Roboguru

Benda angkasa yang memiliki sumber  cahaya sendiri adalah ....

Pertanyaan

Benda angkasa yang memiliki sumber  cahaya sendiri adalah .... space 

  1. Bintang

  2. Satelit

  3. Bulan

  4. Planet 

  5. Nebula

Pembahasan Soal:

Benda angkasa yang memiliki sumber  cahaya sendiri disebut dengan Bintang. Contoh dari bintang adalah Matahari, Bintang dll.

Jadi, jawaban yang benar adalah A

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Frabatu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Klasifikasi bintang diadaptasi dari model Morgan-Keenan. Contoh klasifikasi bintang, yaitu ... Kelas O. Kelas B. Kelas A. Kelas F.

Pembahasan Soal:

Model Morgan-Keenan mengklasifikasikan bintang berdasarkan lumiositasnya (kekuatan cahaya), sehingga biasanya ditentukan oleh ukuran bintangnya. Kelas klasifikasi bintang menurut model Morgan-Keenan terdiri dari 0 (maha maha raksasa), I (maharaksasa), II (raksasa terang), III (raksasa), IV (sub-raksasa), V (katai), VI (sub-katai), dan VII (katai putih). Dengan demikian, seluruh pernyataan pada soal salah.

Tidak ada pilihan jawaban yang benar pada soal ini. 

0

Roboguru

Benda langit yang memancarkan cahaya dan panasnya sendiri disebut ....

Pembahasan Soal:

Bintang adalah benda angkasa berbentuk bulat yang mempunyai cahaya dan panas sendiri. Salah satu bintang yang paling kita kenal adalah bintang Matahari (The Sun Star), nama-nama bintang lainnya yaitu Polaris, Antares, Aldebaran, Sirius, Spica, Betelguese, Hidra, Pegasus, Phoenix, Carina, dan lain-lain.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Mengapa bintang mampu memancarkan cahayanya sendiri?

Pembahasan Soal:

Bintang merupakan benda langit yang mampu memancarkan cahaya. Cahaya bintang merupakan hasil dari reaksi fusi nuklir (mengubah hidrogen menjadi helium). Proses fusi ini menciptakan sejumlah besar radiasi, cahaya, dan energi di inti bintang, yang kemudian membuat benda langit tersebut bersinar.undefined

0

Roboguru

Apa perbedaan antara galaksi, planet, dan bintang?

Pembahasan Soal:

Galaksi, planet, dan bintang merupakan materi yang terdapat di jagat raya. Galaksi adalah kumpulan dari bintang, planet, gas, nebula, dan benda langit lainnya. Planet merupakan benda langit yang mengorbit kepada suatu bintang. Bintang adalah benda langit yang berupa bola gas bercahaya. Selain ditinjau dari definisinya, terdapat beberapa perbedaan antara galaksi, planet, dan bintang yang ditinjau dari karakteristiknya. Perbedaan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Galaksi dan bintang mempunyai cahaya sendiri, sedangkan planet tidak. Cahaya pada planet berasal dari pantulan cahaya bintang.
  • Galaksi memiliki massa yang terbesar, bahkan bintang dan planet terkumpul dalamnya. Massa bintang lebih besar dibandingkan planet.
  • Gaya gravitasi bintang lebih besar daripada gaya gravitasi planet, hal tersebut mengakibatkan bintang dapat menarik planet-planet untuk mengorbit di sekitarnya.
  • Karena mampu menghasilkan energi sendiri, galaksi dan bintang memiliki suhu yang lebih tinggi daripada planet.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara galaksi, planet, dan bintang terletak pada sumber cahaya, massa, gaya gravitasi, dan suhunya.space 

0

Roboguru

Pembangkitan energi bintang dapat dilakukan karena peran reaksi fusi nuklir yang ada di bintang tersebut. Pada matahari, pembangkitan energi tersebut sebagian besar dipengaruhi oleh dua unsur atom. Du...

Pembahasan Soal:

Dalam ilmu astronomi, definisi bintang adalah semua benda masif (bermassa antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir. Reaksi fusi nuklir adalah reaksi peleburan dua atau lebih inti atom menjadi atom baru dan menghasilkan energi. Pada matahari reaksi fusi nuklir ini sebagian besar dipengaruhi oleh atom hidrogen dan helium.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved