Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bentuk muka Bumi seperti gambar merupakan bentukan gerakan lempeng ....

Bentuk muka Bumi seperti gambar merupakan bentukan gerakan lempeng ....space 

  1. mendatarspace 

  2. berpapasanspace 

  3. bertubrukanspace 

  4. menjauhspace 

  5. memusatspace 

Iklan

A. Aghnia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Perhatikan ilustrasi gambar berikut ini: Proses terbentuknya lipatandisebabkan oleh adanya peristiwa dislokasi, yaitu pergeseran letaklapisan tanah atau perpindahan lempeng bumi . Pergeseran lempeng tersebut mengakibatkan adanya dorongan pada lapisan kulit bumi secara horizontal.Lapisan kulit bumi akan terdorong pada salah satu tepi lapisan mau pun pada kedua tepi lapisan. Pergerakan bumi yang saling mendorong di kedua sisi ini sama dengan mekanisme pergerakan konvergen yang saling mendekat . Lempeng bumi bergerak saling mendekat dan mendorong lempeng bumi ini yang kemudian membuat lapisan tanah yang elastismembentuk lipatan. Terbentuknya lipatan juga mempunyai hubungan dengan patahan. Lapisan tanah yang mendapat tekanan, pada awanya akan melipat membentuk antiklinal dan sinklinal. Jika tekanan terebut berlanjut kemudian melebihi batas elastisitas, maka perlipatan akan mulai tersesarkan dan membentuk patahan. Dari penjelasan tersebut, maka ilustrasi gerakan lempeng diatas merupakan bentukan gerakan lempeng bertubrukan menghasilkan sinklinal . Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Perhatikan ilustrasi gambar berikut ini:


Proses terbentuknya lipatan disebabkan oleh adanya peristiwa dislokasi, yaitu pergeseran letak lapisan tanah atau perpindahan lempeng bumi. Pergeseran lempeng tersebut mengakibatkan adanya dorongan pada lapisan kulit bumi secara horizontal. Lapisan kulit bumi akan terdorong pada salah satu tepi lapisan mau pun pada kedua tepi lapisan. Pergerakan bumi yang saling mendorong di kedua sisi ini sama dengan mekanisme pergerakan konvergen yang saling mendekat. Lempeng bumi bergerak saling mendekat dan mendorong lempeng bumi ini yang kemudian membuat lapisan tanah yang elastis membentuk lipatan. Terbentuknya lipatan juga mempunyai hubungan dengan patahan. Lapisan tanah yang mendapat tekanan, pada awanya akan melipat membentuk antiklinal dan sinklinal. Jika tekanan terebut berlanjut kemudian melebihi batas elastisitas, maka perlipatan akan mulai tersesarkan dan membentuk patahan.

Dari penjelasan tersebut, maka ilustrasi gerakan lempeng diatas merupakan bentukan gerakan lempeng bertubrukan menghasilkan sinklinal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

213

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Akibat yang ditimbulkan oleh dua lempeng yang saling bertumbukan seperti antara lempeng Eurasia dengan India adalah terbentuknya ….

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia