Roboguru

Bentuk- bentuk hewan invertebrata dapat dibedakan menjadi bentuk simetri radial dan simetri bilateral. Jelaskan oleh anda perbedaan kedua bentuk tersebut dan diberikan contohnya!

Pertanyaan

Bentuk- bentuk hewan invertebrata dapat dibedakan menjadi bentuk simetri radial dan simetri bilateral. Jelaskan oleh anda perbedaan kedua bentuk tersebut dan diberikan contohnya!undefined 

Pembahasan Soal:

Berdasarkan simetri tubuhnya, hewan dapat dibedakan menjadi hewan yang memiliki simetri tubuh bilateral dan hewan yang memiliki simetri tubuh radial.

  • Simetri Bilateral
    Merupakan hewan yang memiliki susunan tubuh sama antar bagian yang bersebelahan. Sebagai contoh, jika seekor hewan dipotong lurus dari depan kebelakang, maka kedua sisi yang dipotong itu akan sama atau seimbang. Hewan jenis ini memiliki ciri antara lain : mempunyai sisi puncak (oral) dan sisi dasar (aboral), mempunyai sisi atas (dorsal) dan sisi bawah (vertal), mempunyai sisi kepala (anterior) dan sisi ekor (posterior), mempunyai sisi samping (lateral). Hewan yang memiliki simetri bilateral umumnya jika bagian tubuh ada yang rusak, dapat mengandalkan bagian yang sama pada sisi lainnya, memberikan keseimbangan yang membantu gerakan, untuk pertahanan seperti tulang punggung, kerang, dan tanduk melindungi organ internal halus.
    Contoh hewan yang memiliki simetri bilateral dari kelompok Platyhelminthes, Nematelminthes, Anelida, Arthropoda, Mollusca, Chordata (pisces, amphibi, reptil, aves, mamalia)
  • Simetri radial
    Hewan simetri radial merupakan hewan yang mempunyai lapisan tubuh melingkar (bulat).
    Hewan jenis ini hanya mempunyai dua bagian tubuh, yaitu bagian puncak atau oral dan bagian dasar atau aboral. Ciri-ciri hewan simetri radial antara lain : mempunyai sumbu simetris, semua hewan simetri radial hidup di air, hidupnya menetap, mengambang dan berenang mengikuti arus meskipun lemah, sebagian besar masa hidupnya dihabiskan dengan mengambang atau menempel pada batu. Contoh hewan yang memiliki simetri radial dari kelompok Porifera, Coelentrata dan Echinodermata.

     

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved