Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bencana banjir yang melanda beberapa kota tidak hanya disebabkan oleh tingginya curah hujan. Faktor kerusakan hutan di kawasan tangkapan air wilayah hulu sungai diidentifikasi sebagai penyebab utama sering terjadinya bencana banjir. Dampaknya juga berupa pendangkalan sungai. Kerusakan hutan disebabkan oleh beberapa kegiatan manusia, antara lain pembalakan liar dan penambangan liar. Kerusakan hutan juga banyak terjadi akibat kebakaran hutan, alih fungsi hutan menjadi kebun kelapa sawit, pertambangan batu bara, dan penambangan emas liar. Cara mengatasi permasalahan tersebut adalah ...

Bencana banjir yang melanda beberapa kota tidak hanya disebabkan oleh tingginya curah hujan. Faktor kerusakan hutan di kawasan tangkapan air wilayah hulu sungai diidentifikasi sebagai penyebab utama sering terjadinya bencana banjir. Dampaknya juga berupa pendangkalan sungai. Kerusakan hutan disebabkan oleh beberapa kegiatan manusia, antara lain pembalakan liar dan penambangan liar. Kerusakan hutan juga banyak terjadi akibat kebakaran hutan, alih fungsi hutan menjadi kebun kelapa sawit, pertambangan batu bara, dan penambangan emas liar.

Cara mengatasi permasalahan tersebut adalah ...

  1. membangun tanggul-tanggul di sepanjang aliran sungai

  2. merevisi undang-undang tentang pencemaran

  3. melarang usaha penambangan atau eksploitasi sumber daya alam

  4. mengharuskan pabrik atau proyek melakukan analisa dampak lingkungan

  5. memperketat pendidikan terhadap masyarakat dengan berbagai sistem

Iklan

R. Fitriani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Nusantara PGRI Kediri

Jawaban terverifikasi

Jawaban

cara mengatasi permasalahan kerusakan hutan dapat diatasi dengan mengharuskan pabrik atau proyek melakukan analisis dampak lingkungan.

cara mengatasi permasalahan kerusakan hutan dapat diatasi dengan mengharuskan pabrik atau proyek melakukan analisis dampak lingkungan.

Iklan

Pembahasan

Analisis dampak lingkunganadalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan padalingkungan hidupyang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan diIndonesia. AMDAL ini dibuat saat perencanaan suatu proyek yang diperkirakan akan memberikan pengaruh terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Dengan demikian, cara mengatasi permasalahan kerusakan hutan dapat diatasi dengan mengharuskan pabrik atau proyek melakukan analisis dampak lingkungan.

Analisis dampak lingkungan adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan di Indonesia. AMDAL ini dibuat saat perencanaan suatu proyek yang diperkirakan akan memberikan pengaruh terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Dengan demikian, cara mengatasi permasalahan kerusakan hutan dapat diatasi dengan mengharuskan pabrik atau proyek melakukan analisis dampak lingkungan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

663

Billy Zenobia

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Achmad Faisal

Jawaban tidak sesuai

Yori Rodhann

Jawaban tidak sesuai

christian firstiandy

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Di Sumatra dan NTT pernah terjadi serangan belalang kembar (Locusta migratoria L.) di lahan pertanian milik warga. Akibatnya, tidak sedikit tanaman budi daya yang menjadi ladang pesta belalang kembar ...

9

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia