Roboguru

Pertanyaan

Bentuk mobilitas penduduk dan dampaknya adalah ....

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Mobilitas penduduk merupakan perpindahan penduduk dari suatu wilayah (geografis) ke wilayah lain dalam jangka waktu tertentu. Berdasarkan lamanya waktu menetap di tempat tujuan, mobilitas penduduk dibagi menjadi dua, yaitu mobilitas permanen atau migrasi, dan mobilitas non-permanen (komutasi dan sirkulasi).

  1. Mobilitas permanen atau migrasi merupakan perpindahan penduduk dari satu tempat ke temat lainnya dengan tujuan menetap. Dampak yang dapat ditimbulkan dari jenis mobilitas ini adalah meningkatnya kesejahteraan hidup (dampak positif) atau menjadi beban bagi tempat tujuan migrasi (dampak negatif).
  2. Komutasi adalah perpindahan penduduk yang sifatnya sementara pada hari yang sama, memiliki dampak menyebabkan padatnya lalu lintas.
  3. Sirkulasi yaitu mobilitas penduduk sementara ada juga yang melakukanya dengan menginap di tempat tujuan selama satu atau beberapa hari. Memiliki dampak menambah pengalaman hidup & pengetahuan.undefined

72

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Fenomena yang selalu terjadi di indonesia setiap tahun adalah peningkatan mobilitas penduduk dari desa ke kota, dampak fenomena tersebut adalah ....

52

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia