Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bentuk-bentuk pengaruh Islam di Indonesia antara lain ....

Bentuk-bentuk pengaruh Islam di Indonesia antara lain .... space space

Iklan

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

bentuk-bentuk pengaruh Islam di Indonesia terlihat dalam arsitektur bangunan, seni ukir, aksara dan sastra, kesenian, dan sistem kalender.

bentuk-bentuk pengaruh Islam di Indonesia terlihat dalam arsitektur bangunan, seni ukir, aksara dan sastra, kesenian, dan sistem kalender. 

Iklan

Pembahasan

Ajaran dan kebudayaan Islam di Indonesia masuk melalui berbagai saluran, seperti perdagangan, perkawinan, pendidikan, tasawuf, hingga kesenian. Ajaran dan kebudayaan Islam inidisebarkan melalui cara damai atau tanpa melalui kekerasan serta pemaksaan. Hal tersebut mengakibatkan ajaran Islam dapat diterima oleh masyarakat luas. Dalam perkembangannya, terjadi akulturasi atau percampuran budaya antara tradisi Islam dengan tradisi Hindu-Buddha serta tradisi asli Nusantara. Hal tersebut membawa pengaruh di berbagai bidang, yaitu sebagai berikut. Bidang Arsitektur bangunan. Pengaruh budaya Islam yang berakulturasi dengan kebudayaan Hindu-Buddha dan kebudayaan nusantara terlihat dariatap bangunan masjid yang berbentuk tumpang. i Bidang seni ukir. Pengaruh Islam terlihat dari ragam hias seni ukir yang menggunakan motif daun-daunan dan bunga serta ditambah seni hias dengan huruf Arab (kaligrafi). Bidang aksara dan sastra. Penggunaan huruf Arab mulai banyak digunakan oleh masyarakat (dalam hal ini pemuka agama) serta berkembangnya karya sastra Islam, seperti Hikayat dan Suluk. Bidang kesenian. Wayang digunakan sebagai media penyebaran ajaran Islam dengan disesuaikan dengan cerita-cerita Islam serta dikembangkannya pertunjukan wayang golek. Sistem kalender. Pada masa Sultan Agung, dibuat sistem kalender Jawa dengan menggabungkan sistem kalender Islam dengan pra Islam. Dengan demikian, bentuk-bentuk pengaruh Islam di Indonesia terlihat dalam arsitektur bangunan, seni ukir, aksara dan sastra, kesenian, dan sistem kalender.

Ajaran dan kebudayaan Islam di Indonesia masuk melalui berbagai saluran, seperti perdagangan, perkawinan, pendidikan, tasawuf, hingga kesenian. Ajaran dan kebudayaan Islam ini disebarkan melalui cara damai atau tanpa melalui kekerasan serta pemaksaan. Hal tersebut mengakibatkan ajaran Islam dapat diterima oleh masyarakat luas. Dalam perkembangannya, terjadi akulturasi atau percampuran budaya antara tradisi Islam dengan tradisi Hindu-Buddha serta tradisi asli Nusantara. Hal tersebut membawa pengaruh di berbagai bidang, yaitu sebagai berikut.

  • Bidang Arsitektur bangunan. Pengaruh budaya Islam yang berakulturasi dengan kebudayaan Hindu-Buddha dan kebudayaan nusantara terlihat dari atap bangunan masjid yang berbentuk tumpang. i
  • Bidang seni ukir. Pengaruh Islam terlihat dari ragam hias seni ukir yang menggunakan motif daun-daunan dan bunga serta ditambah seni hias dengan huruf Arab (kaligrafi).
  • Bidang aksara dan sastra. Penggunaan huruf Arab mulai banyak digunakan oleh masyarakat (dalam hal ini pemuka agama) serta berkembangnya karya sastra Islam, seperti Hikayat dan Suluk.
  • Bidang kesenian. Wayang digunakan sebagai media penyebaran ajaran Islam dengan disesuaikan dengan cerita-cerita Islam serta dikembangkannya pertunjukan wayang golek.
  • Sistem kalender. Pada masa Sultan Agung, dibuat sistem kalender Jawa dengan menggabungkan sistem kalender Islam dengan pra Islam.

Dengan demikian, bentuk-bentuk pengaruh Islam di Indonesia terlihat dalam arsitektur bangunan, seni ukir, aksara dan sastra, kesenian, dan sistem kalender. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

40

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Buatlah penjelasan dan Rumuskan nilai-nilai karakter yang dapat diperoleh setelah belajar perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia! Nilai apa saja yang sekiranya dapat kamu amalkan

237

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia