lingkungan secara adil dan bijaksana.
  • Meningkatkan kesadaran lingkungan pada pelaku dunia usaha.
  • Menanamkan nilai dan estetika lingkungan dalam kehidupan.
  • Pada dunia industri, pemrakarsa wajib membuat dokumen analisis mengenai dampak lingkungan secara bijaksana.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka bentuk pemanfaatan sumber daya alam yang dapat menjaga kelestarian lingkungan adalah menegakkan hukum lingkungan secara adil, mengubah cara pandang terhadap lingkungan hidup, menanamkan nilai dan estetika lingkungan dalam kehidupan dan meningkatkan kesadaran lingkungan pada pelaku dunia usaha.

Jadi, jawaban yang benar adalah E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Meilani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Makna yang terkandung dalam pernyataan menjaga keberlangsungan dan kelestarian sumber daya alam adalah ....  Perlindungan terhadap sistem penyangga kehidupan  Pemeliharaan keanekaragaman sumber da...

Pembahasan Soal:

Pembangunan berkelanjutan menurut Food and Agriculture Organization (1995) adalah pelestarian dan pengelolaan sumberdaya alam ditujukan untuk menjamin keberlanjutan kebutuhan generasi sekarang dan yang akan datang. Oleh karena itu, salah satu prinsip pembangunan berkelanjutan adalah prisnisp ekologi. Prinsip ekologi lingkungan merupakan prinsip yang menekankan terhadap pelestarian sumber daya alam guna mendukung daya dukung dan daya tampung lingkungan. Pelestarian sumber daya alam memiliki prinsip dimana nilai sumber daya bersifat relatif tetap dari waktu ke waktu.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Setiap tindakan pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti oleh upaya pelestarian karena ... Ketersediaan sumber daya alam terbatas Persebaran sumber daya alam tidak merata Kerusakan sumber daya ...

Pembahasan Soal:

Setiap tindakan pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti oleh upaya pelestarian karena  ketersediaan sumber daya alam terbatas, persebaran sumber daya alam tidak merata dan kerusakan sumber daya alam harus dikendalikan. Maka, pernyataan yang benar adalah (1 ), (2), dan (3), sedangkan penyataan nomor (4) adalah salah. Hal ini dikarenakan nilai ekonomi sumber daya alam tidak selalu semakin meningkat, nilai ekonomi sumber daya alam tergantung dari cara memprosesnya menjadi suatu produk, bukan nilai bahan mentahnya.space 

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

0

Roboguru

Jika kondisi lingkungan baik dan beragam, kebutuhan makhluk hidup termasuk manusia semakin terpenuhi karena ....  habitat setiap komunitas semakin seimbang  ada alternatif untuk memenuhi kebutuhan...

Pembahasan Soal:

Setiap lokasi atau tempat di muka bumi ini mempunyai kualitas lingkungan yang berbeda-beda. Untuk dapat mengidentifikasi kualitas lingkungan hidup pada suatu wilayah maka kualitas lingkungan tersebut dapat ditelaah dengan kriteria biofisik, sosial, ekonomi, dan budaya.

  • Kualitas lingkungan hidup berdasarkan keadaan biofisik dapat diketahui dengan menganalisis keadaan lingkungan fisik di alam sekitar. Kondisi lingkungan yang baik adalah ketika pemanfaatan lingkungan dilakukan dengan maksimal dan habitat setiap komunitas semakin seimbang.
  • Kualitas lingkungan hidup dapat terwujud dengan baik apabila peran serta manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup juga berjalan dengan baik. Kondisi lingkungan yang baik juga ditunjukkan dengan tersedianya alternatif untuk memenuhi kebutuhan manusia karena beragam pilihan yang tersedia di alam. 
  • Pencemaran lingkungan dapat diatasi apabila manusia dapat menjaga kualitas lingkungan dengan baik. Menjaga kebersihan, ketertiban, keteraturan, dan keseimbangan lingkungan hidup berarti menjaga kualitas lingkungan secara ekonomi. Hal ini dapat ditunjukkan dengan sumber daya alam yang semakin bervariasi akibat dari keseimbangan lingkungan. 
  • Kemajuan teknologi sangat membantu manusia untuk menunjang pemenuhan kebutuhan hidup seperti mengolah sumber daya alam. Kualitas lingkungan yang berbudaya merupakan kerja sama yang harmonis, antara manusia, teknologi , dan lingkungan hidup.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E karena semua jawaban benar. 

0

Roboguru

Bentuk pemanfaatan sumber daya alam yang dapat menjaga kelestarian lingkungan adalah .... Menegakkan hukum lingkungan secara adil Mengubah cara pandang terhadap lingkungan hidup Menanamkan nilai ...

Pembahasan Soal:

Peningkatan populasi penudduk menyebabkan sejumlah peningkatan permintaan akan sumber daya alam. Dalam pemanfaatan sumber daya alam diperlukan adanya upaya-upaya pelestarian sehingga sumber daya alam dapat digunakan secara berkelanjutan yang kemudian disebut sebagai proses pembangunan berkelanjutan. Beberapa contoh karakteristik pembangunan berkelanjutan diantaranya:

  • Penerapan arsitektur hijau dan bangunan ramah lingkungan.
  • Menggunakan bahan bangunan dari alam seperti biodegradable.
  • Penggunaan sumber daya alam terbarukan.
  • Memaksimalkan perlindungan habitat alami.
  • Mengoptimalkan praktik industri konstruksi yang rendah atau bebas polusi.
  • Penegakan hukum oleh pemerintah dan peningkatan seluruh lapisan masyarakat dalam upaya melesatarikan lingkungan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Tindakan pembangunan berkelanjutan yang sesuai dengan prinsip selektif adalah ...

Pembahasan Soal:

Salah satu prinsip pembangunan berkelanjutan adalah prinsip selektif, prinsip ini artinya dapat memilah-milah pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan kepentingannya. Tindakan prinsip selektif pada pernyataan soal ditunjukkan oleh pilihan jawaban B, yaitu pemanfaatan sumber daya alam dilakukan sesuai urutan prioritas kebutuhan.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved